Konten SEO Banyak, tapi Performanya Masih Menurun? Pahami Topical Authority!

Konten SEO Banyak, tapi Performanya Masih Menurun? Pahami Topical Authority!
Februari 26, 2024 Ananta Abigail

Dalam mengatur konten untuk website, ada berbagai hal yang perlu diperhatikan. Ketika Anda sudah menerapkan konsep SEO pun terkadang masih ada berbagai tantangan yang perlu diperhatikan, misalnya sudah membuat banyak konten, akan tetapi performanya tidak kunjung meningkat. Maka dari itu, ada baiknya Anda memahami tentang topical authority.

Apakah Anda sudah pernah mendengar istilah tersebut, atau ini baru pertama kalinya? Mari simak artikel ini sampai tuntas untuk lebih mengenal strategi penting yang satu ini. 

Apa yang Dimaksud dengan Topical Authority?

Sebelum membahas berbagai hal yang lebih detail, maka sebaiknya dimulai terlebih dahulu dengan pengertiannya secara umum.

Topical authority atau otoritas topik bisa diartikan sebagai suatu kepercayaan atau kredibilitas pada sebuah website untuk konsen dengan topik tertentu. Hal ini perlu disesuaikan dengan tujuan dari website atau bisnis Anda, sehingga website akan lebih fokus dari segi pembahasan kontennya.

Seberapa Penting Penerapan Topical Authority?

Saat ini, mesin pencari Google semakin menyukai konten yang kredibel. Maka dari itu, otoritas topikal adalah salah satu strategi penting yang bisa diterapkan untuk mendapat peringkat tinggi dalam mesin pencarian. Secara umum, ada beberapa manfaat penting dari penerapan otoritas topikal, yaitu sebagai berikut:

Membuat Pengunjung atau Pengguna Lebih Percaya

Seperti yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya, otoritas topikal ini dapat membuat Anda meningkatkan kepercayaan audiens, terutama untuk topik tertentu yang memang menjadi fokus utama.

Misalnya, saat ini Anda mungkin sudah mengenal berbagai nama besar untuk website belanja online. Kepercayaan Anda tentang website tersebut pun mungkin sudah tidak dipertanyakan lagi karena mereka sudah memiliki banyak pengguna setiap harinya.

Hal ini bisa terjadi salah satunya karena mereka memang telah mendedikasikan konten website mereka untuk fasilita belanja.

Mendapat Inbound Link

Selanjutnya, otoritas topikal dapat berpotensi untuk membuat Anda mendapatkan inbound link dengan natural. Ketika suatu website memiliki konten yang berkualitas dan kredibel, maka akan lebih mudah menjadi referensi dan dikutip oleh berbagai tempat.

Menekan Biaya Pemasaran

Manfaat penting selanjutnya yaitu Anda bisa memaksimalkan otoritas topikal untuk menekan biaya marketing atau pemasaran. Hal ini menjadi salah satu strategi penting dalam dunia digital marketing.

Misalnya, ketika Anda membuat konten yang otentik, berkualitas, relevan, serta terpercaya, maka dapat berpotensi untuk mendapatkan backlink di berbagai media. hal ini bisa mengurangi biaya promosi yang mungkin saja perlu keluar tanpa adanya strategi ini. Bisa dibilang, otoritas topik dapat menjadi investasi untuk jangka panjang.

Bagaimana Cara Kerja Topical Authority?

Cara kerja otoritas topikal dipengaruhi oleh Google telah berusaha untuk selalu mengembangkan sistemnya untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para penggunanya. Salah satunya yaitu dengan memberikan prioritas kepada halaman yang bermanfaat, terpercaya, dan paling relevan untuk kata kunci yang dicari.

Maka dari itu, otoritas topikal dapat menjadi salah satu hal yang dapat dikembangkan oleh setiap website. Hal ini dapat membuat website membangun konsen secara faktual, orisinal, berwawasan luas, dan tentunya relevan.

Otoritas topik juga akan membantu Google dalam mengevaluasi konten sejenis, sehingga yang disajikan adalah konten yang dianggap paling optimal untuk pengguna.

Hubungan Topical Authority dengan E-A-T

Otoritas topikal memiliki kaitan dengan E-A-T atau Expertise, Authoritativenesss, dan Trustworthiness.

Jika dijelaskan secara sederhana, expertise adalah tingkat pengetahuan atau keahlian dalam bidang tertentu. Lalu, authoritativenesss adalah halaman yang bisa dipercaya, bisa diandalkan, dan akurat. Terakhir, trustworthiness adalah kepercayaan tentang sebuah website, konten, brand, dan sebagainya.

Ketiga hal tersebut menjadi dasar penting untuk membuat otoritas topikal. Ketika akan fokus membuat konten untuk topik tertentu, maka dibutuhkan pengetahuan yang luas tentang topik tersebut. Selanjutnya, otoritas pun dapat diciptakan dan menghasilkan kepercayaan bagi para pengguna.

E-A-T memang bukan aspek yang berpengaruh langsung terhadap SEO atau peringkat di mesin pencari. Namun inilah konsep penting yang dapat membantu Anda dalam memberikan informasi tertentu dan mendukung algoritma dari pencarian untuk konten yang sudah dibuat.

Baca Juga: Mana yang Lebih Penting? Keyword atau Topic-based SEO

Bagaimana Melihat Keberhasilan Topical Authority?

Sebenarnya, tidak ada pengukuran yang pasti untuk bisa mengetahui otoritas topikal ini karena hal ini dipengaruhi oleh kepercayaan dari para pengunjung atau pengguna.

Namun jika ingin mendapat beberapa gambaran yang bisa menjadi bahan untuk mengetahui perubahan performa, maka ada langkah-langkah umum yang bisa dilakukan.

Mengecek Trafik dengan Memanfaatkan Google Analytics

Pertama, Anda bisa memanfaatkan Google Analytics untuk melihat trafik website Anda. Melakukan penyaringan data untuk melihat dampak dari otoritas konten, misalnya dengan melihat 50 konten yang sudah menerapkan otoritas konten tersebut.

Mengecek Peringkat Website

Kedua, Anda bisa melihat keberhasilan otoritas topikal dengan mengecek peringkat website. Lakukan pengecekan ini melalui SERP dengan bantuan dari tool SEO, misalnnya Google Search Console.

Melakukan Analisis Backlink

Selanjutnya, melakukan pengamatan atau analisis backlink juga dapat menjadi solusi untuk mengetahui keberhasilan otoritas topikal. Anda bisa memanfaatkan tools yang memberikan fasilita untuk pengecekan ini, misalnya Semrush Backlink Analytics.

Bagaimana Membangun Topical Authority?

Selanjutnya, sebaiknya Anda pahami apa saja yang bisa dilakukan untuk dapat memabangun otoritas topikal, berikut adalah beberapa langkah pentingnya.

Membangun Konten dengan Topical Based Keyword

Pertama, Anda bisa membangun konten dengan dasar dari keyword yang topikal. Lakukan riset keyword supaya tahu apa saja yang sedang banyak dicari pengguna, lalu buatlah konten sesuai dengan otoritas topik website Anda.

Membuat Topic Cluster

Selanjutnya, penting untuk membuat kluster topik sehingga konten yang ditulis nantinya tidak terlalu luas. Misalnya, dibandingkan membuat otoritas dengan mengambil topik ‘kesehatan’, maka akan lebih fokus jika membuat kelompok atau kluster topik yang lebih detail, misalnya ‘kesehatan mata’.

Buat Konten yang Sesuai dengan Topic Authority

Selanjutnya, Anda bisa membuat konten sesuai dengan otoritas topik yang sudah ditentukan oleh website Anda.

Bangun Konten dengan Link yang Relevan

Cara berikutnya adalah Anda perlu membangun konten dengan link yang relevan, sehingga hal ini bisa memudahkan audiens untuk lebih mendalami website Anda.

Buat Konten Soutif

Cara yang tidak kalah menarik yaitu Anda bisa membuat konten problem solving atau penyelesaian masalah. Berikan berbagi informasi yang sering ditanyakan terkait masalah tertentu, misalnya dengan menggunakan studi kasus.

Kesimpulan Penerapan Topical Authority

Setelah membaca berbagai penjelasan di atas, maka Anda mungkin kini lebih terbayang tentang otoritas topikal ini. Pada dasarnya, inilah strategi penting yang dapat membuat website Anda dipercaya oleh audiens, khususnya untuk topik yang memang menjadi fokus utama website tersebut.

Hal ini menjadi penting karena memiliki berbagai manfaat seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satunya bisa menghemat biaya pemasaran dan menjadi investasi jangka panjang.

Selanjutnya, telah dijelaskan juga tentang cara kerja dari strategi ini, cara melihat keberhasilannya, serta langkah-langkah yang bisa Anda terapkan. Dengan penjelasan tersebut, maka kini Anda bisa mulai menyusun strategi yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Topical authority bisa menjadi salah satu langkah untuk mendukung penerapan SEO dari website dan konten Anda. Namun jika Anda merasa kesulitan untuk menerapkannya, maka Jasa SEO dari SEO Indonesia dapat menjadi solusi tepat. Segera kunjungi laman kami untuk mendapatkan pelayanan terbaik dari agensi kami sehingga bisnis Anda terbantu.

 

Referensi

https://ahrefs.com/blog/topical-authority/

https://www.searchenginejournal.com/topical-authority/247189/

https://www.dailyseo.id/on-page/content/topical-authority/

https://www.semrush.com/blog/topical-authority/

https://cmlabs.co/en-id/seo-terms/topical-authority

https://cmlabs.co/id-id/seo-terms/eat 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA UNTUK WORKSHOP SEO. KUOTA TERBATAS

DAFTAR SEKARANG
Open chat
1
Halo!
Ada yang bisa kami bantu?