Ahli SEO
April 4, 2022 SEO Indonesia

Mengenal Tugas Dari Ahli Seo Website

Mengapa setiap pemilik usaha membutuhkan ahli SEO?  Memang, pemilik usaha merasa bahwa mereka sudah memiliki merek, tim yang solid, produk atau jasa yang bagus serta siap dana untuk membuat situs.  Saat pemilik usaha memikirkan bagaimana cara mempromosikan perusahaan secara digital, maka mereka perlu lebih dari strategi pemasaran online yang jitu.  Hal ini memang rumit dan memakan waktu, jika tidak dilakukan secara profesional. 

Apa Saja 12 Tugas Ahli SEO Website Bagi Klien Pemilik Bisnis dari Berbagai Niche?

Strategi SEO atau Search Engine Optimization tidak semudah membalikkan telapak tangan. Pasalnya, SEO adalah kunci pemasaran digital paling sukses. Jika sebuah tim dalam perusahaan tidak memiliki pengetahuan SEO, waktu yang memadai, serta sumber daya mumpuni untuk mempelajari dan menerapkan strategi SEO, maka pemilik usaha wajib mempertimbangkan jasa perusahaan SEO untuk dengan serius.  

Bisa saja seorang pelaku usaha sudah mengetahui proses optimasi. Mungkin mereka sudah paham bagaimana mempromosikan produk atau jasa melalui media sosial. Tetapi, hal ini tentu tidak akan maksimal. Pemilik usaha pastinya sudah tahu cara berpromosi dengan mudah dan murah ini. Tetapi, bukankah waktu mereka yang berharga tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis?  Lebih baik, mereka menyerahkan optimasi SEO kepada ahlinya. Dengan demikian, mereka tidak kehilangan waktu berharga.

Apa saja manfaat dalam menyewa jasa profesional yang bergerak dalam optimasi mesin pencari? 

  1. Konten yang Teroptimasi SEO
    Ini bukan sembarang konten. Pemilik usaha wajib mempromosikan konten yang dioptimalkan untuk kata kunci yang relevan. Dengan demikian, merek pemilik usaha dapat terdeteksi oleh mesin pencari.  Dengan cara ini, sebuah merek akan muncul ke banyak sekali pengguna yang mencari produk dan layanan tertentu terkait dengan pencarian.
    Setelah pemilik usaha menghasilkan konten yang cukup konsisten serta dapat menarik web traffic yang stabil, sebuah merek akan identik dengan produk dan layanan yang Anda promosikan.  Seperti kita ketahui bahwa terkadang orang menyebut sepeda motor dengan satu merek yang sudah sangat terkenal di dunia. Padahal, banyak sekali merek sepeda motor.
  2. Desain dengan Optimasi SEO
    Setelah merek ditentukan, pemilik usaha dapat menyapa pengunjung online melalui situs web yang terorganisir serta dirancang dengan baik.  Pengembangan situs web yang ramah SEO berarti situs tersebut memiliki kecepatan, visual, navigasi, dan daya tanggap seluler optimal. Dengan demikian, hal ini dapat membantu peningkatan reputasi serta keunggulan sebuah brand di mesin telusur. Tidak hanya itu, audiens akan selalu mengingatnya.
  3. User Experience atau UX
    Cara kerja UX terkait dengan desain situs, dimana pemilik website perlu memikirkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.  Pengguna perlu tahu seberapa mudah menavigasi situs yang ingin mereka eksplorasi? 
    Mereka juga ingin tahu apakah User Interface (antarmuka pengguna) tidak mengecewakan, atau apakah situs tersebut membuat mereka betah berlama-lama di web tersebut. User Experience menuntut tes, kepada beberapa pengguna. Alangkah baiknya ahli SEO melakukan tes kepada mereka yang tidak terkait apa tentang produk dan layanan produk atau jasa tersebut demi menentukan pendapat objektif mereka.
  4. Strategi Pemasaran
    Jangan mengira bahwa  SEO tidak terkait dengan strategi pemasaran. Pemilik usaha dapat mengembangkan audiens dengan strategi penelusuran. Terlepas dari pencarian melalui merek, kemungkinan besar sebuah situs atau produk muncul di mesin pencari melalui kueri non-merek lainnya.  Kampanye SEO yang hebat mencakup berbagai topic. Hal ini dapat membantu pemilik situs untuk menargetkan prospek pada kanal penjualan tepat. Hal ini memerlukan penyertaan kata kunci yang sesuai dengan apa yang diinginkan pengguna.
  5. Riset Kata Kunci
    Salah satu teknik SEO teratas yang digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan audiens adalah riset kata kunci. Menemukan kata kunci long tail serta mengintegrasikannya ke dalam konten, dapat membantu pemilik usaha untuk meningkatkan prospek serta konversi. Konten berkualitas juga punya peluang untuk didistribusikan lebih banyak. Disinilah peran akuisisi audiens baru melalui SEO serta media sosial.
  6. Kampanye SEO (SEO Campaign)
    Kampanye SEO dapat meningkatkan prospek dan konversi di situs web.  Dengan kampanye yang jitu melalui konten berkualitas dan kata kunci yang relevan, strategi SEO Anda dapat menarik lebih banyak web traffic organik ke situs web. Tidak hanya itu, audiens juga sangat bertarget.  Timbal baliknya makan aka nada aliran prospek yang lebih baik ke sebuah situs yang dapat menghasilkan lebih banyak penjualan dan pendapatan.
    Memang proses teknik pembuatan prospek SEO memerlukan beberapa waktu sebelum dapat membuahkan hasil. proses ini dapat menghasilkan prospek penjualan stabil. Berbeda dengan prospek instan yang disediakan oleh strategi paid lead.
  7. Investigasi Kompetitor
    Investigasi kompetitor secara komprehensif harus dilakukan ahli SEO terpercaya. Mereka  dapat menjadi ‘penyelidik’ karena memiliki banyak piranti lunak yang memang digunakan untuk melakukan strategi digital mereka. Pemilik usaha harus tahu siapa saja kompetitor mereka, serta bagaimana mereka dapat unggul dalam visibilitas organic.
    Perlu diketahui pula bagaimana kompetitor dapat mentargetkan kata kunci tepat serta strategi backlink berkinerja terbaik yang mereka gunakan. Semua faktor ini dapat membantu sebuah situs untuk unggul dibandingkan kompetitor pada halaman pencarian.
  8. Analisa Backlink dan Kata Kunci
    Dua proses ini merupakan hal penting untuk dapat melakukan analisis pesaing. Dua hal ini dapat– memberikan data penting tentang kelemahan dan kekuatan kompetitor Anda. Kedua studi ini dapat membantu pemilik usaha dalam merencanakan langkah untuk mengungguli kompetitor. Selain itu, mereka juga dapat mengidentifikasi taktik mana yang memiliki kinerja terbaik dalam industri terkait. Dengan demikian, maka ahli SEO dapat memprioritaskan tugas mereka.
  9. Konsistensi
    Menjalankan bisnis online perlu investasi sumber daya dan waktu dengan strategi yang akan memberikan hasil, baik jangka panjang, maupun dalam jangka pendek.  Jika pemilik usaha tertarik dengan kampanye SEO, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah bahwa optimasi mesin pencari adalah proses yang membutuhkan perbaikan terus-menerus. Harus ada penyesuaian yang hanya dapat dilakukan dalam alokasi waktu yang terbatas. Dengan demikian, pemilik situs harus memastikan bahwa ahli SEO dapat konsisten untuk melakukan optimasi, apapun jenis bisnis klien mereka. 
  10. Layanan Lengkap
    Melalui layanan lengkap dari ahli SEO, maka pemilik usaha mendapat manfaat dari penggabungan beberapa upaya, termasuk email campaign, pay per click dan lead gen. Jadi klien harus memastikan dari awal bahwa jasa layanan SEO mereka memberikannya.  Jika tidak, maka klien dapat mencari jasa lain yang dapat memberikan layanan lengkap.
    Layangan lengkap ini juga termasuk audit dalam optimasi mesin pencari atau SEO Audit. Audit secara komprehensif dilakukan dengan melihat hal-hal yang terkait dengan halaman website, UX, serta off-page dan on-page yang mempengaruhi peringkat situs dalam hasil mesin pencari. Audit ini juga akan membandingkan situs klien dengan kompetitor mereka Anda. Perbandingan tersebut meliputi konten, tag, peringkat keyword terupdate, kecepatan situs serta fitur mobile-friendly, navigasi,  404 dan masalah koding, desain website, serta bagaimana  Google Analytics dan Google Search Console bekerja.
    Tentu, klien juga dapat mendampingi proses audit SEO. Jangan khawatir dianggap ‘kuno’ jika klien banyak bertanya. Justru, klien harus memastikan bahwa bisnis mereka berjalan lancar melalui optimasi SEO. 
  11. Referensi Terpercaya dan Testimoni Klien
    Hal ini sangat penting untuk dimiliki oleh penyedia jasa SEO. Jika memang mereka dapat memberikan jasa tepat, maka mereka pasti memiliki testimonial klien.  Portofolio sangat penting sebagai bahan pertimbangan, sehingga calon pengguna jasa dapat merasa aman jika mereka membayar ahli SEO yang tepat. Biasanya, ulasan pelanggan dapat ditemukan di situs-situs seperti Google My Business, Bing, dan semacamnya. Dengan demikian, testimoni adalah dari pelanggan, dan bukan testimony yang ada di situs. 
  12. Menguasai SEO Lokal dengan Berbagai Niche
    SEO lokal sangat penting untuk mereka yang menjalankan bisnis lokal. Klien harus dapat memastikan bahwa ahli SEO tersebut dapat menjangkau pasar potensial terdekat. Terlebih jika pemilik usaha menjual barang atau jasa yang menjadi kebutuhan masyarakat secara cepat. SEO lokal, terutama Google MyBusiness, merupakan perangkat jitu dalam untuk mengkomunikasikan update bisnis secara cepat kepada audiens. 
    Pemilik usaha juga perlu mencari tahu apakah ahli SEO tersebut memiliki keahlian dalam industri sesuai niche klien serta berbagai niche lainnya. Agensi yang sudah sering mengoptimasi situs dari berbagai niche tentu tidak akan mengalami kesulitan. 
    Pasalnya ada beberapa agensi yang hanya fokus pada optimasi SEO untuk e-commerce saja atau untuk perbankan saja. Agensi dengan berbagai macam pengetahuan dan keahlian dapat dengan cepat membuat strategi online karena telah bekerja dengan klien dari berbagai niche. Mereka harus menjamin bahwa situs klien mendapat peringkat kompetitif dengan menggabungkan taktik SEO dan pengalaman pengguna terbaik.

Mengenal Ahli SEO Secara Tepat 

Bertemu langsung atau berbincang melalui platform video seperti Zoom atau Skype dengan ahli SEO dapat membantu klien menentukan sikap. Sebelum menandatangani kesepakatan jangka panjang, kedua pihak dapat saling bertemu. Tentu hal ini dilakukan jika klien tidak yakin dengan testimoni yang ada. Pemilik jasa SEO pun harus mau membuka diri dan menerima klien dengan tangan terbuka. Diskusi terkait dengan pembuatan situs serta optimasi SEO nya sangatlah krusial. Yang terpenting adalah klien juga harus dapat lebih aktif dalam mendapatkan informasi tambahan. 

Pentingnya menyewa jasa SEO adalah adanya upaya maksimal akan digital marketing. Melalui marketing secara digital maka peringkat lebih tinggi dalam laman pencarian dapat lebih maksimal. Tetapi, klien tetap harus dapat berdiskusi dengan penyedia jasa, untuk beberapa detail seperti jenis target pasar serta kebutuhan spesifik dari bisnis tersebut.  

Ahli SEO dapat memberikan bantuan untuk kebutuhan spesifik klien. Para profesional dalam perusahaan SEO harus dapat menjamin bahwa mereka dapat mengembangkan strategi khusus sesuai niche pelanggan.  Mereka harus dapat menguraikan metode yang akan diaplikasikan dalam optimasi SEO secara detail.

Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah mencari tahu bahwa jasa penyedia SEO melakukan respon cepat. Respon ini adalah dari telepon ataupun email.  Klien perlu meyakinkan bahwa tanggapan email sesuai dengan yang ditanyakan dan bukan bot.  Ahli SEO yang terpercaya pasti menghargai waktu dan kebutuhan pelanggan dimana hal ini diwujudkan dalam menindaklanjuti serta membalas semua permintaan dalam kurun waktu tak lebih dari 24 jam. 

 

 

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published.

*

SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA UNTUK WORKSHOP SEO. KUOTA TERBATAS

DAFTAR SEKARANG
Open chat
1
Halo!
Ada yang bisa kami bantu?