Mirip Media Sosial, Hasil Pencarian Google akan Lebih Dipersonalisasi

Mirip Media Sosial, Hasil Pencarian Google akan Lebih Dipersonalisasi
Januari 31, 2024 Ananta Abigail

Gemar memperbarui algoritmanya, kini Google muncul dengan pembaruan tampilan hasil pencarian. Lebih jelasnya, Google akan membuat halaman hasil pencarian serupa tampilan pada media sosial seperti Instagram hingga Tiktok dengan menambahkan fitur ‘follow’.

Update tersebut bertujuan untuk memberikan pengalaman lebih personal bagi pengguna. Lalu, bagaimana dampaknya terhadap SEO? Temukan jawabannya dengan baca artikel ini hingga akhir! 

Hasil Pencarian yang Lebih Dipersonalisasi

Google baru-baru ini mengumumkan perubahan pada peringkat pencarian. Hal tersebut berkaitan dengan orientasinya untuk menampilkan konten yang personal bagi para pengguna. Jadi, pengguna lebih mudah menemukan informasi yang relevan dan individual.

Hasil pencarian pun akan lebih sedikit menampilkan sumber informasi yang sama dan berulang. Ini membuat pengguna mendapatkan informasi paling membantu hanya untuk mereka saja, berdasarkan minat personalnya. 

Adapun, fitur personalisasi halaman pencarian Google juga akan didukung oleh fitur-fitur di bawah ini:

Tombol Follow pada Google Search

Penambahan fitur terbaru Google, yaitu tombol “follow” pada halaman pencarian, bertujuan untuk mempersilahkan pengguna mengikuti atau berlangganan topik tertentu. Ini memungkinkan Google untuk menampilkan konten yang lebih relevan dengan subjek topik yang dipilih.

Sebagai contoh, ketika Anda memilih untuk klik “follow” atau mengikuti topik tentang “optimasi SEO”, maka Google akan menangkap itu sebagai minat Anda. Ketika Anda mengunjungi dan menelusuri kembali topik tersebut, akan otomatis muncul pembaruan tentang topiknya.

Kemudian, Anda juga memiliki opsi untuk mengaktifkan notifikasi “push” yang akan memastikan Anda mendapat konten terbaru terkait topik yang diikuti dengan cepat.

Selain itu, akan muncul juga bagian prospektif dengan judul “News for You” atau ‘Berita untuk Anda’. Bagian tersebut menampilkan artikel berita sesuai preferensi Anda berdasarkan topik yang telah diikuti.  

Fitur personalisasi berupa tombol “follow” satu ini memiliki sistem seperti fitur personalisasi pada umumnya. Anda bisa berhenti mengikuti atau berlangganan suatu topik sesuai keinginan, sehingga sifatnya cukup fleksibel.

Baca Juga: Mengenal dan Memahami Google Search Generative Experience

Fitur Perspective pada Google Search

Selain fitur “follow”, terdapat pula fitur “perspective” yang telah diuji coba pada perangkat smartphone sejak bulan Agustus tahun 2022 lalu. 

Fitur satu ini menampilkan wawasan serta perspektif dari berbagai pihak. Contohnya seperti jurnalis, pakar, lalu influencer, hingga pihak lain yang relevan dengan topik yang sedang dicari.

Kini, fitur ini telah diluncurkan ke perangkat desktop. Google juga telah memperbarui fitur “Perspective” agar dapat menampilkan konten dari platform yang variatif. Anda akan menemukan konten dari platform seperti media sosial, blog, forum, hingga komunitas online sejenis.

Google pun akan menyoroti para pembuat konten dengan menampilkan lebih banyak informasi tentang mereka. Informasi seperti nama akun media sosial hingga jumlah pengikutnya jadi contoh sorotan informasi yang dilakukan Google.

Bagaimana Dampaknya pada SEO?

Fitur personalisasi hasil pencarian Google berupa tombol “follow” dan opsi “perspective” akan menimbulkan pertanyaan di antara ahli SEO. Ini berkaitan dengan pengaruh fitur tersebut terhadap strategi optimasi SEO ke depannya.

Pada fitur “follow”, terlepas dari tujuannya untuk personalisasi pengalaman pengguna, namun tetap akan mempengaruhi traffic pengguna. 

Sebab, website yang memproduksi konten berkualitas tinggi seputar topik populer yang diikuti akan mendapatkan traffic ketika halaman ditampilkan kepada pengguna.

Memang, hal tersebut membuat situs yang sering dikunjungi pengguna lebih mudah ditemukan kembali. Namun, ini menimbulkan pertanyaan terkait metrik apa yang akan digunakan ketika ingin mempromosikan website

Google tidak menyebutkan dengan detail tentang faktor peringkat terkait fitur personalisasi tersebut. Jadi, kemungkinan faktor yang akan berperan adalah faktor keterlibatan pengguna, durasi atau waktu di website, hingga faktor kunjungan berulang.

Faktor-faktor tersebut jadi aspek yang berperan dalam memunculkan halaman website populer yang dikunjungi kembali oleh pengguna.

Kemudian, fokus baru Google yang menyoroti informasi tentang pembuat konten bisa menjadi peluang untuk pengoptimalan baru dalam SEO. Profil pembuat konten yang berwibawa dengan pengikut yang kuat, serta tingkat engagement yang tinggi akan menjadi standar kepercayaan.

Optimasi bisa dilakukan dengan menampilkan nama pembuat konten serta nama akun media sosial secara jelas di halaman website. Ini memungkinkan Google untuk mengindeks informasinya dengan lebih baik. 

Meskipun fitur personalisasi pada hasil pencarian akan lebih berpengaruh pada pengguna yang sudah login, namun fitur tersebut juga bisa mengubah hasil pencarian untuk pengguna secara umum.

Maka dari itu, penting bagi para ahli SEO untuk terus mengoptimasi bagi pengalaman seluruh pengguna. Memproduksi konten berkualitas yang menarik untuk audiens yang luas pun tetap perlu dilakukan.

Satu hal yang menjadi catatan, ahli SEO perlu melihat potensi optimasi agar mampu menjangkau pengguna khusus yang tertarik pada topik tertentu.

Baca Juga: Jangan Habiskan Waktumu, Berikut Algoritma Google yang Sudah Pensiun!

Strategi Apa yang Bisa Kita Lakukan?

Melihat algoritma Google yang semakin memprioritaskan pengalaman langsung dan juga keterlibatan pengguna, maka peringkat pencarian pun ikut terkena dampaknya. 

Situs web yang diikuti serta dikunjungi kembali secara aktif akan mengalami peningkatan peringkat pencarian secara organik.

Beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk beradaptasi dengan pembaharuan tersebut di antaranya:

Optimasi Konten untuk Ditemukan

Anda bisa menggunakan kata kunci relevan, lalu buat judul yang menarik. Dukung dengan visual yang sesuai dan menarik perhatian pengguna agar mereka terdorong untuk mengikuti situs web Anda.

Fokus Produksi Konten Informatif Berkualitas

Ciptakan konten berkualitas yang memiliki nilai dan sesuai dengan target audiens Anda. Buat audiens menjadikan konten Anda sebagai panduan utama ketika mencari informasi dengan kata kunci terkait.

Lakukan Interaksi dengan Pengikut

Anda perlu merespon komentar dari pengguna, lalu menjawab pertanyaan mereka. Jangan lewatkan berpartisipasi dalam diskusi yang sedang diadakan. Ini akan membantu Anda membangun komunitas yang kuat bagi konten Anda.

Selain menerapkan strategi tersebut, Anda bisa mendukung optimasi SEO yang lebih efisien dengan tips berikut ini:

Mempromosikan fitur “follow” pada website dan akun media sosial;

Menjalankan iklan yang menargetkan audiens agar dapat menjangkau calon pengikut dengan minat sesuai niche atau topik website;

Menggunakan Google Analytics untuk mengecek dan melacak engagement pengguna, serta melihat pengaruh tombol “follow” bagi traffic situs web.

Fitur personalisasi berupa tombol “follow” menjadi kesempatan unik untuk meningkatkan minat pengguna dan juga membangun pengikut yang setia. Ini akan berdampak positif pada otoritas serta visibilitas situs web Anda.

Meskipun terkesan penuh tantangan, strategi SEO yang solid tetap meliputi aspek seperti riset kata kunci yang komprehensif, lalu optimasi teknis, hingga backlink berkualitas. Bila sudah memiliki fondasi tersebut, maka akan lebih mudah mengoptimasi SEO ke level yang lebih tinggi.

Anda pun perlu memastikan website tetap perform meskipun tampilan Google telah mengalami pembaruan. Bekerja sama dengan Jasa SEO dari SEO Indonesia adalah solusi terbaik untuk optimasi SEO pada website Anda.

Tim SEO Indonesia yang profesional dan ahli di bidangnya akan memastikan website Anda relevan selaras dengan pembaruan algoritma Google. Jadi, tidak perlu Anda ragukan kualitas pelayanannya. Serahkan urusan SEO Anda pada Jasa SEO dari SEO Indonesia!

Referensi

https://www.ontarioseo.ca/blog/google-personal-search-experience 

https://www.searchenginejournal.com/google-alters-search-rankings-to-prioritize-first-hand-knowledge/501404/ 

https://www.dailyseo.id/berita/google-akan-hadirkan-hasil-pencarian-yang-lebih-personal/ 

https://medium.com/@iqraismail007/googles-new-seo-follow-button-building-a-following-through-search-f660f2b9d2d0 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA UNTUK WORKSHOP SEO. KUOTA TERBATAS

DAFTAR SEKARANG
Open chat
1
Halo!
Ada yang bisa kami bantu?