For You Page (FYP) menjadi target yang ingin dicapai oleh para kreator Tiktok. Terutama bila Anda menggunakan Tiktok sebagai channel pemasaran, maka mengoptimasi konten agar FYP sangatlah penting. Itulah mengapa, SEO Tiktok perlu Anda terapkan.
Mengoptimasi SEO pada Tiktok akan membuat konten masuk FYP, yang bisa Anda anggap serupa dengan halaman pertama mesin pencari. Masalahnya, tidak semudah itu konten bisa masuk FYP Tiktok. Jadi, simak bagaimana cara mencapainya melalui pembahasan berikut!
Table of Contents
Apa Itu SEO TikTok?
Tiktok SEO merupakan metode pengoptimalan konten sehingga mudah ditemukan ketika pengguna mencari kata atau frasa di fitur penelusuran aplikasi. SEO, atau Search Engine Optimization, pada Tiktok mirip dengan SEO mesin pencari yang melibatkan kata kunci.
Bedanya, optimasi SEO dilakukan untuk konten video dan bukan konten website. Kata kunci (keyword) tersebut pun perlu relevan dan banyak dicari oleh pengguna Tiktok. Tujuannya tentu agar konten mencapai FYP target audiens yang tepat serta berada pada peringkat atas hasil pencarian Tiktok.
FYP sendiri merupakan beranda atau halaman utama aplikasi Tiktok. Setiap Anda scroll atau menggeserkan layar ke atas, maka video baru akan muncul. FYP Anda tergantung pada algoritma Tiktok.
Aplikasi berbasis video ini merancang algoritmanya agar memberikan pengguna konten yang mereka sukai. Oleh sebab itu, video baru yang pengguna lihat di FYP mereka ditampilkan berdasarkan perilakunya berinteraksi dengan konten (contohnya: memberi like dan komentar).
Jadi, FYP serta halaman hasil pencarian merupakan dua cara utama menemukan konten baru bagi pengguna Tiktok. Muncul di kedua tempat tersebut memiliki arti yang signifikan bagi para kreator.
Apakah SEO TikTok Itu Penting?
Pentingnya SEO pada Tiktok dipengaruhi oleh fakta bahwa fitur Tiktok kini semakin mirip dengan mesin pencari. Anda dapat melakukan optimasi pada Tiktok layaknya yang Anda lakukan untuk mesin pencari.
Terdapat fitur saran kata kunci ketika Anda menggunakan fitur pencarian di Tiktok. Tidak hanya itu, Anda pun dapat mengakses kata kunci yang banyak dibicarakan di kolom komentar.
Kecanggihan fitur tersebut secara tidak langsung pada akhirnya memberikan kesan kompetitif terhadap mesin pencari. Ini mengingat Tiktok memperkenalkan diri sebagai media hiburan (entertainment) dan bukan media penelusuran atau pencarian.
Peluang dan potensi yang diberikan Tiktok juga sama besarnya dengan mesin pencari. Anda bisa terhubung dengan target audiens secara efektif. Tidak heran bila kini semakin banyak bisnis yang menjadikan Tiktok alternatif media promosi dan pemasaran.
Tiktok SEO jadi metode yang tepat untuk mengoptimalkan promosi dan pemasaran ke target audiens. Pengguna Tiktok pun terhitung semakin meningkat. 40% Gen-Z memilih menggunakan Tiktok dibandingkan Google.
Ini menjadi tanda bahwa Tiktok SEO perlu Anda utamakan untuk menambah jangkauan audiens. Terlebih bila target audiens Anda adalah Gen-Z yang aktif di media sosial. Jadi, jangan tutup mata dengan kesempatan dan potensi untung besar bagi bisnis melalui Tiktok.
Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan SEO TikTok?
Pengoptimalan SEO pada Tiktok agar sukses dan menjangkau FYP audiens yang tepat dipengaruhi oleh berbagai faktor di bawah ini:
Kelengkapan Informasi Video
Informasi yang perlu Anda cantumkan pada video, seperti hashtag, teks, hingga backsound, akan mempengaruhi peringkatnya. Selain itu, Anda perlu mencantumkan kata kunci relevan pada deskripsi dan judul video.
Penggunaan kata kunci relevan pada judul dan deskripsi (caption) video akan membantu konten Anda memiliki tingkat visibilitas yang tinggi. Sebab, pengguna Tiktok bisa mendapatkan konten yang diinginkan dengan kata kunci yang tepat selayaknya pada mesin pencari.
Membahas konten dengan topik yang sedang naik daun pun sangat direkomendasikan untuk Anda lakukan.
Interaksi dengan Pengguna
Faktor yang berpengaruh dalam SEO Tiktok berikutnya adalah bentuk interaksi dengan pengguna. Kreasikan konten yang sifatnya unik dan tidak monoton, sehingga mengundang interaksi dari pengguna.
Anda bisa membuat video yang interaktif, misalnya menanyakan tentang pendapat para pengikut (followers) mengenai sesuatu. Ini akan memancing komentar dari pengguna yang mengikuti akun Anda.
Bila konten Anda berkualitas dan memenuhi standar, maka konten tersebut bisa lebih mudah masuk FYP pengguna Tiktok yang berkaitan.
Interaksi pun akan lebih tinggi bila Anda memasukkan tagar (hashtag) #fyp. Visibilitas dan jumlah view konten berpotensi meningkat dengan tanda pagar tersebut.
Lokasi Kreator Konten
Tiktok cenderung menerapkan algoritma FYP sesuai asal negara penggunanya. Bila Anda ke luar negeri, maka jangan heran bila FYP Tiktok Anda berisi konten dari kreator lokal negara yang sedang Anda kunjungi.
Lakukan pengoptimalan SEO lokal pada akun Anda. ini seperti mengatur lokasi, preferensi bahasa, hingga tipe perangkat. Jadi, Tiktok mengenali asal negara Anda dan menyesuaikan konten yang ditampilkan pada FYP.
Baca Juga: SEO VS Social Media Siapa Pemenangnya?
5 Tips untuk Meningkatkan Visibility dengan Menggunakan SEO TikTok
Visibilitas (visibility) konten di aplikasi Tiktok bisa Anda tingkatkan demi menjangkau audiens yang tepat melalui berbagai tips berikut ini:
Mengikuti Tren yang Ada
Tren pada Tiktok melibatkan kombinasi dari elemen populer seperti filter, audio, hingga gaya edit dan merekam video. Melalui tren yang ada, pengguna dapat berkreasi sesuai identitas branding mereka dengan memanfaatkan elemen populer tersebut.
Ini akan menghasilkan konten yang familiar dengan tetap memiliki keunikan tersendiri. Jadi, Anda bisa berada di peringkat atas dengan konten yang relevan dan inovatif. Visibilitas profil pun berpotensi meningkat.
Namun sebagai sebuah bisnis Anda perlu memahami secara komprehensif target pasarnya. Ini akan memudahkan menentukan tren yang relevan dengan audiens. Jangan sampai Anda mengikuti tren, tapi ternyata audiens tidak tertarik dengan tren tersebut.
Gunakan fitur Tiktok Audience Insight yang memberi informasi tentang audiens Anda. Informasi tersebut berupa demografi, hashtag yang pernah diklik, hingga kategori iklan dengan respon terbaik.
Menggunakan Hashtags dan Keyword yang Tepat
Tiktok SEO tidak berbeda dengan strategi SEO website ketika berbicara tentang faktor yang esensial, yakni riset kata kunci. Anda perlu menggunakan kata kunci relevan pada hashtags video. Selain itu, gunakan juga pada judul video, deskripsi video, hingga audio lisan.
Intinya, lakukan efisiensi penggunaan keyword dalam video agar Tiktok SEO teroptimasi. Audiens jadi bisa melihat bahwa konten Anda relevan dengan keyword yang sedang digunakan.
Buat Konten yang Menarik
Konten menarik yang dimaksud tidak selalu yang dibuat dengan kamera canggih dan microphone mahal. Anda bisa memanfaatkan gadget serta peralatan yang sudah ada. Hal terpenting adalah Anda memiliki ide dan konsep yang menarik.
Usahakan pengambilan gambar dan perekaman audio hasilnya jelas. Jadi, informasi atau maksud yang ingin Anda sampaikan melalui video tersebut tersalurkan dengan baik.
Buat video dalam durasi 30 detik untuk mendapat perhatian penuh pengguna. Edit video menggunakan fitur pengeditan yang telah tersedia di Tiktok. Ini akan membuat video Anda terasa familiar.
Anda juga bisa memasukkan meme dan suara yang sedang tren, lalu sesuaikan dengan branding bisnis Anda. Lakukan eksperimen hingga Anda menemukan formula konten yang cocok dan berhasil.
Kembangkan Konten yang Relevan dengan Audience
Terdapat berbagai niche di Tiktok yang bisa Anda masuki. Contohnya, kecantikan, pendidikan, hingga makanan. Khusus untuk bisnis, niche produk Anda bisa dikaitkan dengan niche lainnya sebagai variasi agar tidak monoton.
Intinya, konten perlu relevan dengan audiens. Konsep video perlu membahas masalah atau kebiasaan sehari-hari. Ini menjadikan konten Anda relevan dengan kelompok audiens tertentu.
Ketika audiens merasa relate atau terhubung, maka akan lebih besar peluang konten Anda mendapatkan like, komentar, hingga save. Visibilitas profil pun akan meningkat secara alami, yang turut meningkatkan visibilitas brand Anda juga.
Mencoba Kolaborasi atau KOL
Key Opinion Leader (KOL) atau yang lebih akrab disebut influencer bisa menjadi jalur cepat dalam meningkatkan visibilitas profil. Anda bisa melakukan duet atau stitch video KOL tertentu yang topik kontennya relevan dengan niche bisnis Anda.
Terdapat juga opsi kerja sama sehingga KOL bisa mempromosikan produk Anda di video Tiktok mereka. Selain itu, Anda bisa kolaborasi dengan tampil bersama brand lain. Jadi, strategi pemasarannya variatif dan unik.
Semoga pembahasan ini bisa menjadi referensi untuk Anda yang sedang mencari tips menerapkan SEO Tiktok. Untuk memaksimalkan Tiktok SEO, Anda bisa bekerja sama dengan Jasa SEO dari SEO Indonesia.
Pelayanannya terjamin berkualitas dengan 100 klien yang puas setelah dibimbing oleh spesialis SEO profesional. Jadi, andalkan SEO Indonesia untuk pengoptimalan Tiktok SEO bisnis Anda!
Referensi:
https://www.blog.slice.id/blog/seo-tiktok-cara-memaksimalkan-jumlah-fyp#:~:text=Kesimpulan-,Apa%20Itu%20SEO%20TikTok%3F,menggunakan%20fitur%20pencarian%20di%20platform.
https://cmlabs.co/id-id/seo-guidelines/seo-tiktok
https://socialmediamarketer.id/blog/apa-itu-seo-tiktok/
https://www.semrush.com/blog/tiktok-seo/
https://sproutsocial.com/insights/tiktok-seo/
https://www.tiktok.com/business/en-US/blog/audience-insights-maximize-results-scale