Perkembangan internet marketing selalu beranjak naik dari waktu ke waktu, khususnya yang berhubungan dengan website dan SEO. Ilmu-ilmu baru terus bermunculan hingga mau tidak mau mereka yang memiliki website harus bisa menyelesaikannya agar traffic ataupun peringkatnya tidak turun. Oleh karena itu, dibawah ini akan kita ulas sedikit informasi terkait dengan salah satu teknik SEO yakni on Page SEO yang akan membantu laman website Anda mudah dikenali oleh mesin pencari.
Kian mudahnya website Anda ditemukan dan dikenali maka besar kemungkinan jika pengunjung pun akan kian bertambah.
Mengenal Apa itu SEO?
Jika Anda beranggapan bahwa SEO itu hanya sebatas cara untuk mendapatkan ranking tertinggi di Google, maka Anda salah besar. SEO atau Search Engine Optimization juga mampu meningkatkan kuantitas serta kualitas traffic website Anda. SEO juga membuat website Anda bisa ditemukan lebih mudah sehingga memiliki potensi besar untuk menjaring pembeli potensial yang mana pada akhirnya ini akan meningkatkan omzet Anda.
Dalam praktiknya, SEO didefinisikan sebagai aktivitas yang berpengaruh terhadap ranking di mesin pencari. SEO selalu melibatkan beragam teknik yang digunakan untuk optimasi kata kunci. Kata kunci inilah yang jika di riset dan dioptimasi dengan baik mampu mendatangkan banyak pembeli potensial ke laman website Anda.
Salah satu tanda jika laman website Anda memiliki SEO yang baik yakni ketika Anda mengetikkan kata kunci yang telah di target di mesin pencari, lantas laman website Anda muncul di halaman pertama.
Dalam trik SEO Anda akan mengenal 2 jenis SEO yang sering dipraktikkan, on page SEO dan off page SEO. Keduanya sama-sama ditujukan untuk optimasi, namun memiliki ranah yang berbeda. Secara sederhana on Page SEO fokus optimasi agar konten milik Anda nampak berkualitas. Maksudnya konten user friendly dan dapat dengan mudah dideteksi mesin pencari.
Sedangkan off Page SEO membuat website berkredibilitas tinggi sehingga Google menyukainya dan menempatkan laman website tersebut di peringkat atas.
Faktor Pendukung Dalam On Page SEO dan Manfaatnya jika Kualitas Diperbaiki
Sebelumnya perlu diketahui jika on Page SEO ini lebih menekankan pada seseorang yang pandai membuat konten artikel. Nah lantas sekarang ini akan kita bahas pula sedikit informasi tentang faktor pendukung dalam on Page SEO dan juga manfaat jika Anda memperbaiki kualitas on Page SEO Anda:
- Penulis
Faktor paling utama dalam on Page SEO adalah penulis. Kenapa? Hal ini dikarenakan konten artikel merupakan hal paling penting dalam on Page SEO. Tanpa artikel tentu optimasi on Page SEO kurang bisa maksimal.
Nah, adapun penulis inipun pilihlah yang kreatif. Dalam artian, isi artikel haruslah memiliki bahasa yang mudah dipahami dan informative sehingga pengunjung suka dan bahkan nantinya akan kembali lagi ke laman web Anda.
Selain itu penulis untuk web blog juga harus mempertimbangkan kata kunci. Jadi tidak hanya sekadar menulis, namun dalam artikelnya juga harus mengandung kata kunci yang ditarget. Penggunaan kata kunci dalam artikel pun juga variatif mulai dari kata kunci utama hingga kata kunci turunan.
Seorang penulis juga harus menghindari konten duplikasi yang nantinya justru membahayakan website. Jika sebuah website terdeteksi memiliki banyak konten duplikasi, maka besar kemungkinan website tersebut akan mendapat punishment dari Google.
Jadi pada intinya, konten artikel sangat berpengaruh dalam on Page SEO. Dan tugas utama dari konten ini tak sekedar SEO friendly tapi juga user friendly. - Kata kunci/Keyword: Petunjuk
Bisa dikatakan ini adalah petunjuk dalam pembuatan konten dan juga petunjuk bagi para user untuk masuk ke laman website Anda. Penggunaan kata kunci yang asal-asalan memang bisa, namun tentu saja dengan ini Anda akan kesulitan mendapatkan pelanggan potensial.
Disarankan dan diwajibkan jika Anda ingin mendapatkan pelanggan potensial, cara terbaik yakni dengan selalu melakukan riset kata kunci. Anda bisa menggunakan berbagai macam tool yang sekarang sudah siap sedia di dunia maya mulai dari yang gratis sampai yang berbayar.
Nah, bagi Anda yang ingin mencoba riset kata kunci gratis, Anda bisa menggunakan tool seperti neilpatel.com atau keywordtool.io. sedangkan untuk yang berbayar yakni Ahrefs dan SEMrush.
Semakin bagus dan akurat hasil riset kata kunci Anda, maka semakin besar pula kesempatan Anda untuk mendapatkan pelanggan yang potensial. - Meta Deskripsi: Deskripsi singkat pada SERPs
Setiap kali kita berada di halaman pencarian, pasti akan menemukan teks dibawah judul. Teks singkat yang isinya sedikit banyak mencerminkan isi konten sebelum kita memutuskan untuk membuka link tersebut.
Menurut Moz.com, disarankan untuk menggunakan meta deskripsi dengan panjang kisaran 50-160 karakter. Jika terlalu panjang, maka mesin pencari pun juga akan kesulitan untuk mendeteksi teks Anda. Selain itu kemunculan meta deskripsi di laman pencarian pun memang hanya sedikit. Oleh karena itu jika harus dimaksimalkan dengan baik.
Sama halnya dengan permalink, dalam meta deskripsi isiannya juga harus mengandung keyword. Jika meta deskripsi Anda tidak mengandung keyword, maka ubahlah. Meta deskripsi akan membantu artikel Anda bisa lebih dikenali baik itu bagi mesin pencari ataupun juga oleh user. - Heading: topik artikel
Seorang penulis blog pasti tidak asing dengan Heading. Heading 1 adalah sebuah HTML Tag berisikan sebuah kalimat yang mana fungsi utamanya untuk menggambarkan topik isian dalam artikel.
Kualifikasi H1 yang paling baik menurut Neil Patel memiliki panjang karakter 20-70, dan cukup satu H1 dalam sebuah halaman. Selain itu, akan lebih baik lagi jika H1 juga mengandung keyword. Jadi mesin pencari pun juga lebih mudah mengenali isi artikel saat proses crawling dan indexing. - Struktur URL atau permalink: Alamat konten Anda
Salah satu yang memudahkan mesin pencari menemukan dan mengenali konten milik Anda yakni dari permalink. Idealnya dalam permalink ada keyword yang ditargetkan. Misalkan jika Anda menargetkan baju tidur, maka permalink yang ideal misalnya seperti ini: www.websitecontoh.com/baju-tidur/.
Perlu diketahui juga jika terkadang pengaturan default permalink terkadang tak mengandung keyword, jadi pastikan untuk mengecek dan mengubahnya terlebih dulu. - Title tag
Mungkin Anda pernah mencari artikel bertopik A, namun ketika dibuka judul artikel berbeda dari yang tampil di awal. Nah, hal ini dikarenakan ada title tag atau judul pada SERPs.
Pada beberapa situs mungkin saja title tag dan judul sama, namun tak sedikit pula antara title tag dan judul artikel berbeda. Meski begitu agar kualitas on Page SEO Anda bisa lebih berkualitas, pastikan untuk menuliskan kata kunci dalam title tag.
Selain itu perlu diketahui juga jika title tag haruslah SEO friendly dengan target kata kunci yang ringkat dan mudah dipahami.
Tak hanya di SERPs, title tag ini juga muncul di sosial media ketika Anda menshare artikel ini. - Page performance
Waktu load halaman akan sangat berpengaruh terhadap lanjut atau tidaknya seseorang di website Anda. Semakin lama waktu load, maka semakin cepat pula mereka meninggalkan halaman webnya. Ada banyak faktor yang mungkin saja mempengaruhi waktu load sebuah halaman, salah satunya gambar.
Jika Anda memiliki terlalu banyak gambar atau video dalam sebuah halaman, maka waktu loadnya bisa lebih lama.
Dengan mempercepat load halaman, maka user pun akan semakin nyaman. Sebagaimana kita tahu, pengguna internet tidak suka menunggu, oleh karenanya load yang cepat jelas akan berpengaruh terhadap kian banyaknya visitor Anda. - ALT Text
Gambar juga perlu dioptimasi agar lebih mudah dikenali dan diindex oleh Google. Jika Anda mengindahkan hal ini, artinya gambar Anda tidak akan di index dan tentu juga berpengaruh terhadap SEO keseluruhan.
Untuk optimasi gambar tidak diwajibkan ada kata kunci, namun lebih kepada penjelasan yang singkat dan jelas terkait gambar tersebut. - SSL/TSL
Sebenarnya ini lebih kepada keamanan pada mesin pencari, namun ternyata jika Anda memasang sertifikat ini baik itu SSL/TSL juga akan berpengaruh terhadap ranking di Google. Adanya sertifikat ini akan membuat website Anda lebih dipercaya oleh Google dan juga user.
Tips Optimasi On Page SEO
Ketika Anda tengah mengejar on Page SEO, ada beberapa tips yang bisa Anda perhatikan. Tipsnya pun beragam mulai dari yang paling sederhana seperti mengubah permalink hingga yang cukup rumit membuat pengaturan agar link bisa membuka jendela baru. Nah, bagaimana lengkapnya? Berikut beberapa tipsnya!
- Permalink yang sederhana
Hindari menggunakan permalink yang tak beraturan. Buatlah permalink yang mudah dipahami user dan usahakan mengandung kata kunci.
- Judul konten yang menarik
Ketika di laman pencarian, yang pertamakali user lihat adalah judul dan juga deskripsi singkat dari sebuah artikel. Jadi pastikan membuat judul konten yang menarik dan buat meta deskripsi yang singkat dan jelas. Salah satu contoh judul konten yang menarik yakni yang mengandung angka. Misal: “6 Langkah Mudah Belajar SEO”, dll.
- Tambahkan gambar atau video
Penambahan gambar atau video tak hanya mempermanis sebuah postingan namun juga berdampak pada SEO. Bahkan Vidyard menjelaskan jika artikel dengan video memiliki kesempatan hingga 53 kali lebih besar untuk muncul di laman pencarian utama. Meski begitu pastikan untuk memberikan deskripsi pada gambar/video secara singkat, jelas dan mengandung kata kunci.
- Mobile friendly
Saat ini pengguna internet mayoritas menggunakan smartphone. Sehingga laman website dengan tema responsive jelas sangat direkomendasikan. Yang dimaksud responsive disini yakni laman website Anda tetap bisa berjalan dengan baik di berbagai perangkat seperti website, tablet, dan juga desktop.
- LSI Keyword
Kata kunci utama atau focus keyword memang harus ada dalam artikel. Namun mengulanginya terlalu banyak justru membuat buruk penilaian artikel dan membuat Google menganggapnya sebagai spam. Untuk itu Anda bisa memanfaatkan LSI keyword. LSI keyword ini merupakan variasi dari kata kunci utama.
- Tambahkan tombol share ke sosmed
Pengguna sosial media saat ini sudah sangat banyak. Karena itu optimalkan dengan memberikan tombol share pada postingan Anda. Dengan begitu konten jadi lebih mudah dibagikan dan kemungkinan mendapatkan visitor yang tinggi juga kian besar.
- Perhatikan panjang konten
Sebenarnya tidak ada kepastian untuk jumlah kata dalam sebuah konten. Namun tentu ini juga disesuaikan dengan competitor dan kata kunci yang ditarget. Maksudnya, jika competitor menulis konten berisikan 1000 kata, maka usahakan Anda menulis lebih banyak dari itu.
Diatas merupakan beberapa faktor dan juga manfaat jika memaksimalkan on Page SEO, selain beberapa hal diatas, salah satu keuntungan yang bisa didapat yakni masalah daya tahan. Kamu juga bisa mengetahui manfaat seo dengan SEO yang optimal, maka kemungkinan untuk bertahan di halaman pertama Google lebih lama juga akan terwujud.