Fungsi SEO

Fungsi SEO
April 4, 2022 SEO Indonesia

Berikut Fungsi SEO Yang Harus Pemilik Bisnis Ketahui

Konten Search Engine Optimization digunakan sebagai salah satu senjata untuk melakukan pemasaran dengan baik.  Konten SEO terbukti dapat menunjang bisnis dengan strategi yang tepat.  Tentu saja, manfaatnya dapat dirasakan apabila ada strategi SEO yang tepat.  Konten dan optimasi SEO dapat mengubah cara berbisnis pelaku usaha sehingga hasilnya berdampak jangka panjang. 

Fungsi SEO yang Perlu Diketahui Pemilik Bisnis 

Ketahui fungsi optimasi mesin pencari atau SEO seperti tersebut di bawah ini: 

  1.  Konten SEO Berkualitas Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
    Tidak mudah menciptakan SEO berkualitas. Tidak semua kata kunci atau frase dapat menentukan peringkat yang dapat menunjang SEO. Untunglah, saat ini, mesin pencari terutama Google sudah didesain dengan lebih ‘pintar’ dan mengerti ‘pemikiran manusia’. Developer dan pencipta coding mesin pencari telah membuat para mesin pencari lebih cerdas dalam memilih konten ‘bernilai tinggi’. 
    Terlebih, isian kata kunci menempatkan sebuah situs lebih dekat ke bagian bawah halaman 10. Dengan demikian, hasil pencarian dapat semakin terdorong seiring dengan bertambahnya kualitas SEO. 
  2. SEO Menunjang Situs Untuk Mendapatkan Ranking Tertinggi
    Tujuan utama dari sebuah situs yang memanfaatkan konten SEO berkualitas adalah untuk mendorong sebuah situs untuk mendapatkan rangking tinggi. Dengan demikian, konten paling berkualitas pasti muncul pertama kali di halaman.  Terlebih konten SEO berkualitas akan muncul melalui pencarian organik dan dapat menyisihkan kompetitor.
    Pemilik situs harus bisa berkompetisi. Semakin berkualitas konten SEO tersebut, semakin besar kemungkinan sebuah situs untuk berkompetisi. Jika jarak rangking semakin jauh dari kompetitor maka sebuah situs akan memiliki peluang lebih tinggi secara eksponensial untuk mendapatkan kunjungan. 
  3. Dapat Memberi Manfaat Menginformasikan Eksistensi Bisnis
    SEO dapat memungkinkan pemilik situs untuk memberi informasi kepada target pengunjung bahwa situs tersebut memiliki eksistensi. Sebuah situs, idealnya, harus berisi informasi berguna.  Konten tersebut harus terkait dengan jenis usaha, deskripsi layanan, portfolio jika memang situs bergerak di bidang jasa atau produk, kisah sukses, informasi terkait dengan pembangunan bisnis.  Dengan demikian, target pasar tahu apakah situs tersebut dapat memberikan layanan berkualitas tinggi, baik barang ataupun jasa.
    Semisal situs perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan website. Perusahaan tersebut tidak hanya akan memposting tentang layanan konten SEO mereka.  Tetapi situs tersebut juga harus memberikan edukasi tentang SEO serta bagaimana SEO dimaksimalkan dalam sebuah website demi keuntungan jangka panjang. Saat sebuah situs sudah memiliki peringkat tinggi, dengan variasi kata kunci yang lebih luas, pemilik situs harus lebih mengembangkan situs tersebut dengan informasi lebih luas.
  4. Bermanfaat Untuk Link-building
    Menaruh backlink ke situs lain dan mendapatkan backlink dari mereka masih menjadi cara optimasi SEO paling bermanfaat untuk mendapatkan relevansi. Otomatis, sebuah situs dengan backlink berkualitas dapat dengan mudah mencapai peringkat pertama. 
    Di dunia serba digital ini, meningkatkan public relation secara digital adalah cara paling ampuh. Praktek terbaik SEO adalah dengan mempromosikan situs dengan membuatnya terkait dengan situs lain yang memiliki rangking lebih tinggi.
    Tetapi, memiliki backlink kompetitor tidak ideal karena justru pemilik situs seolah mempromosikan kompetitor kepada Google. Backlink adalah hyperlink yang ditautkan pada satu halaman web, dengan tema berbeda.
    Backlink “bernilai tinggi” atau “berkualitas tinggi” dihasilkan ketika situs web mendapatkan tautan balik dari situs web otoritas dengan skor kepercayaan SEO tinggi. Itu berarti situs web lain yang telah dianggap berharga oleh Google memberi peningkatan nilai berdasarkan asosiasi. Caranya, cari partner dengan situs cukup bagus untuk saling bertukar link. Jika dua situs berbobot saling mendukung, maka Google akan langsung mendeteksinya.
  5. SEO Berkualitas Mendorong Brand Awareness
    Konten SEO tidak hanya membangun kepercayaan dan kredibilitas merek. Manfaat SEO yang paling adalah saat optimasi web.  Konten artikel yang bagus pada landing page bukanlah satu-satunya prioritas.  Konten berkualitas harus ada di bagian mana pun dari situs web. Hal ini akan membantu peningkatan SEO.  SEO dan pembuatan konten harus selalu berjalan beriringan. 
    Semakin banyak konten terkait dengan merek di sebuah situs, semakin sering situs web tersebut muncul dalam pencarian organik dimana hal ini terintegrasi di seluruh sumber web lainnya.  Dengan demikian, brand awareness akan semakin terbangun.
  6. SEO Menyerap Web Traffic Melalui Pencarian Organik
    Pencarian organik mendapat dorongan ketika pemilik situs mengoptimalkan konten SEO untuk meningkatkan web traffic. Pencarian organik mengacu pada hasil pencarian non iklan. Dengan kata lain, hasil pertama di “sponsored box” di bagian atas halaman bukanlah pencarian organik.  Hasil yang muncul di bawah ‘sponsored box’ ini adalah hasil pencarian natural yang kemunculannya bukan karena pemilik situs membayar iklan.
    Muncul sebagai hasil pencarian organik di halaman pertama tidak hanya penting karena peringkatnya.  Yang terpenting adalah pengguna merasa mudah mendapatkan informasi terbaru dan paling akurat pada sebuah situs. Jika mereka menemukan situs di halaman pertama dan isinya berkualitas, maka mereka menganggap situs tersebut adalah terpercaya. 
  7. SEO dapat Mencapai Target Penjualan
    SEO dapat membantu pemilik untuk dengan menargetkan audiens yang luas, pasar potensial baru, serta menambah jangkauan penjualan. Menurut riset, 81% orang melakukan riset online sebelum melakukan pembelian yang signifikan. Bahkan saat mereka sudah mengenal perusahaan, layanan, atau suatu produk,  pemilik usaha masih harus meyakinkan pelanggan melalui optimasi konten SEO.
  8. Konten SEO adalah Solusi Marketing Terjangkau
    Puluhan tahun lalu, anggaran marketing sangat besar karena harus pasang iklan di surat kabar, majalah, media elektronik dan juga mencetak brosur dan banyak lagi. SEO menjadi senjata ampuh untuk mengurangi anggaran tersebut. Terbukti, promosi yang dilakukan secara online melalui konten SEO menarik 65% pembeli online commerce.  Selain itu, 33% penjualan di e-commerce didorong oleh hasil pencarian mesin pencari, melalui pencarian organic. 
  9. Konten SEO dapat Mendukung Semua Strategi Marketing
    Semua jenis strategi marketing dapat disesuaikan melalui optimasi SEO sesuai target pasar. SEO adalah strategi marketing inbound yang tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu besar.
    Memang ada biaya investasi dalam pengembangan website, termasuk jika pemilik tidak ada waktu membuat konten dan strategi SEO sendiri.  Namun, pemilik usaha dapat mengatur anggaran seberapa banyak mereka ingin berinvestasi. Pemilik juga dapat memilih penyedia jasa terpercaya yang sudah profesional mengatur strategi marketing sesuai niche.
  10. SEO Dapat Menunjang Kepuasan Konsumen
    Kepuasan konsumen secara maksimal didapatkan karena sebuah situs memiliki konten SEO. Siapapun dapat mencari informasi selama 24 jam. Hasil juga akurat serta relevan. Seiring dengan peningkatan algoritmanya, mesin telusur terutama Google menjadi semakin baik dalam memberikan hasil terakurat menggunakan faktor SEO.   Dulu, mesin pencari memang belum terlalu dapat mendeteksi konten secara relevan.
    Untunglah Google telah mengembangkannya dengan memikirkan kemajuan pencarian dalam suatu kata kunci.  Memang selama ini Google masih menjadi mesin pencari terutama dimana konten berkualitas pasti muncul di halaman pertama.  Situs yang mendapatkan audiens besar dapat dipastikan muncul di Google, terutama di halaman pertama.
  11. SEO Menunjang Tingkat Konversi Tinggi (Higher Conversion Rates)
    Konten optimasi SEO akan selalu mengarah pada tingkat konversi yang lebih tinggi serta mengurangi kanal penjualan manual, sehingga promosi lebih efektif. Ketika pengguna internet menemukan situs web dari barang atau jasa yang mereka butuhkan saat mereka menelusuri Facebook,  mereka mungkin mempertimbangkan untuk membeli, meski ada kemungkinan mereka mengabaikannya.
    Namun, jika konsumen sengaja menggunakan mesin pencari untuk membantu barang atau jasa yang mereka butuhkan serta mengklik tautan peringkat teratas, kemungkinan besar mereka akan berkonversi pada kunjungan pertama.  Konten SEO memiliki tingkat konversi 14,6% sedangkan konten melalui iklan di platform media sosial memiliki rata-rata tingkat konversi jangka panjang 9,21%.
  12. SEO menunjang Pencarian Lokal
    SEO Lokal adalah strategi pemasaran yang memungkinkan bisnis menjadi lebih terkenal bagi mereka yang mencari hasil terdekat dari rumah atau kantor.  Pemilik bisnis yang cenderung melayani wilayah geografis tertentu atau memiliki lokasi fisik di wilayah terkait harus mengaplikasikan SEO lokal.
    Pengguna internet sering memasukkan beberapa kata kunci ditambah referensi geografis.  Mesin pencari kemudian mendeteksinya untuk mengkonversi metode pencarian secara geografis. Halaman yang memiliki peringkat tertinggi adalah halaman yang memiliki peringkat untuk kata kunci dan lokasi geografis. SEO lokal adalah taktik pemasaran jitu, karena dapat menarik pelanggan baru ke lokasi fisik.
  13.  SEO dapat Menunjang Pencarian dari Ponsel Pintar
    Website dengan optimasi SEO untuk ponsel pintar atau tablet bahkan berpeluang memiliki ranking bagus di halaman pertama Google.  Banyak pemilik situs baru tidak menyadari bahwa situs web harus dapat diakses dengan mudah di berbagai perangkat.   Pemilik harus menyewa jasa profesional yang memperhatikan desain situs, struktur halaman, dan kecepatan akses baik perangkat seluler ataupun laptop dan PC. 
  14. SEO Dapat Menjaga Loyalitas Pengunjung
    Halaman dengan optimasi SEO akan membuat pengunjung betah.  Dengan demikian, pemilik website harus menghasilkan konten berkualitas lebih baik. Konten berkualitas tinggi yang digerakkan oleh SEO mendorong audiens target untuk tetap tertarik pada halaman dalam jangka waktu lebih lama.  Dengan demikian, target pemilik website untuk tetap berada di halaman teratas dapat meningkatkan peringkat.
  15. SEO Menunjang Click Through Rate
    Click Through Rate juga terkait dengan bounce rate yang diukur dengan membagi jumlah kunjungan satu halaman dengan seluruh jumlah entri ke situs web secara keseluruhan. Sebagai aturan umum, targetkan rasio bounce rate situs web di bawah 40%. Rasio di bawah 55% juga masih wajar.  Salah satu manfaat penting dari SEO adalah secara langsung membantu membuat situs web lebih menarik. Konten dengan SEO harus menggunakan kata kunci target yang membuat konten situs dapat ditemukan oleh audiens objektif. Semakin banyak konten yang dapat diterapkan, semakin besar kemungkinan mereka akan tetap berada di situs, serta mengunjungi halaman lain dalam situs tersebut.

Fungsi SEO perlu menjadi pemikiran serius para pelaku bisnis. Tanpa SEO, tentu sia-sia semua upaya pemasaran, sekaligus pembuatan konten. Sebagus apapun desain situs serta isi konten, tidak akan ada hasil memuaskan apabila semua konten tidak mengaplikasikan syarat optimasi mesin pencari. Tentu, jas profesional sangat dibutuhkan. 

 

 

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published.

*

SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA UNTUK WORKSHOP SEO. KUOTA TERBATAS

DAFTAR SEKARANG
Open chat
1
Halo!
Ada yang bisa kami bantu?