Dalam mengikuti perkembangan zaman, Google selalu beradaptasi dan melakukan berbagai perubahan. Berbagai fitur pun semakin banyak digunakan untuk mempermudah penggunanya, salah satunya yaitu Google Search Generative Experience yang belakangan ini mulai dikembangkan.
Dampak dari Google Generative Experience pun dapat dirasakan oleh pengguna, karena aktivitas pencarian pun dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efisien. Lalu, apa perbedaan antara Google SGE dengan SERP?
Table of Contents
Penjelasan tentang Google SGE dan Perbedaannya dengan SERP
Google Search Generative Experience atau yang sering disingkat sebagai Google SGE merupakan sekumpulan kemampuan dari sistem pencarian yang telah diintegrasikan dengan sistem yang memanfaatkan AI atau kecerdasan buatan.
Dengan adanya teknologi terbaru ini, maka kecerdasan buatan pun dapat memberikan banyak bantuan terhdap mesin pencarian, sehingga respons pencarian dapat menjadi lebih efektif dan akurat.
Terobosan sistem baru ini memiliki tujuan supaya dapat membuat penggunanya merasa lebih mudah untuk menemukan informasi yang lebih spesifik dan relevan, sesuai dengan apa yang ingin mereka cari di Google. Selanjutnya, pengguna juga dapat menikmati pengalaman melakukan pencarian dengan lebih personal, sehingga relevansinya pun akan lebih tepat.
Selanjutnya, yang dimaksud dengan SERP atau Search Engine Result Page merupakan halaman yang nantinya dapat menampilkan berbagai konten dan website yang berisi kata kunci atau keyword. Inilah yang Anda lihat ketika melakukan pencarian di berbagai jenis mesin pencarian, termasuk Google.
Apa itu Google Search Lab?
Seiring berkembangnya fitur dan teknologi kecerdasan buatan, maka Google pun terus melakukan berbagai eksplorasi terhadap ide-ide baru yang dapat memaksimalkan penggunaan mesin pencari. Google terus berusaha untuk meningkatkan pengalaman penggunanya, dengan memanfaatkan berbagai jenis fitur, salah satunya yaitu Goohle Search Lab.
Fitur tersebut merupakan salah satu divisi yang ada di Google, tujuannya yaitu untuk melakukan pengujian atau uji coba terhadap berbagai ide baru. Bisa disebutkan bahwa ini adalah sistem uji coba produk Google, sehingga berbagai hal baru akan dieksplorasi di sini sebelum nantinya diluncurkan ke publik secara matang.
Inilah sistem yang bertugas untuk membantu Google dalam belajar, berinovasi, dan meningkatkan kualitasnya. Teknologi AI pun demikian, perlu dieksplorasi lebih dalam lagi, sehingga bisa membuat penggunanya semakin mudah dan efektif dalam memanfaatkannya.
Dampak dari SGE pada Traffic Website
Secara umu, ada beberapa dampak dari Google Generative Experience yang sebaiknya Anda ketahui, misalnya sebagai berikut:
Intent-based Search
Dengan adanya Google SGE, ketika melakukan pencarian, mesin pencari akan memaparkan berbagai hasil yang relevan dengan membuat cuplikan. Jadi, SGE akan memberikan ringkasan tentang berbagai kata kunci atau pertanyaan yang telah diketikkan.
Tujuan dari sistem ini adalah untuk lebih menyesuaikan hasil pencarian dengan konteks dan kebutuhan pengguna, sehingga pencarian pun akan lebih efektif.
Namun sayangnya, ini dapat membuat jumlah kunjungan ke berbagai website menjadi berkurang, karena pengguna sudah bisa dengan mudah mendapatkan jawaban melalui mesin pencarian.
Konten dengan Jawaban yang Lebih Spesifik dan Sesuai Konteks
Dampak dari Google Generative Experience yang kedua yaitu Anda bisa menemukan berbagai konten dengan jawaban yang lebih spesifik serta sesuai dengan konteks. Selanjutnya, pengguna dapat melakukan penyaringan konten sesuai dengan apa yang benar-benar dia butuhkan.
Jika mereka masih membutuhkan jawaban yang lebih lengkap, maka barulah mereka akan membuat website tertentu. Namun, jika dirasa sudah cukup, maka arus lalu lintas di website tersebut bisa jadi berkurang karena pengguna tidak perlu membukanya.
Berinteraksi Langsung dengan Sistem
Ketiga, ada pula dampak dari Google Generative Experience yang berupa pola interaksi di mesin pencarian.
Dengan sistem ini, maka terdapat interaksi yang seperti dialog dengan sistem pencarian, sehingga interaksi yang terjadi akan terasa semakin nyata dan informasi pun dapat lebih mudah untuk dipahami.
Dengan keunggulan ini, maka ada dampak yang bisa terlihat terkait trafik website. Karena semua informasi dapat diberikan dengan lebih mudah melalui dialog, berbagai pertanyaan pun bisa terjawab dengan lebih efektif.
Namun, hal ini bisa menyebabkan trafik pengunjung ke berbagai website menjadi berkurang dibanding sebelumnya.
Hal ini memang menjadi tantangan tersendiri bagi berbagai pengelola dan pemilik website, sehingga diperlukan berbagai strategi jika ingin trafik pengunjung tetap stabil atau bahkan bisa meningkat karena sistem ini.
Follow-up Question
Selanjutnya, di dalam sistem SGE ini telah tersedia fitur follow-up question yang dapat membuat Anda menanyakan pertanyaan lanjutan.
Ketika Anda mengetikkan kata kunci atau bertanya sesuatu, maka mesin pencari akan menjawabnya, lalu dapat memberikan rekomendasi pertanyaan lanjutan yang bisa ditanyakan. Jika Anda menggunakan fitur ini, maka selanjutnya mesin pencari akan memberikan jawaban sesuai dengan pertanyaan baru dari Anda.
Hal ini membuat Anda bisa mendapatkan berbagai informasi tanpa perlu mengklik website tersebut, sehingga akan memiliki pengaruh cukup besar terhadap trafik website.
Optimasi Konten untuk Adaptasi AI
Setelah membaca berbagai pengertian tentang Google SGE dan penggunaan teknologinya yang sudah beradaptasi dengan kecerdasan buatan, maka sekarang saatnya Anda memahami pula bagaimana cara yang tepat untuk melakukan optimasi konten.
Ada berbagai hal yang sebaiknya diperhatikan jika ingin website Anda tetap eksis dan banyak dikunjungi di tengah maraknya penggunaan AI. Anda pun dapat memanfaatkan jenis teknologi yang satu ini dengan maksimal, berikut adalah langkah-langkahnya.
Tingkatkan Kualitas dan Domain Website
Langkah pertama yang sebaiknya Anda lakukan yaitu meningkatkan kualitas dan domain website.
Untuk dapat membangun kualitas dan otoritas dari domain, maka sebaiknya Anda perlu fokus untuk bisa mendapatkan tautan balik, sehingga semakin banyak arus lalu lintas yang datang ke website Anda.
Dengan adanya otoritas tersebut, maka domain pun akan lebih terlihat dibandingkan sebelumnya, sehingga akan lebih mudah untuk muncul ke bagian cuplikan SGE sebagai salah satu tautan yang ditawarkan.
Dalami Setiap Pembahasan pada Konten
Cara optimasi selanjutnya yaitu Anda perlu mendalami setiap pembahasan dalam konten yang dibuat.
Adanya adaptasi dengan teknologi AI, dapat membuat sistem pencarian di Google menjadi lebih personal, sehingga banyak faktor yang dapat menjadi pertimbangan dalam melakukan pencarian.
Dengan membuat konten yang dalam dan berkualitas, maka konten Anda akan lebih mudah untuk terbaca oleh mesin pencari. Perkembangan karakter mesin pencari seperti ini sebaiknya Anda pahami dengan optimal, supaya konten yang Anda buat tidak kalah dari konten serupa lainnya.
Hal ini juga sebaiknya menjadi perhatian ketika akan merencanakan konten website, sehingga dalam proses pembuatannya pun dapat berjalan dengan lebih optimal.
Gunakan Long-tail Keyword
Selanjutnya, perlu dipahami juga bahwa untuk bisa masuk dalam tautan yang disarankan oleh SGE, maka ada baiknya Anda menggunakan long-tail keyword.
Selain keyword utama yang mungkin hanya terdiri dari satu atau beberapa kata, tambahkan juga tong-tail keyword untuk membuat konten Anda lebih mudah untuk terlihat.
Hal ini mungkin masih belum menjadi hal yang umum bagi sebagai pembuat konten, karena biasanya hanya cenderung memasukkan kata kunci saja. Maka dari itu, jika Anda merupakan pembuat konten website, penggunaan long-tail keyword ini sebaiknya lebih diperhatikan.
Pahami Kegunaan SGE dalam Bisnis
Berbagai hal yang ditampilkan dalam mesin pencarian dengan sistem SGE ini, dapat berpengaruh terhadap strategi bisnis atau pemasaran.
Pada dasarnya, sistem ini dapat membuat Anda melihat berbagai informasi tanpa perlu membuka halaman terkait. Selanjutnya, ini pun dapat menjadi peluang tersendiri untuk lebih mengenalkan berbagai hal yang termasuk dalam informasi terkait.
Namun, ada hal yang perlu menjadi perhatian juga dengan adanya sistem ini, karena salah satu dampak dari Google Generative Experience dapat mengurangi trafik lalu lintas dari pengunjung. Karena berbagai informasi bisa didapatkan dengan mudah secara langsung melalui mesin pencari, maka jumlah kunjungan ke website pun dapat menjadi berkurang.
Maka dari itu, jika ingin memanfaatkan sistem ini untuk bisnis atau pemasaran, perlu adanya adaptasi terkait pemahaman dari cara kerja sistem SGE. Dengan adaptasi yang baik, maka Anda dapat memanfaatkan peluang yang didapat dari mesin pencarian, namun tetap bisa menarik pengunjung untuk membuka halaman Anda.
Kelebihan dan Kekurangan SGE
Jika Anda sudah memahami berbagai penjelasan di atas, maka tentunya sudah mulai terbayang apa yang menjadi kelebihan utama dari Google SGE ini.
Sistem dan teknologi AI di dalam Google SGE dapat membuat pencarian Google menjadi lebih mudah dan lebih kompleks. selain itu, Anda juga dapat melihat ringkasan yang telah dibuat oleh AI. Di sana, terdapat berbagai informasi penting yang dapat menjawab pertanyaan atau kata kunci Anda dengan lebih relevan.
Anda juga bisa memanfaatkan berbagai fitur yang ditawarkan oleh Google SGE. Misalnya, dapat membuat gambar, mengajukan pertanyaan lanjutan (follow-up question), multiple meaning, dan melakukan pencarian dengan menggunakan bahasa lokal.
Selain itu, ada beberapa dampak dari Google Generative Experience yang bisa memberikan keuntungan, antara lain:
Dapat merangkum berbagai informasi penting dan mengajukan pertanyaan lanjutan, sehingga memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna mesin pencari.
Dapat disebutkan sebagai praktik SEO terbaik saat ini
Dapat meningkatkan visibilitas serta lalu lintas dari pengunjung mesin pencari
Namun, masih ada beberapa kekurangan dari Google SGE yang juga dapat menjadi pertimbangan ketika menggunakannya, yaitu:
Dapat mengurangi jumlah klik dari pengunjung, karena mereka tidak perlu lagi masuk ke halaman website untuk membaca informasi yang ingin dicari.
Meningkatkan berbagai persaingan, karena setiap website perlu lebih memperhatikan lagi strategi SEO yang mereka terapkan.
Setelah membaca berbagai penjelasan di atas, tentunya Anda telah lebih memahami tentang perubahan dan perkembangan dari Google. Pada dasarnya, setiap teknologi memang cenderung terus mengalami perubahan, termasuk memperbarui berbagai fiturnya.
Perubahan ini dibuat untuk mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai aktivitasnya, termasuk melakukan pencarian di Google. Sebagai pengguna, hal ini dapat memberikan banyak keuntungan, karena aktivitas yang dilakukan pun akan menjadi semakin mudah.
Namun, jika Anda merupakan pemilik atau pengelola website, maka hal ini juga dapat menjadi tantangan tersendiri, khususnya jika Anda ingin website dan berbagai konten di dalamnya terus memiliki banyak pengunjung.
Adanya berbagai perubahan dan perkembangan pada mesin pencarian, membuat setiap pemilik atau pengelola website pun perlu turut lebih peka terhadap perkembangan tersebut.
Dengan terus mengikuti perkembangan Google, termasuk dampak dari Google Generative Experience, maka website Anda dapat terbaca dengan mudah dan lebih banyak dikunjungi. Jasa SEO dari Essentials dapat menjadi solusi untuk hal tersebut, website Anda akan terbantu untuk menjadi salah satu referensi di Google SGE.
Referensi:
https://contentoo.com/blog/sge-and-the-impact-on-seo-what-you-should-know
https://www.dailyseo.id/opini/strategi-seo-menghadapi-gen-ai/
https://eintelligenceweb.com/blog/google-search-generative-experience/
https://id.linkedin.com/pulse/search-labs-google-cara-mengikuti-eksperimen-dengan-ai-rudy-hermawan-klkvc
https://cmlabs.co/id-id/seo-terms/serp#:~:text=Search%20Engine%20Result%20Page%2C%20disingkat,MSN%2C%20dan%20search%20engine%20lainnya.
https://www.google.com/amp/s/voi.id/amp/328328/search-lab-dan-sge-tersedia-di-indonesia-apa-kelebihannya
https://shiftacademy.id/blog/generative-ai-seo/amp/