Publish Konten Terus, Marketing Objectives-nya Udah Jelas?

Publish Konten Terus, Marketing Objectives-nya Udah Jelas?
Oktober 6, 2023 Ananta Abigail
pentingnya marketing objektif

Apa jadinya jika sebuah kapal berlayar tanpa tujuan yang jelas? Kemungkinan kapal itu tersesat akan lebih besar, bukan? Begitu pula jika bisnis Anda mengakuisisi konten tanpa marketing objectives atau tujuan pemasaran yang tepat dalam pelaksanaan strategi pemasaran sebuah bisnis.

Oleh sebab itu, penting untuk menentukan tujuan pemasaran secara detail. Jadi, target pencapaian performa konten lebih terarah karena strategi pemasaran berjalan menyesuaikan tujuan pemasarannya. Lantas bagaimana membuat tujuan pemasaran yang tepat dan efektif? Intip pembahasannya berikut ini!

Apa Itu Marketing Objectives?

Sebuah bisnis tentu ingin maju dan berkembang. Dalam mewujudkannya, strategi pemasaran pun diterapkan untuk bisnis tersebut. Sebelum membuat strategi pemasaran, menentukan tujuan pemasaran menjadi langkah yang sebaiknya dilakukan.

Sebab, tujuan pemasaran berisi target spesifik dan realistis yang ingin dicapai suatu bisnis dalam jangka waktu yang terukur. Jadi, strategi pemasaran dapat fokus pada aktivitas pemasaran yang sesuai dan membuat penerapan strateginya lebih optimal.

Cara tersebut menyatukan seluruh komponen bisnis memiliki titik finish yang sama, yaitu menyukseskan tujuan pemasaran yang sedang berusaha dicapai pada waktu berjalan. Pertumbuhan bisnis secara signifikan pun menjadi hal yang sangat mungkin terjadi melalui tujuan pemasaran yang terstruktur.

Bagaimana Membuat Marketing Objectives yang Tepat?

Lalu, apa langkah-langkah yang harus dilakukan agar dapat menghasilkan tujuan pemasaran yang tepat? Berikut jawabannya.

  • Menentukan apa visi dan misi bisnis yang ingin dicapai
  • Menentukan kategori individu dan/atau kelompok yang menjadi target pasar bisnis
  • Menyusun strategi pemasaran bisnis yang menyeluruh 
  • Melakukan riset terhadap kompetitor bisnis 
  • Menentukan Key Performance Indicator (KPI) bisnis, contohnya trafik website bisnis, untuk melancarkan tujuan pemasaran
  • Menetapkan jumlah anggaran yang akan digunakan dalam pemasaran bisnis
  • Menghapus komponen yang tidak efisien agar hemat waktu dan tenaga
  • Menerapkan strategi pemasaran digital serta menggunakan alat pemasaran melalui berbagai opsi digital marketing

Baca Juga: Jasa Digital Marketing   

Langkah-langkah tersebut akan membantu sebuah bisnis melaksanakan tujuan pemasaran yang efektif. Anda juga bisa menerapkan sebuah metode bernama SMART untuk membuat tujuan pemasaran yang tepat. Ketahui lebih lanjut tentang SMART melalui pembahasan berikut!

Trik Membuat Marketing Objectives

Metode SMART telah digunakan oleh banyak bisnis sebagai cara praktis untuk menetapkan tujuan pemasaran, sebab SMART merupakan singkatan dari:

Specific

Tujuan pemasaran perlu dibuat sangat spesifik, sehingga dapat dimengerti dengan mudah dan rencana pemasaran dapat disusun secara efektif. Unsur 5W+1H digunakan dalam aspek ini, yaitu:

  • What: Apa pencapaian bisnis yang ingin diraih?
  • Why: Mengapa pencapaian bisnis tersebut penting?
  • Who: Siapa yang harus terlibat dalam meraih pencapaian tersebut?
  • Where: Di mana tempat mewujudkan pencapaian tersebut?
  • When: Kapan pencapaian tersebut harus terwujud?
  • How: Bagaimana cara meraih pencapaian tersebut?

Measurable

Aspek measurable artinya tujuan pemasaran yang dibuat terukur efektivitasnya, sehingga setiap perkembangan dapat terlacak dan dijadikan acuan untuk tujuan berikutnya. Bila tujuan pemasaran tidak measurable, maka artinya tujuan tersebut tidak cukup efektif.

Jadi, mengevaluasi tujuan tersebut adalah langkah tepat yang bisa dilakukan agar dapat menetapkan tujuan lain yang lebih terukur dan spesifik sesuai indikator target pencapaiannya.

Achievable 

Selanjutnya, tujuan pemasaran harus realistis sehingga achievable atau dapat dicapai. Aspek ini perlu didiskusikan bersama tim pemasaran agar dapat mengukur kemampuan tim. Bila peluang tercapainya tinggi, maka tujuan pemasaran tersebut bisa dilakukan.

Relevant

Kemudian, tujuan pemasaran harus relevant, atau sesuai dengan target komprehensif bisnis di masa depan. Ini membantu bisnis berkembang dan maju lebih cepat karena tujuan pemasarannya berkaitan dan selaras dengan target bisnis.

Selain itu, tujuan pemasaran bisnis yang relevan juga berarti diterapkan saat kondisi bisnis memang sedang membutuhkannya. 

Time-based

Aspek ini melengkapi empat aspek sebelumnya untuk menentukan tujuan pemasaran yang efektif, yaitu berbasis waktu. Maksudnya, terdapat batas jangka waktu tertentu dalam usaha pencapaian tujuannya.

Selain membuat aktivitas pemasaran lebih fokus dan terarah, batas jangka waktu membuat sebuah bisnis tahu lebih cepat mana strategi pemasaran yang bekerja dan mana yang kurang efisien.

8 Marketing Objectives yang Wajib Anda Tahu!

macam-macam marketing objectives

Akhirnya Anda tahu bahwa metode SMART dapat digunakan untuk menentukan tujuan pemasaran dengan mudah. Adapun metode SMART juga bisa membantu Anda dalam pelaksanaan delapan jenis tujuan pemasaran berikut ini.

Menaikkan Brand Awareness

Tujuan ini umumnya berlaku terutama untuk bisnis yang baru memulai. Awareness atau kesadaran bertujuan agar brand dari bisnis Anda bisa dikenal oleh banyak orang. 

Selain itu, brand awareness juga menjadi tujuan yang tepat ketika bisnis ingin meluncurkan produk baru maupun menjangkau target pasar yang lebih luas. Contoh dari target brand awareness adalah adanya peningkatan impressions di media sosial.

Promosi Produk hingga Layanan Baru

Baik bagi bisnis lama maupun bisnis baru, mempromosikan produk maupun layanan terbaru yang dimiliki menjadi marketing objectives yang menantang. Sebab, keahlian dibutuhkan untuk menarik pengguna layanan maupun pembeli produk.

Contoh target tujuan pemasaran ini adalah penjualan 200 unit produk baru dalam 7 hari pertama setelah peluncuran produk.

Memperluas Visibilitas Bisnis

Tujuan pemasaran yang satu ini dibuat agar bisnis dapat menarik pelanggan lebih banyak. Cara mencapainya bisa melalui pemanfaatan berbagai platform untuk mempromosikan brand bisnis tersebut. 

Salah satu contohnya, Anda bisa mengunggah konten lebih sering di website bila platform tersebut memiliki jangkauan target audiens bisnis paling banyak. Menggunakan Jasa SEO akan membantu mengembangkan bisnis Anda melalui penerapan SEO yang optimal pada unggahan konten di website bisnis.

Meningkatkan Pangsa Pasar

Pangsa pasar atau market share adalah bagian pasar yang produk atau jasa sebuah bisnis kendalikan. Cara mencapainya dengan menganalisis kompetitor atau brand bisnis dalam industri sejenis, sehingga potensi pasar bisnis Anda dapat teridentifikasi.

Contoh target yang satu ini adalah peningkatan pangsa pasar sebesar 30% pada tahun kedua produk diluncurkan, dengan meminimalisir persentase kehilangan pelanggan.

Menambah Keuntungan

Tujuan pemasaran yang satu ini bisa dilakukan dengan pengurangan biaya, peningkatan penjualan, atau kombinasi keduanya. Memanfaatkan platform media sosial jadi cara yang bisa Anda coba untuk menghemat biaya iklan digital.

Menambah ROI

ROI adalah Return of Investment, yang menjadi tolok ukur penting dalam pemasaran. Sebab ROI menunjukkan keberhasilan dan efektivitas suatu investasi. Adapun salah satu cara mengukur ROI adalah dengan melihat biaya cost per conversions.

Contohnya, Anda bisa menentukan conversion rate pengunjung website bisnis Anda mengalami peningkatan sebesar 10%.

Mempertahankan Pelanggan Lama

Loyalitas pelanggan adalah keuntungan bagi semua pemilik bisnis. Anda bisa mempertahankan pelanggan lama agar tetap bertransaksi sebagai tujuan pemasaran melalui strategi email marketing, sebagai pendekatan personal kepada pelanggan yang telah setia bersama bisnis Anda.

Menarik Pelanggan Baru

Selain mempertahankan pelanggan lama, menarik pelanggan baru pun bisa menjadi tujuan pemasaran. Lakukan cara berbeda yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya, seperti kolaborasi antar brand hingga mengikuti event seperti pameran maupun bazar. 

Melalui pembahasan mengenai marketing objectives tersebut, semoga Anda bisa menentukan tujuan pemasaran yang sesuai sehingga bisa memaksimalkan performa konten. Melibatkan Jasa SEO juga membantu Anda yang ingin mengoptimalkan perkembangan bisnis dengan lebih hemat melalui SEO.

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA UNTUK WORKSHOP SEO. KUOTA TERBATAS

DAFTAR SEKARANG
Open chat
1
Halo!
Ada yang bisa kami bantu?