Yakin SEO Bukan Kebutuhan dan Hanya Pilihan dalam Bisnis?

Yakin SEO Bukan Kebutuhan dan Hanya Pilihan dalam Bisnis?
September 7, 2023 Tommy Fabianus
manfaat seo

Dalam era digital yang semakin berkembang pesat, strategi pemasaran menjadi faktor penting dalam menjalankan bisnis. Salah satunya yaitu strategi pemasaran melalui SEO (Search Engine Optimization). Secara spesifik, ada banyak sekali manfaat SEO bagi suatu bisnis.

Meskipun masih ada yang meragukan apakah SEO benar-benar kebutuhan krusial atau hanya bersifat opsional, seiring dengan perkembangan teknologi dan perilaku konsumen, semakin jelas bahwa SEO memiliki peran yang sangat penting.

Sejarah Singkat SEO

Sebelum membahas terkait berbagai manfaat SEO bagi bisnis, sebaiknya ketahui dulu bagaimana sejarah lahirnya SEO di dunia internet. SEO pertama kali muncul pada 26 Juli 1997, di mana titik awalnya adalah sebuah SPAM yang muncul di forum diskusi internet.

Forum tersebut bernama USENET yang dikenal sebagai platform diskusi pionir dalam teknologi. Meskipun saat itu ARCHIE, mesin pencari pertama, telah hadir sejak tahun 1990, perkembangan seputar mesin pencari tidak berhenti di situ.

Aliweb, Lycos, Altavista, Yahoo, dan bahkan Google kemudian lahir menjelang akhir tahun 1997. Namun, hanya beberapa di antaranya yang memperkenalkan algoritma unik dengan penekanan pada pencarian menggunakan kata kunci.

Awalnya, SEO dimanfaatkan oleh para Spam Programmer untuk mencari database melalui link yang mereka sebarkan. Pada waktu itu, manfaat SEO dan prinsip kerjanya mula-mula diaplikasikan di mesin pencari Altavista dan Yahoo.

Seiring berjalannya waktu, metode SEO dengan cara menanamkan kata kunci di situs web mulai muncul hingga memungkinkan terjadinya Crawling, Indexing, dan Ranking oleh mesin pencari. Akhirnya, Google pun muncul dengan inovasi mesin pencarinya yang lebih cerdas.

Saat itu pada 1997, Larry Page dan Sergey Brin merancang mesin pencari sederhana bernama “Backgrub,” yang akhirnya berevolusi menjadi Google di tahun 1998. Berbeda dengan mesin pencari lain, Google memiliki kemampuan lebih cerdas untuk membedakan kata kunci.

Kemudian, Google menjadi tonggak terbesar dalam dunia mesin pencari di masa itu dengan menerapkan algoritma yang ketat. Dari sinilah lahir metode SEO yang kompetitif, sehat, dan memiliki mekanisme yang lebih terarah, seperti yang Anda kenal saat ini.

11 Manfaat SEO sebagai Kebutuhan Bisnis

11 manfaat seo sebagai kebutuhan bisnis

Lalu, sebenarnya apa saja manfaat menerapkan SEO sebagai bagian dari kebutuhan bisnis? Pada dasarnya ada banyak sekali manfaat penting yang bisa Anda peroleh. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

Marketing dengan Minim Budget

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, anggaran pemasaran dapat menjadi faktor penghambat bagi banyak perusahaan, terutama start-up yang baru berdiri atau bisnis yang memiliki keterbatasan keuangan.

Inilah alasan mengapa SEO menjadi sangat berharga. Dengan mengoptimalkan konten dan struktur situs web bisnis, Anda dapat muncul di peringkat atas hasil pencarian organik tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk iklan berbayar. 

Hal ini memungkinkan bisnis dengan anggaran minim agar bisa tetap bersaing dan mendapatkan eksposur. Dengan fokus pada kata kunci yang relevan dengan bisnis, Anda dapat menarik calon pelanggan yang sesuai dengan target pasar.

Itu artinya, Anda dapat menghasilkan konversi yang lebih baik tanpa menguras anggaran pemasaran dalam jumlah signifikan.

Menjangkau Audiens Lebih Luas

Salah satu manfaat SEO yang paling utama adalah kemampuannya untuk menjangkau audiens yang lebih luas tanpa terbatas oleh lokasi geografis. Apalagi dalam era digital saat ini, orang mencari produk dan layanan melalui mesin pencari.

Dengan muncul di peringkat teratas pada hasil pencarian yang relevan, bisnis Anda memiliki peluang besar untuk ditemukan oleh calon pelanggan dari seluruh dunia. Ini tentu bisa membuka peluang ekspansi dan pertumbuhan bisnis Anda di tingkat global.

Melalui penerapan strategi SEO yang tepat, Anda dapat mengoptimalkan situs web yang dimiliki untuk kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk memperluas jangkauan target pasar.

Meningkatkan Kepercayaan Customer

Peringkat yang baik di hasil pencarian search engine seperti Google dikenal mampu membuat bisnis terlihat lebih kredibel dan terpercaya. Terutama jika bisnis Anda berada di peringkat atas ketika pelanggan mencari produk atau layanan tertentu.

Ketika pelanggan mencari kebutuhannya dan menemukan bisnis Anda di peringkat atas, mereka cenderung akan menganggap bisnis Anda sebagai pihak yang terpercaya dalam industri tersebut.

Kepercayaan ini dapat mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Dengan demikian, manfaat SEO tidak hanya meningkatkan visibilitas bisnis saja, tetapi juga membangun reputasi yang kuat di mata pelanggan maupun calon pelanggan.

Strategi Marketing Jangka Panjang

Salah satu keunggulan utama SEO adalah cocok untuk diterapkan sebagai strategi jangka panjang. Meskipun hasilnya tidak muncul dengan instan, investasi waktu dan usaha dalam SEO dapat membawa hasil yang berkelanjutan dan berkesinambungan.

Sebab, konten web yang dioptimalkan dan peringkat SEO yang stabil dapat terus memberikan traffic seiring berjalannya waktu. Ini berbeda dengan iklan berbayar yang hasilnya cepat tetapi kurang terjamin dan butuh pembayaran berkelanjutan.

Promosi 24 Jam

SEO juga dapat memberikan promosi selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, kapan saja selama website Anda aktif. Jadi, situs web Anda akan tetap dapat ditemukan oleh calon pelanggan bahkan saat bisnis sedang tutup atau pengelolanya sedang istirahat.

Ini sangat bermanfaat untuk membantu menghadirkan produk atau layanan yang penting dan dibutuhkan oleh konsumen potensial, meskipun bisnis sedang berada di luar jam operasional.

Meningkatkan Organic Traffic

Manfaat SEO yang berikutnya yaitu dapat meningkatkan jumlah pengunjung organik ke web Anda. Dengan meraih peringkat atas untuk kata kunci yang relevan, Anda bisa menarik lebih banyak pelanggan yang mencari informasi atau solusi terkait.

Jika dibandingkan dengan trafik atau pengunjung dari iklan berbayar, pengunjung dari trafik organik cenderung memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi. Hal ini karena mereka mengunjungi suatu web dengan niat atau kebutuhan yang lebih spesifik.

Meningkatkan User Experience

Pada dasarnya SEO tidak hanya tentang kata kunci dan peringkat saja, tetapi juga tentang pengalaman pengguna atau UX (User Experience). Apalagi, mesin pencari seperti Google semakin mengutamakan situs web yang memberikan UX terbaik.

Di antaranya yaitu dengan mengoptimalkan kecepatan muat, navigasi yang intuitif, hingga menyajikan konten berkualitas. Semakin baik pengalaman penggunanya, maka semakin menarik pula situs web Anda di mata bagi pengunjung.

Mendapatkan Data Konsumen

Melalui tools atau alat analitik seperti Google Analytics, SEMrush, dan lain sebagainya, SEO dapat memberikan Anda akses ke data penting tentang perilaku konsumen yang berkunjung ke situs web Anda.

Sebagai contoh, Anda dapat melihat bagaimana pengunjung berinteraksi dengan konten yang diberikan dengan cara melihat halaman yang paling banyak dikunjungi, hingga menganalisis waktu yang mereka habiskan di situs web tersebut.

Informasi ini dapat membantu Anda memahami preferensi dan kebutuhan konsumen secara lebih spesifik. Sehingga, Anda dapat menyempurnakan strategi pemasaran dan penawaran produk yang sudah ada agar lebih maksimal.

Mendatangkan Leads yang Relevan

Dalam konteks pemasaran, leads mengacu pada kelompok orang atau target pelanggan yang menunjukkan ketertarikan pada suatu produk atau layanan yang ditawarkan oleh suatu bisnis.

Dengan mengoptimalkan kata kunci yang tepat, Anda dapat menarik calon pelanggan yang sesuai dengan target pasar Anda. Ini berarti Anda tidak hanya mendapatkan lebih banyak leads, tetapi juga mendapat leads yang lebih relevan dengan bisnis.

Semakin tinggi jumlah leads yang relevan, maka ini dapat berkontribusi pada tingkat konversi yang lebih tinggi. Dengan ini, Anda juga bisa menghemat waktu serta usaha untuk mengelola prospek pengunjung web yang tidak relevan.

Meningkatkan Brand Awareness

Peringkat yang baik di hasil pencarian sangat efektif untuk membantu membangun kesadaran merek yang kuat di kalangan konsumen. Jadi, salah satu manfaat SEO lainnya yang tidak kalah penting adalah membangun brand awareness.

Kesadaran merek atau brand awareness yang kuat akan membuat calon pelanggan potensial lebih mudah mengingat brand bisnis Anda saat mencari produk atau layanan yang serupa. Artinya, Anda bisa lebih dikenal di tengah pasar yang padat persaingan.

Meningkatkan Daya Saing dengan Kompetitor

Manfaat terakhir, dalam dunia bisnis yang kompetitif memiliki strategi SEO yang kuat dapat membuat Anda unggul dari kompetitor lain. Terutama jika bisnis Anda muncul di peringkat atas untuk kata kunci yang penting.

Maka Anda akan memiliki kesempatan lebih besar untuk menarik perhatian pelanggan potensial lebih dulu. Selain itu, dengan memahami strategi SEO kompetitor, Anda bisa mengidentifikasi peluang untuk memperbaiki situs web Anda.

Ingin memahami lebih lanjut tentang pentingnya manfaat SEO sebagai bagian dari strategi bisnis? Baca Juga: Fungsi dan Manfaat SEO di halaman kami untuk memperoleh wawasan lebih dalam tentang bagaimana SEO dapat membantu mengembangkan bisnis Anda.

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA UNTUK WORKSHOP SEO. KUOTA TERBATAS

DAFTAR SEKARANG
Open chat
1
Halo!
Ada yang bisa kami bantu?