Semua pemilik bisnis pasti ingin website bisnisnya berada di halaman pertama Google, bukan? Selain menandakan bahwa visibilitas bisnis Anda teratas dan terbaik, peluang konversi oleh pelanggan jadi lebih tinggi.
Itulah mengapa, banyak bisnis yang mempercayakan optimasi bisnis mereka pada agensi SEO yang menjamin website berada di top rank Google atau peringkat teratas Google. Namun tahukah Anda bahwa mereka tidak bisa 100% menjamin hal tersebut? Mari bahas fakta dari ‘top rank Google’ berikut ini!
Table of Contents
Kenyataan tentang “Top Rank Google“
Panduan Google menyatakan bahwa tidak ada yang bisa menjamin peringkat satu di Google. Sebab, peringkat di Google bervariasi menyesuaikan faktor seperti algoritma yang berubah-ubah, kompetisi, hingga tujuan bisnis Anda.
Algoritma Google sangat kompleks dalam menentukan peringkat sebuah situs web di hasil pencarian. Variabel yang dipertimbangkan mulai dari konten, backlink, hingga kecepatan memuat halaman.
Walaupun agensi SEO menjamin optimasi website berdasarkan faktor tersebut, kompleksitas algoritma Google membuat optimasi tidak selalu akurat. Google juga terus menyempurnakan hasil pencarian serta konsisten memerangi taktik SEO black-hat yang banyak digunakan oleh jasa SEO.
Adapun SEO black-hat berarti memanipulasi sistem agar mendapatkan peringkat atas Google dengan mengeksploitasi celah algoritmanya. Jika menggunakan taktik ini, peringkat website mungkin meningkat cepat akan tetapi berisiko terkena penalti di kemudian hari.
Lalu, apa yang agensi SEO lakukan untuk “menjamin” website Anda menjadi peringkat teratas di Google? Berikut ini jawabannya.
AdWords Pay-Per-Click
Cara ini menggunakan AdWords, sebuah layanan iklan yang memungkinkan Anda memasang website di peringkat teratas dengan budget tertentu. Website dalam bentuk iklan tersebut kemudian harus dibayar setiap kali diklik oleh pengguna.
Metode ini juga disebut dengan SEM atau Search Engine Marketing, jadi bukan Search Engine Optimization (SEO). Sebab, Anda membayar untuk iklan dan bukan mengoptimasi website Anda untuk halaman pencarian.
Menggunakan AdWords juga akan membuat website Anda tidak berada di peringkat teratas lagi ketika Anda berhenti membayar. Lalu, website tidak akan berada di peringkat teratas secara organik karena Anda membayar untuk berada di peringkat atas.
Baca Juga: SEO vs SEM
Memberi Peringkat untuk Kata Kunci yang Tidak Populer
Cara ini termasuk mudah, sebab untuk membuat kata kunci yang tidak umum dicari menjadi peringkat teratas tidak membutuhkan kompetisi. Misalnya, untuk membuat kata kunci “mengapa Andi manusia paling tampan” tentu tidaklah sulit.
Sebab, tidak akan ada kata kunci sejenis yang berkompetisi dengan Anda untuk berada di hasil teratas Google.
Ini juga menjadi cara yang sering digunakan oleh agensi SEO. Oleh karena itu, Anda perlu memahami bahwa mendapatkan peringkat atas untuk kata kunci yang tidak mendatangkan kunjungan ke website tidak sepatutnya Anda rayakan.
Menjamin Peringkat untuk Nama Bisnis
Berikutnya, sebuah agensi SEO biasanya menjamin peringkat teratas untuk nama perusahaan atau bisnis. Hal ini sebenarnya sudah terjamin, sebab nama sebuah bisnis cenderung unik dan tidak umum.
Jadi, tidak heran jika Anda akan mendapati website bisnis berada di peringkat atas saat mengetikkan nama bisnis di pencarian. Kecuali, nama bisnis Anda serupa dengan banyak nama bisnis lainnya. Maka mendapat peringkat atas di Google bisa jadi suatu pencapaian.
Penggunaan Bots untuk Jangkauan
Taktik yang satu ini melibatkan penggunaan bots untuk meningkatkan jangkauan di website Anda. Untuk sementara, cara ini mungkin bisa digunakan dan bekerja dengan baik. Namun Google akan mendeteksi hal ini dan memberi penalti pada website Anda, yang pastinya tidak ingin Anda alami bukan?
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Fenomena Ini
Setelah mengetahui kenyataan mengenai peringkat teratas Google, mari bahas apa saja faktor yang bisa mempengaruhi keberadaan atau visibilitas website Anda di hasil pencarian Google.
Data dari Web History
Google mengumpulkan berbagai data masa lalu website Anda. Google ingat semua hal yang Anda lakukan, baik itu pencarian di masa lalu, tautan yang Anda kunjungi, hingga lamanya durasi Anda berhenti pada sebuah halaman website.
Data-data tersebutlah yang kemudian digunakan untuk menyesuaikan dan mengoptimalkan hasil pencarian Anda. Maka dari itu, jangan heran bila Anda hanya melihat tentang ‘panci anti lengket’ sehari setelah Anda mencari kata kunci tersebut sebelumnya.
Ini juga berlaku pada saat Anda mencari nama bisnis Anda di Google. Mesin pencari akan cenderung menampilkan website Anda di peringkat atas sebab menyesuaikan dengan data dari riwayat.
Jadi, data dari web history Anda juga akan berpengaruh pada peringkat di Google. Ini tentu tidak bisa menjamin website Anda berada di peringkat atas jika ditelusuri secara global.
Geo-targeting
Untuk menampilkan hasil paling relevan, Google akan menggunakan lokasi Anda untuk menjadi data pendukungnya. Sebagai contoh, Anda memiliki bisnis toko baju di Bandung. Maka, pengguna Google yang berlokasi di Bandung dan mencari ‘toko baju terdekat’ lebih besar kemungkinannya menampilkan website bisnis Anda.
Namun tidak akan sama halnya dengan pengguna Google di Semarang sebab lokasi toko Anda bukan di Semarang.
Geo-targeting menjadi kemudahan bagi pengguna, tapi tidak bagi Anda yang memiliki bisnis dan berusaha mendapatkan peringkat atas. Jadi, tidak peduli Anda menerapkan pengiriman ke seluruh Indonesia sebab faktor ini membuat Anda hanya terlihat bagi pengguna di lokasi yang sama saja.
Tujuan dari Kebijakan Ini
Fokus utama Google adalah memberikan hasil pencarian paling relevan untuk penggunanya. Itulah mengapa, faktor seperti lokasi, riwayat pencarian, hingga kualitas halaman website menjadi pertimbangan utama Google dalam menjamin relevansi hasil pencarian.
Sebab, jika pengguna puas akan hasil pencarian maka tingkat pemakaian Google pun meningkat. Google juga memiliki algoritma yang berubah-ubah karena selalu menyesuaikan dan mengembangkannya untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
Anda bisa membayangkan apa yang akan Anda rasakan bila Anda mencari ‘restoran seafood terenak’, lalu yang muncul adalah bengkel mobil terbaik? Pastinya Anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi bukan?
Google pasti tidak ingin hal tersebut terjadi pada penggunanya yang lain juga. Sehingga, untuk memastikan pengguna mendapatkan pengalaman yang mengesankan dengan Google maka memaksimalkan dan memastikan hasil pencarian benar-benar relevan adalah tugasnya.
Jadi, Google bukan menyesuaikan algoritmanya dengan website manapun. Tidak ada yang bisa menjamin peringkat atas Google sebab hal itu sangat kompleks. Maka dari itu, Anda juga sebaiknya tidak telan mentah-mentah janji dan jaminan untuk berada di peringkat atas Google.
Final Words
Semoga setelah memahami tentang kenyataan peringkat atas Google, Anda bisa lebih sadar dan mengerti bahwa yang bisa menjamin hal tersebut hanya Google dengan kompleksitasnya sendiri. Mulai dari algoritma yang selalu berubah, taktik black-hat SEO, hingga hasil pencarian yang relevan, peringkat atas bukan sebuah jaminan yang bisa Anda permainkan.
Maka dari itu, Anda bisa lebih fokus pada kualitas website bisnis terlebih dahulu saja. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan konten website yang kredibel dan human-friendly.
Google menyukai konten yang relevan untuk penggunanya, jadi lakukan hal yang sama untuk audiens website bisnis Anda. Perihal peringkat atas Google, menggunakan Jasa SEO yang tepat dan up-to-date terhadap algoritma Google adalah keputusan tepat untuk Anda.
Referensi:
https://www.peterstavrou.com/blog/seo/anyone-guarantees-high-google-rankings-lying/
https://inlife.co.uk/why-your-google-rank-is-lying-to-you/
https://www.effectivewebsolutions.biz/3-reasons-no-seo-company-can-guarantee-your-google-rankings/