Seo Agency Indonesia

Seo Agency Indonesia
Maret 31, 2022 Tommy Fabianus
sketsa layout halaman website

Layanan SEO Agency Indonesia

Pentingnya menyewa jasa SEO agency Indonesia tentu harus dipahami oleh pemilik bisnis dari semua pelaku bisnis. Pasalnya, SEO sangat krusial untuk hampir semua jenis bisnis.  Bisnis saat ini memiliki kompetitif tinggi. Berinvestasi dengan optimasi SEO demi peningkatan visibilitas di mesin pencari seperti Google dan Bing adalah hal paling utama bagi pemilik bisnis. 

Apa Saja Layanan SEO Agency Indonesia

Layanan SEO yang ditawarkan oleh agen SEO intinya adalah membantu peringkat situs klien di mesin pencari secara organik. Namun, tentu pemilik bisnis harus mencari agen SEO yang tepat. Tepat dalam hal ini adalah reputasi yang sudah terpercaya dengan portfolio yang tidak mengecewakan.    

Jadi, ketahui apa saja layanan SEO agency yang dapat dinikmati pemilik situs untuk mengembangkan usaha mereka. 

  1. Riset

    Layanan SEO agency pasti dimulai dengan riset karena hal ini menjadi bagian penting dari proses optimasi.   Agen SEO akan memulai analisis mendalam akan situs klien dan situs kompetitor dari klien.  Riset ini dapat memudahkan pemilik sehingga mereka dapat mengetahui kekurangan serta dapat belajar melakukan optimasi sekaligus membuat tautan. Agen SEO pasti memprioritaskan riset pada pakarnya.

  2. Optimasi Situs

    Optimasi situs menjadi hal kedua yang akan dilakukan agen SEO. Optimasi ini mencakup proses editing situs untuk membuatnya muncul di bagian atas dalam Search Engine Result Pages. Optimasi merupakan metode untuk meningkatkan peringkat situs di hasil mesin telusur. Optimasi ini adalah dengan mengidentifikasi kata kunci serta maksud penelusuran pengguna saat mereka mencari produk dan layanan yang dimiliki klien.Pengoptimalan penggunaan website pada ponsel pintar adalah poin yang sangat penting. Klien tidak boleh mengabaikannya. Saat ini pengguna menjelajah internet di smartphone mereka. Google dan mesin pencari lainnya kompak memprioritaskan situs web yang menawarkan pengalaman menjelajah yang luar biasa.Dengan demikian, optimasi situs dengan menyertakan sertifikat SSL (Secure Socket Layer) di situs web akan memberikan keamanan ekstra bagi pengunjung situs.  SSL dapat melindungi data, mengonfirmasi identitas, dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Jadi, memiliki sertifikat SSL di situs web tidak hanya meningkatkan peringkat SEO, tetapi juga menambahkan keamanan ekstra sehingga pelanggan mempercayai situs tersebut.

  3. Isi Konten

    SEO Agency harus dapat membuat konten berkualitas. Konten bertujuan sebagai jembatan pemilik situs dengan pengguna.   Tentunya, pemilik situs harus dapat menyediakan semua detail tentang bisnis, produk, serta layanan. Konten berkualitas tinggi sangat penting untuk kesuksesan SEO. Jika konten sebuah situs sangat relevan serta bermanfaat,  tentu pengunjung termotivasi untuk tinggal lebih lama di situs tersebut. Agen SEO terpercaya pasti memiliki tim penulis konten berpengalaman dalam membuat konten yang sudah dioptimalkan (SEO Optimized). Optimasi ini sesuai dengan kata kunci target kebutuhan klien.  SEO agen harus dapat memastikan bahwa konten diatur secara logis dengan kategori dan subkategori yang mudah dinavigasi. Hal Ini tidak hanya bermanfaat untuk optimasi SEO tetapi juga membantu pengunjung untuk menavigasi situs.Konten juga harus terstruktur. Penggunaan paragraf, list poin, tags untuk heading,  huruf tebal dan italic serta pemilihan kata harus diperhatikan.  Konten juga perlu memiliki gambar. Optimasi dari gambar sangat menunjang SEO.  Gambar-gambar menarik dapat meningkatkan durasi waktu kunjungan pengguna internet.  Gambar juga harus memiliki caption menarik. Jangan lupa, video juga sangat penting.  Video dapat menarik perhatian pengunjung. Video ini dapat juga ditautkan ke YouTube. 

  4. Kata Kunci Tepat

    Terkait dengan konten, pemilihan kata kunci harus benar-benar relevan dan sesuai SEO. Agensi memiliki kemampuan untuk menargetkan kata kunci yang sangat relevan dengan berbagai macam jenis bisnis. Kata kunci merupakan kata yang sering digunakan oleh pengguna internet yang mencari kebutuhan mereka akan barang, jasa atau sekedar informasi. Selain kata kunci saja, frase yang terkait dengan kata kunci juga sangat penting untuk dioptimasi. Agen SEO harus dapat melakukan riset kata kunci secara tentang pesaing dan serta mencari tahu peluang peringkat untuk kata kunci target terkait yang terkait dengan bisnis klien.  Dengan demikian, agen SEO dapat selalu menambahkan kata kunci yang ditargetkan ke konten mereka sehingga ada kunjungan atau web traffic ke situs klien. Riset tentang kata kunci ini tentu sangat mendalam karena ada jutaan situs di Google.  Penerapan kata kunci yang tepat akan membantu situs untuk memiliki peringkat lebih tinggi di atas kompetitor Anda. Jadi, mengembangkan daftar kata kunci adalah langkah yang sangat penting dalam optimasi mesin pencari.

  5. Media Sosial

    Setelah berhasil menuntaskan empat langkah diatas, barulah agen SEO fokus untuk mempromosikan konten terbaru. Caranya? Tentu dengan membagikannya di berbagai platform media sosial. Hal ini tidak cukup. Perlu ada tautan balik ke konten tersebut.  Mempromosikan situs melalui media sosial menjadi sangat krusial. Terlebih jika pemilik situs menggunakan jaringan blogger atau influencer industri terkait. Strategi ini sangat hemat. Tentu jika dibandingkan dengan strategi iklan konvensional. Promosi situs melalui media sosial memang mudah, meski popularitas tidak dapat dilakukan dalam semalam.  Agen SEO akan melakukan upaya konsisten dalam membangun brand awareness serta memiliki hubungan baik dengan dengan blogger industri, jurnalis, dan influencer lainnya. Agen SEO dapat membagikan konten sesuai pasar, sehingga tujuan pemasaran sampai tepat pada tujuan.

  6. Tes Pasar

    Tes pasar ini termasuk salah satu layanan dari SEO agency Indonesia.  Proses ini adalah mengevaluasi kinerja situs sehingga jasa SEO dapat mengoptimalkan halaman untuk hasil yang lebih baik. Tes pasar membantu analisis tentang apa saja yang berfungsi dan apa yang tidak berfungsi di sebuah situs web.  Setiap perusahaan SEO sering menawarkan layanan berbeda satu sama lain.  Dengan demikian, klien harus mencari tahu apakah jasa SEO yang mereka sewa juga menawarkan layanan ini.

  7. Audit SEO

    Audit SEO merupakan cara untuk menentukan seberapa optimal sebuah halaman situs. Cara ini merupakan metode paling efektif untuk menganalisis hasil halaman web secara final. Audit SEO dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pencarian organik pengguna.  Dengan adanya audit, maka banyak masalah akan terpecahkan seperti teknis SEO, struktur situs web, SEO di web page, potensi masalah off-site, user experience atau pengalaman pengguna, kesenjangan serta kesempatan kemunculan konten, serta masalah wawasan pasar yang kompetitif.  Audit harus mencakup semua komponen yang mempengaruhi visibilitas SEO sebuah website. Hal ini termasuk optimasi On-Page yaitu aktivitas yang dilakukan di dalam website untuk meningkatkan posisi di mesin telusur.  Hal ini sangat krusial dimana harus dilakukan dengan menganalisa dan memonitor performa website secara reguler.  Memang tidak ada aturan spesifik untuk optimasi ini.  Tetapi paling tidak, situs yang dapat diakses dengan mudah merupakan optimasi maksimal untuk optimasi on-page. Optimasi off–page juga taka kalah penting.  Optimasi dari luar ini termasuk upaya untuk memiliki backlink, yang menjadi bagian utama dari strategi digital marketing.  Optimasi off-page sangat penting karena optimasi ini menginformasikan mesin pencari bahwa situs tersebut memiliki peran penting dalam sebuah situs. Setiap link yang didapat adalah ‘endorse’ dari sumber lain yang mengakui bahwa situs tersebut berkualitas.

  8. Analisa Kompetitif SEO

    Analisis Kompetitif adalah strategi ampuh yang membantu situs untuk meraih peringkat lebih tinggi di mesin pencari. Selain itu, strategi ini penting untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas.  Analisis pesaing membantu pemilik situs mendapatkan detail tentang SEO kompetitor, target kata kunci, fokus topik dalam artikel dan konten lainnya, dan strategi yang harus diadopsi untuk mengalahkan kompetitor.  Analisa ini mencakup proses seperti meneliti tautan, kata kunci, konten, dll. Lebih baik menganalisis kata kunci target yang berhasil digunakan kompetitor daripada membuang waktu untuk mencarinya.Begini contohnya, semisal  kita memiliki toko busana. Ternyata ada kompetitor di daerah yang sama.  Kita tidak cukup menawarkan barang kualitas terbaik, terlebih karena lebih banyak pelanggan mengunjungi toko kompetitor. Hal ini dikarenakan toko kompetitor tidak hanya menjual busana tetapi aksesoris. Yang dapat kita lakukan adalah persaingan ketat kepada kompetitor supaya dapat memenangkan bisnis.

  9. Strategi Sesuai Bentuk Bisnis

    Strategi SEO harus termasuk proses perencanaan, penjabaran, dan penerapan langkah-langkah untuk mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari.  Strategi ini harus sesuai dengan jenis bisnis. Karena itulah strategi ini disebut strategi kustom.  Agen SEO melakukan beberapa daftar topik, kata kunci long-tail berdasarkan topik, membuat halaman untuk setiap topik, serta menyiapkan rencana pembuatan tautan. Nantinya, semua media harus dikompres sebelum meletakkannya di situs web.  Strategi ini dapat mengukur serta melacak suksesnya konten dalam web.Pentingnya teknis SEO adalah bagaimana situs dapat naik peringkat halamannya di mesin pencari. Mendesain situs supaya lebih cepat dan lebih mudah untuk dijelajahi dan terbaca mesin pencari merupakan aspek utama dari optimasi teknis.  Optimasi secara teknis dapat terjadi apabila halaman web dapat diakses cepat, responsif, dan mudah di navigasi. Jika tidak, maka pengguna internet tidak ragu mencari situs lain yang dapat memberikan informasi yang dibutuhkan. Situs yang tidak lambat serta tidak memiliki dead link akan terdorong secara kuat untuk masuk ke peringkat Google atau search engine lainnya.

  10. Laporan Performa Bulanan

    Laporan performa bulanan merupakan data yang harus diterima klien. Laporan ini merupakan laporan keseluruhan tentang performa situs di mesin pencari dengan target web traffic secara organik, peringkat, dan metrik domain lainnya. Laporan bulanan ini memberi gambaran kepada klien tentang berapa kinerja agensi dan dampak positif untuk mereka.  Laporan ini membantu klien melacak pekerjaan agen SEO sehingga mereka tidak rugi karena membayar layanan SEO.

  1. Riset
    Layanan SEO agency pasti dimulai dengan riset karena hal ini menjadi bagian penting dari proses optimasi.   Agen SEO akan memulai analisis mendalam akan situs klien dan situs kompetitor dari klien.  Riset ini dapat memudahkan pemilik sehingga mereka dapat mengetahui kekurangan serta dapat belajar melakukan optimasi sekaligus membuat tautan. Agen SEO pasti memprioritaskan riset pada pakarnya.
  2. Optimasi Situs
    Optimasi situs menjadi hal kedua yang akan dilakukan agen SEO. Optimasi ini mencakup proses editing situs untuk membuatnya muncul di bagian atas dalam Search Engine Result Pages. Optimasi merupakan metode untuk meningkatkan peringkat situs di hasil mesin telusur. Optimasi ini adalah dengan mengidentifikasi kata kunci serta maksud penelusuran pengguna saat mereka mencari produk dan layanan yang dimiliki klien.
    Pengoptimalan penggunaan website pada ponsel pintar adalah poin yang sangat penting. Klien tidak boleh mengabaikannya. Saat ini pengguna menjelajah internet di smartphone mereka. Google dan mesin pencari lainnya kompak memprioritaskan situs web yang menawarkan pengalaman menjelajah yang luar biasa.
    Dengan demikian, optimasi situs dengan menyertakan sertifikat SSL (Secure Socket Layer) di situs web akan memberikan keamanan ekstra bagi pengunjung situs.  SSL dapat melindungi data, mengonfirmasi identitas, dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Jadi, memiliki sertifikat SSL di situs web tidak hanya meningkatkan peringkat SEO, tetapi juga menambahkan keamanan ekstra sehingga pelanggan mempercayai situs tersebut.
  3. Isi Konten
    SEO Agency harus dapat membuat konten berkualitas. Konten bertujuan sebagai jembatan pemilik situs dengan pengguna.   Tentunya, pemilik situs harus dapat menyediakan semua detail tentang bisnis, produk, serta layanan. Konten berkualitas tinggi sangat penting untuk kesuksesan SEO. Jika konten sebuah situs sangat relevan serta bermanfaat,  tentu pengunjung termotivasi untuk tinggal lebih lama di situs tersebut.
    Agen SEO terpercaya pasti memiliki tim penulis konten berpengalaman dalam membuat konten yang sudah dioptimalkan (SEO Optimized). Optimasi ini sesuai dengan kata kunci target kebutuhan klien.  SEO agen harus dapat memastikan bahwa konten diatur secara logis dengan kategori dan subkategori yang mudah dinavigasi. Hal Ini tidak hanya bermanfaat untuk optimasi SEO tetapi juga membantu pengunjung untuk menavigasi situs.
    Konten juga harus terstruktur. Penggunaan paragraf, list poin, tags untuk heading,  huruf tebal dan italic serta pemilihan kata harus diperhatikan.  Konten juga perlu memiliki gambar. Optimasi dari gambar sangat menunjang SEO.  Gambar-gambar menarik dapat meningkatkan durasi waktu kunjungan pengguna internet.  Gambar juga harus memiliki caption menarik.
    Jangan lupa, video juga sangat penting.  Video dapat menarik perhatian pengunjung. Video ini dapat juga ditautkan ke YouTube. 
  4. Kata Kunci Tepat
    Terkait dengan konten, pemilihan kata kunci harus benar-benar relevan dan sesuai SEO. Agensi memiliki kemampuan untuk menargetkan kata kunci yang sangat relevan dengan berbagai macam jenis bisnis. Kata kunci merupakan kata yang sering digunakan oleh pengguna internet yang mencari kebutuhan mereka akan barang, jasa atau sekedar informasi.
    Selain kata kunci saja, frase yang terkait dengan kata kunci juga sangat penting untuk dioptimasi. Agen SEO harus dapat melakukan riset kata kunci secara tentang pesaing dan serta mencari tahu peluang peringkat untuk kata kunci target terkait yang terkait dengan bisnis klien.  Dengan demikian, agen SEO dapat selalu menambahkan kata kunci yang ditargetkan ke konten mereka sehingga ada kunjungan atau web traffic ke situs klien.
    Riset tentang kata kunci ini tentu sangat mendalam karena ada jutaan situs di Google.  Penerapan kata kunci yang tepat akan membantu situs untuk memiliki peringkat lebih tinggi di atas kompetitor Anda. Jadi, mengembangkan daftar kata kunci adalah langkah yang sangat penting dalam optimasi mesin pencari.
  5. Media Sosial
    Setelah berhasil menuntaskan empat langkah diatas, barulah agen SEO fokus untuk mempromosikan konten terbaru. Caranya? Tentu dengan membagikannya di berbagai platform media sosial. Hal ini tidak cukup. Perlu ada tautan balik ke konten tersebut.  Mempromosikan situs melalui media sosial menjadi sangat krusial. Terlebih jika pemilik situs menggunakan jaringan blogger atau influencer industri terkait.
    Strategi ini sangat hemat. Tentu jika dibandingkan dengan strategi iklan konvensional. Promosi situs melalui media sosial memang mudah, meski popularitas tidak dapat dilakukan dalam semalam.  Agen SEO akan melakukan upaya konsisten dalam membangun brand awareness serta memiliki hubungan baik dengan dengan blogger industri, jurnalis, dan influencer lainnya. Agen SEO dapat membagikan konten sesuai pasar, sehingga tujuan pemasaran sampai tepat pada tujuan.
  6. Tes Pasar
    Tes pasar ini termasuk salah satu layanan dari SEO agency Indonesia.  Proses ini adalah mengevaluasi kinerja situs sehingga jasa SEO dapat mengoptimalkan halaman untuk hasil yang lebih baik. Tes pasar membantu analisis tentang apa saja yang berfungsi dan apa yang tidak berfungsi di sebuah situs web.  Setiap perusahaan SEO sering menawarkan layanan berbeda satu sama lain.  Dengan demikian, klien harus mencari tahu apakah jasa SEO yang mereka sewa juga menawarkan layanan ini.
  7. Audit SEO
    Audit SEO merupakan cara untuk menentukan seberapa optimal sebuah halaman situs. Cara ini merupakan metode paling efektif untuk menganalisis hasil halaman web secara final. Audit SEO dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pencarian organik pengguna.  Dengan adanya audit, maka banyak masalah akan terpecahkan seperti teknis SEO, struktur situs web, SEO di web page, potensi masalah off-site, user experience atau pengalaman pengguna, kesenjangan serta kesempatan kemunculan konten, serta masalah wawasan pasar yang kompetitif. 
    Audit harus mencakup semua komponen yang mempengaruhi visibilitas SEO sebuah website. Hal ini termasuk optimasi On-Page yaitu aktivitas yang dilakukan di dalam website untuk meningkatkan posisi di mesin telusur.  Hal ini sangat krusial dimana harus dilakukan dengan menganalisa dan memonitor performa website secara reguler.  Memang tidak ada aturan spesifik untuk optimasi ini.  Tetapi paling tidak, situs yang dapat diakses dengan mudah merupakan optimasi maksimal untuk optimasi on-page.
    Optimasi off–page juga taka kalah penting.  Optimasi dari luar ini termasuk upaya untuk memiliki backlink, yang menjadi bagian utama dari strategi digital marketing.  Optimasi off-page sangat penting karena optimasi ini menginformasikan mesin pencari bahwa situs tersebut memiliki peran penting dalam sebuah situs. Setiap link yang didapat adalah ‘endorse’ dari sumber lain yang mengakui bahwa situs tersebut berkualitas.
  8. Analisa Kompetitif SEO
    Analisis Kompetitif adalah strategi ampuh yang membantu situs untuk meraih peringkat lebih tinggi di mesin pencari. Selain itu, strategi ini penting untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas.  Analisis pesaing membantu pemilik situs mendapatkan detail tentang SEO kompetitor, target kata kunci, fokus topik dalam artikel dan konten lainnya, dan strategi yang harus diadopsi untuk mengalahkan kompetitor. 
    Analisa ini mencakup proses seperti meneliti tautan, kata kunci, konten, dll. Lebih baik menganalisis kata kunci target yang berhasil digunakan kompetitor daripada membuang waktu untuk mencarinya.
    Begini contohnya, semisal  kita memiliki toko busana. Ternyata ada kompetitor di daerah yang sama.  Kita tidak cukup menawarkan barang kualitas terbaik, terlebih karena lebih banyak pelanggan mengunjungi toko kompetitor. Hal ini dikarenakan toko kompetitor tidak hanya menjual busana tetapi aksesoris. Yang dapat kita lakukan adalah persaingan ketat kepada kompetitor supaya dapat memenangkan bisnis.
  9. Strategi Sesuai Bentuk Bisnis
    Strategi SEO harus termasuk proses perencanaan, penjabaran, dan penerapan langkah-langkah untuk mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari.  Strategi ini harus sesuai dengan jenis bisnis. Karena itulah strategi ini disebut strategi kustom.  Agen SEO melakukan beberapa daftar topik, kata kunci long-tail berdasarkan topik, membuat halaman untuk setiap topik, serta menyiapkan rencana pembuatan tautan. Nantinya, semua media harus dikompres sebelum meletakkannya di situs web.  Strategi ini dapat mengukur serta melacak suksesnya konten dalam web.
    Pentingnya teknis SEO adalah bagaimana situs dapat naik peringkat halamannya di mesin pencari. Mendesain situs supaya lebih cepat dan lebih mudah untuk dijelajahi dan terbaca mesin pencari merupakan aspek utama dari optimasi teknis.  Optimasi secara teknis dapat terjadi apabila halaman web dapat diakses cepat, responsif, dan mudah di navigasi.
    Jika tidak, maka pengguna internet tidak ragu mencari situs lain yang dapat memberikan informasi yang dibutuhkan. Situs yang tidak lambat serta tidak memiliki dead link akan terdorong secara kuat untuk masuk ke peringkat Google atau search engine lainnya. 
  10. Laporan Performa Bulanan
    Laporan performa bulanan merupakan data yang harus diterima klien. Laporan ini merupakan laporan keseluruhan tentang performa situs di mesin pencari dengan target web traffic secara organik, peringkat, dan metrik domain lainnya. Laporan bulanan ini memberi gambaran kepada klien tentang berapa kinerja agensi dan dampak positif untuk mereka.  Laporan ini membantu klien melacak pekerjaan agen SEO sehingga mereka tidak rugi karena membayar layanan SEO.

Hal-Hal Penting yang Juga Perlu Ditawarkan Agensi SEO 

Selain 10 faktor tersebut, Sitemap Submission juga sangat penting untuk disertakan. Peran sitemaps sangat penting karena fitur ini membuat mesin pencari dapat menemukan serta mengindeks situs. 

Selain itu, SEO agency Indonesia juga harus memastikan adanya meta tags sebagai elemen halaman yang relevan untuk mendapat peringkat bagus. Sedangkan meta description juga menjadi faktor yang berpengaruh pada Click Through Rate meski secara tidak langsung.  Jadi, sebelum memilih jasa SEO, klien dapat berpatokan pada penjelasan diatas. 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA UNTUK WORKSHOP SEO. KUOTA TERBATAS

DAFTAR SEKARANG
Open chat
1
Halo!
Ada yang bisa kami bantu?