Apakah Anda sudah pernah mendengar tentang E-E-A-T? Lalu, apakah Anda juga sudah tahu bahwa hal tersebut penting diterapkan jika ingin mengoptimalkan local SEO atau SEO lokal?
Jika Anda mengelola atau memiliki sebuah website, maka E-E-A-T mungkin saja sudah bukan merupakan hal yang asing. Anda pun mungkin sudah sering menerapkannya dalam mengatur berbagai strategi untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari.
Namun, ternyata hal ini juga bisa diterapkan dalam SEO lokal. Dalam artikel ini, akan dibahas tentang bagaimana cara untuk melakukan hal tersebut dengan tepat.
Table of Contents
Apa itu E-E-A-T?
E-E-A-T merupakan singkatan dari experience (pengalaman), expertise (keahlian), authoritativeness (otoritas), dan trustworthiness (kepercayaan). Keempat hal tersebut merupakan elemen penting yang dapat sangat berpengaruh terhadap peringkat dalam hasil pencarian.
Sistem E-E-A-T telah diterapkan oleh di seluruh dunia oleh mesin pencarian Google. Terdapat berbagai pedoman yang ketat untuk menilai tentang kualitas konten, sehingga nantinya akan berpengaruh terhadap peringkat konten tersebut pada mesin pencarian.
Mengapa Local SEO Perlu Menerapkan E-E-A-T?
E-E-A-T adalah elemen yang penting untuk berbagai hal, salah satunya jika ingin meningkatkan peringkat website dan konten dalam mesin pencarian lokal.
Hal ini dikarenakan keempat elemen tersebut menunjukkan bahwa sebuah bisnis bisa mempromosikan pengguna dengan cara yang efektif. Selain itu, prinsip ini juga menekankan kepada ulasan dari testimoni pelanggan yang asli.
Jadi, bisa dikatakan bahwa ini adalah salah satu langkah penting dalam menyusun strategi SEO lokal yang sebaiknya Anda perhatikan.
Bagaimana Cara Menerapkan E-E-A-T pada Local SEO?
Jika Anda ingin memaksimalkan prinsip E-E-A-T dalam SEO lokal, maka perlu dipertimbangkan berbagai faktor supaya dapat memastikan bahwa pengguna bisa mendapatkan hasil pencarian sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Hal ini membuat Anda sangat perlu untuk membuat konten dengan isi yang akurat dan relevan.
Dalam menjelaskan cara penerapan E-E-A-T secara detail, maka ada baiknya dibahas dari setiap elemennya, sehingga Anda bisa menyusun strategi dengan lebih terarah. Berikut adalah penjelasan cara penerapan E-E-A-T jika dilihat dari setiap elemennya:
Baca Juga: Jenis SEO yang Jarang Disorot tapi Menguntungkan: Local SEO
Experience
Pertama, ada elemen experience atau yang diartikan sebagai pengalaman. Pada dasarnya, hal ini berkaitan dengan kemudahan akses bagi para pengguna atau pelanggan.
Mencantumkan Tanggal Berdirinya Bisnis
Strategi penting dalam meningkatkan pengalaman pengguna yaitu dengan mencantumkan tanggal berdirinya bisnis atau perusahaan Anda. hal ini dapat memberikan kepercayaan yang lebih kepada perusahaan atau bisnis Ana, sehingga mesin pencari pun akan lebih mudah dalam membaca konten Anda.
Jika mencantumkannya secara publik, maka hal ini sangat penting supaya bisa menunjukkan kepada pelanggan supaya bisa menilai tentang bisnis ini jika dilihat dari tanggal berdirinya.
Google Business Profile dan Review Lokal
Selanjutnya, sama seperti menambahkan tanggal berdirinya bisnis, melengkapi profil juga tidak kalah penting, supaya mesin pencari dan pelanggan dapat lebih mudah untuk mengenal bisnis Anda.
Selain itu, ulasan lokal juga perlu diperhatikan dalam strategi E-E-A-T. Alasannya, karena ulasan adalah aspek penting yang dapat sangat berguna untuk menilai seperti apa bisnis Anda di mata para pelanggan.
Dengan adanya ulasan yang positif, maka reputasi perusahaan Anda pun dapat meningkat dan lebih mudah untuk mendapat kepercayaan.
Maka dari itu, sebaiknya Anda memberikan dorongan kepada para pelanggan untuk memberikan ulasan tentang pengalaman mereka di berbagai platform.
Foto dari Customer
Hal selanjutnya yang penting dalam menyusun strategi E-E-A-T dalam local SEO yaitu usahakan supaya pelanggan untuk memberikan pengalamannya bersama produk Anda. Misalnya, foto ketika akan memakai produk, foto pemakaian produk, dan berbagai foto yang terkait.
Dengan adanya foto tersebut, maka para calon pelanggan bisa melihat berbagai pengalaman dari pelanggan sebelumnya. Jika dalam foto tersebut terdapat ulasan positif, maka kepercayaan pun akan terbentuk.
Portofolio atau Case Study
Selanjutnya, menampilkan portofolio juga merupakan langkah yang baik untuk bisa menjadikan bisnis Anda lebih terpercaya. Selain itu, akan lebih mudah dipahami apa saja yang sudah dicapai dari bisnis Anda.
Informasi yang lengkap tersebut juga dapat berdampak baik terhadap peringkat website di mesin pencarian lokal.
Expertise
Selanjutnya, ada prinsip expertise atau yang dapat diartikan sebagai pengalaman. Dalam hal ini, Anda perlu memanfaatkan konten untuk bisa menambahkan nilai pada perusahaan Anda.
Konten Blog yang Relevan terhadap Industri Lokal
Dalam strategi E-E-A-T untuk local SEO, maka konten perlu memberikan informasi yang relevan dan rinci terhadap produk yang ditawarkan. Selain itu, jangan abaikan tentang relevansi isi konten dengan kata kunci yang menjadi fokus utama dalam konten tersebut.
Penulis yang Ahli di Bidang Terkait
Strategi kedua, ada baiknya berbagai jenis konten yang tematik memang ditulis oleh orang yang ahli atau berkompeten di bidang tersebut.
Dengan begitu, maka konten Anda akan lebih mudah untuk mencapai berbagai tujuannya. Misalnya, isinya relevan, sumbernya terpercaya, dan sebagainya.
Jika tidak bisa mengambil penulis tetap dalam hal ini, maka Anda juga bisa menggunakan penulis kontributor.
Baca Juga: Mana yang Lebih Penting? Keyword atau Topic-based SEO
Authoritativeness
Prinsip berikutnya yaitu authoritativeness atau yang bisa diartikan sebagai kewenangan. Fokus utama yang perlu dicapai dalam hal ini yaitu supaya Anda bisa membuat konten yang menjadi sumber utama dalam topik tersebut.
Dalam hal ini, penting untuk menetapkan standar tertentu untuk website atau bisnis Anda. Selanjutnya, akan lebih baik lagi jika bisa menetapkan website Anda sebagai sumber informasi, tren yang ditiru dan diminati, serta sumber dari perkembangan bisnis yang dapat dipercaya.
Mendapatkan Backlink Lokal
Strategi pertama dalam hal ini yaitu usahakan sebaik mungkin untuk bisa mendapatkan backlink lokal. Hal ini nantinya dapat membuat website dan berbagai konten Anda menjadi lebih mudah untuk menembus peringkat lebih tinggi dalam mesin pencarian.
Menyelenggarakan Event Komunitas
Selanjutnya, ada baiknya jika Anda turut menyelenggarakan berbagai jenis event untuk komunitas. Dengan bersikap aktif, maka Anda bisa lebih mudah untuk menarik pelanggan baru.
Selain menyelenggarakannya, Anda juga bisa mengikuti berbagai jenis event yang ada, misalnya acara amal dan acara lokal. Keterlibatan Anda dengan lingkungan sekitar dapat menumbuhkan kepercayaan pelanggan.
Membina hubungan yang baik dengan pelanggan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan memanfaatkan setiap momentum yang ada.
Berpartner dengan Bisnis Lokal Lainnya
Ketiga, Anda juga bisa coba untuk menjalin hubungan kerjasama dengan bisnis lokal lainnya, sehingga dapat saling memberikan keuntungan.
Kerjasama ini dapat dilakukan dengan berbagai hal, misalnya dari segi kolaborasi konten, marketing digital gabungan, dan sebagainya. Hal ini dapat memberikan dampak jangka panjang yang baik jika bisa dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan.
Trustworthiness
Terakhir, ada prinsip trustworthiness atau kepercayaan. Hal ini memiliki tujuan penting untuk bisa mencapai kepercayaan dari pelanggan, dengan memanfaatkan berbagai nilai ulasan.
Jika pelanggan yang merasa puas akan produk Anda, maka sebaiknya Anda ajak dia untuk memberikan ulasan yang baik.
Informasi Bisnis yang Konsisten
Penting untuk memiliki informasi bisnis yang konsisten. Maka dari itu, berbagai informasi memang perlu ditinjau dan dipastikan terlebih dahulu sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam berbagai bagian.
Menerapkan Local Schema Markup
Secara umum, schema markup adalah sebuah kode yang bisa dipakai supaya Anda bisa menampilkan informasi secara singkat, padat, namun tetap jelas.
Dengan adanya skema ini, maka pengunjung dapat lebih mudah dalam mencari kata kunci tertentu, karena hasil pencarian pun tampak lebih informatif sesuai dengan kata kunci.
Merespon Review Pelanggan
Pada prinsip yang pertama, sudah disinggung terkait pentingnya ulasan dari pelanggan, khususnya dalam lingkup lokal. Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam aspek ini yaitu penting untuk merespons berbagai ulasan yang sudah masuk.
Hal ini dapat menjadi jembatan yang bagus untuk berinteraksi dengan pelanggan. Jadi, sebaiknya Anda lihat berbagai ulasan yang masuk dan jangan lupa untuk memberikan tanggapan atau respons.
Memberikan respons semacam ini juga dapat memupuk kepercayaan pelanggan, sehingga nantinya mereka akan lebih percaya terhadap perusahaan atau bisnis Anda.
Itulah berbagai penjelasan tentang pentingnya penerapan E-E-A-T dalam berbagai hal, termasuk ketika akan mengoptimalkan SEO lokal. Dari penjelasan di atas, Anda juga dapat mengetahui langkah atau cara yang tepat jika akan menerapkan E-E-A-T tersebut dalam SEO lokal.
Pada setiap elemen E-E-A-T, Anda bisa memperhatikan hal-hal apa saja yang bisa dioptimalkan untuk local SEO. Dengan begitu, berbagai konten yang disajikan pun dapat lebih optimal untuk menembus peringkat tinggi dalam mesin pencarian lokal.
Referensi
https://seovendor.co/how-agencies-can-build-an-e-e-a-t-strategy-for-local-seo/
https://www.linkedin.com/pulse/improve-your-local-seo-applying-experience-expertise-eeat-vanderzee-95sme
https://searchengineland.com/local-seo-e-e-a-t-strategy-395449
https://glints.com/id/lowongan/schema-markup-adalah/