Salah satu cara untuk meningkatkan reputasi online bisnis Anda adalah melalui backlink website. Namun, apakah cara tersebut masih relevan? Faktanya, saat ini algoritma Google sudah lebih cerdas dan tidak terkesan dengan link kosong belaka yang tidak kredibel.
Google pintar dalam memilih website dengan isi yang sesuai, berkualitas, dan tentunya relevan dengan tujuan dari website tersebut. Pentingnya backlink saat ini sudah mengalami perubahan dan Anda harus lebih selektif dalam memanfaatkannya. Jadi, mari bahas lebih lanjut berikut ini.
Table of Contents
Perbedaan Backlink yang Dulu Dibandingkan Sekarang
Bila berbicara mengenai backlink di masa lampau, maka yang terpenting adalah kuantitasnya. Website Anda akan cenderung berpeluang mendapat peringkat atas ketika memiliki backlink dalam jumlah banyak. Jadi, website dengan backlink terbanyak yang akan menempati rangking pertama.
Namun, seiring perkembangan dan kemajuan algoritma Google yang lebih kompleks, maka kuantitas backlink saat ini tidak lagi menjadi yang utama. Sebab Google akhirnya menyadari bahwa relevansi backlink yang diukur berdasarkan banyaknya backlink dapat dimanipulasi dengan mudah.
Maka dari itu, hal yang dilihat Google pada backlink saat ini adalah kualitas website yang ditautkan dengan website Anda. Selain itu, tentu saja relevansi konten website tersebut dan pada konteks konten apa backlink ditautkan.
Hal tersebut tidak lain dipengaruhi oleh pengalaman pengguna yang ikut terpengaruh berdasarkan kredibilitas tautan pada website Anda. Google sangat suka dengan relevansi dan kredibilitas, sehingga faktor tersebut jadi pertimbangan yang mencolok saat ini.
Apa Benar Pengaruh Backlink Sudah Tidak Signifikan?
Apabila Anda bertanya mengenai efek backlink masih signifikan atau tidak, jawabannya tergantung pada apakah Anda memenuhi faktor yang Google pertimbangkan seperti telah disebutkan di atas.
Backlink dulunya adalah faktor utama yang menentukan peringkat sebuah website. Namun, saat ini sudah tidak seperti itu lagi. Sebab, yang menjadi faktor utama untuk peringkat website adalah akses website mudah, pengalaman pengguna, isi konten website yang relevan, hingga kecepatan website ketika dikunjungi.
Lalu, bagaimana dengan backlink? Meski bukan lagi fokus utama, namun Anda masih bisa memanfaatkan backlink. Namun, utamakan backlink dengan website yang relevan dan sejenis, serta telah memiliki reputasi online yang baik. Tidak masalah meski hanya satu backlink, sebab jumlah backlink saat ini bukan menjadi pertimbangan lagi.
Bagaimanakah Posisi Backlink ke Depannya?
Di masa depan, backlink tidak lagi tentang menumpuk link sebanyak-banyaknya dari website mana saja. Algoritma Google yang cerdas saat ini menginginkan relevansi dan pengalaman pengguna yang berkualitas.
Google akan tahu dan mendeteksi jika website Anda tidak menautkan tautan original yang kredibel dan hanya menumpuk tautan untuk kepentingan SEO saja.
Utamakan backlink dengan website yang kredibel dan reputasi online-nya baik saja mulai dari sekarang. Lalu, backlink dengan industri bisnis yang sejenis juga disukai oleh Google. Jadi, website Anda kualitasnya bisa ikut naik juga.
Apa yang Perlu Anda Lakukan untuk Memaksimalkan Backlink?
Bagi Anda yang ingin memanfaatkan dan memaksimalkan backlink sesuai dengan algoritma Google saat ini, sebaiknya lakukan hal-hal berikut ini.
Integrasi dengan Media Sosial
Media sosial adalah opsi pertama yang bisa Anda jadikan backlink ke website bisnis. Mengingat penggunaan media sosial yang saat ini mendekati kebutuhan sehari-hari, Anda bisa mendapatkan peluang yang tinggi dari hal tersebut.
Buat konten berkualitas yang berpotensi mendapat like, comment, serta share yang banyak. Namun, ingat bahwa Anda harus melibatkan pengikut media sosialnya untuk meningkatkan engagement akun. Balas berbagai komentar yang ada agar aktif dan berpotensi menjadi backlink.
Media sosial seperti X, Instagram, TikTok, hingga Facebook, dapat Anda manfaatkan untuk mencari akun yang niche-nya sejenis dengan bisnis Anda. Berperilakulah sebagai pengguna dan berinteraksi dengan membagikan link website Anda yang membahas topik relevan.
Optimisasi Local SEO
Jika ingin mendapat backlink dari local SEO, maka optimasi pencarian lokal. Pastikan bahwa Anda tergabung dalam Google My Business, sebab platform tersebut akan memudahkan pencarian lokal terkait bisnis Anda meningkat.
Backlink seperti komunitas blogger lokal, media berita lokal, hingga bisnis lokal lainnya berpotensi menjadi backlink Anda. Selain itu, berpartisipasi dan berkolaborasi dengan acara event komunitas lokal pun bisa meningkatkan optimasi local SEO Anda.
Baca Juga: SEO: Beyond Technicalities
Content Marketing
Konten saat ini menjadi media untuk berbagai tujuan, mulai dari berbagi informasi tentang makanan hingga rekomendasi produk berkualitas. Anda bisa memanfaatkan konten yang berkualitas untuk menarik backlink.
Caranya dengan menyediakan konten yang menghibur namun tetap relevan dan menjawab permasalahan dengan bisnis Anda sebagai solusinya. Sebab, backlink akan datang dengan sendirinya bila konten Anda berkualitas.
Tidak perlu ratusan konten sekaligus, namun unggah satu per satu dengan mengutamakan kualitas isi kontennya. Anda bisa membuat konten dalam bentuk podcast maupun video interaktif yang layak untuk dibagikan.
Guest Posting
Cara mendapatkan backlink yang satu ini masih kredibel hingga saat ini. Namun, tentu saja relevansi dan kualitas guest post yang Anda lakukan harus menjadi perhatian.
Carilah website dari bisnis dengan industri sejenis yang layak untuk dijadikan tempat guest post. Selain memberikan Anda backlink, website yang layak akan turut meningkatkan kredibilitas bisnis Anda di industri sejenis.
Satu hal yang harus menjadi perhatian adalah untuk menghindari spam, sebab terlalu banyak guest posting juga mempengaruhi peringkat website Anda. Terlebih jika kualitas guest posting kurang layak. Jadi, pastikan guest posting Anda layak dan berkualitas.
Monitor Performa Backlink secara Berkala
Langkah akhir untuk memaksimalkan backlink adalah dengan monitoring performa backlink secara berkala. Analisis apakah backlink berhasil meningkatkan peringkat website Anda atau malah merusaknya?
Anda bisa mengetahuinya dari tools SEO seperti umumnya Ahrefs hingga Semrush, yang akan memudahkan Anda mengidentifikasi backlink berkualitas maupun tidak berkualitas.
Final Words
Semoga setelah membaca mengenai perubahan backlink dan bagaimana optimasinya di masa kini, Anda bisa memanfaatkan fasilitas yang tersedia untuk perkembangan peringkat website Anda. Pastikan bahwa backlink yang Anda tautkan relevan, sebab Google sangat menyukai itu.
Kemudian, perhatikan kualitas backlink dengan hanya menautkan dari website bisnis dengan reputasi online yang baik di industri sejenis. Cara tersebut akan membantu Anda untuk menaikkan reputasi online bisnis Anda juga.
Tidak perlu terlalu mementingkan jumlah backlink, sebab saat ini satu pun tidak masalah apabila kualitasnya baik. Lalu, Anda pun tidak bisa mengharapkan hasil instan dan harus memantau perkembangan backlink secara berkala.
Sehingga, harapannya di masa depan usaha tersebut membuahkan hasil dan berpartisipasi pada kemajuan serta perkembangan website Anda. Jangan lupa libatkan SEO juga untuk progres yang lebih optimal. Gunakan Jasa SEO yang tepat dan mengikuti perkembangan algoritma SEO terkini, sehingga bisnis Anda lebih berkembnag melalui SEO!
Referensi:
https://www.seerinteractive.com/insights/is-link-building-still-relevant
https://www.searchenginejournal.com/google-link-signal-impact/472922/#close
https://www.hostinger.co.id/tutorial/backlink-adalah#:~:text=eksternal%20yang%20dirujuknya.-,Manfaat%20Backlink%20untuk%20Ranking%20Website%20di%20Google,mengelola%20website%20untuk%20mendapatkan%20penghasilan.