Seo Analysis

Seo Analysis
March 10, 2022 SEO Indonesia

Manfaat SEO Analysis Untuk Website

SEO analysis memiliki peran penting bagi pemilik situs untuk mengetahui ‘kesehatan’ situs mereka. Jika Anda adalah pemilik bisnis dan sedang mengembangkan website, tentu Anda harus terus memantau kondisi situs yang akan menjadi display untuk usaha Anda.  

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa jumlah pengunjung berkurang secara signifikan? Sudahkah Anda melakukan penyesuaian pada situs web dan berusaha meningkatkan kegunaannya secara keseluruhan, namun hasilnya nol? Apakah Anda hanya merasa situs web Anda tidak dioptimasi seperti yang Anda harapkan? 

Jika mayoritas jawaban Anda adalah ‘ya’, berarti Anda perlu melakukan SEO analysis dari jasa profesional. Jasa tersebut akan melakukan audit situs web. Layanan ini menawarkan berbagai manfaat yang dapat membantu pemilik situs terhubung dengan target pasar lebih baik. Tidak hanya itu, situs mereka juga akan naik ke peringkat lebih tinggi mesin pencari.

Temukan 10 Manfaat SEO Analysis Untuk Website Anda

  1. Mendeteksi Kesalahan Awal pada Situs
    Salah satu alasan terbesar untuk melakukan SEO analysis adalah untuk mencari tahu apa yang salah pada situs Anda. Seringkali,  pemilik situs berpikir bahwa masalah di situs disebabkan karena ukuran gambar yang terlalu besar di beranda dimana hal ini mengakibatkan waktu pemuatan yang lambat. Padahal sebenarnya, , kesalahan sebenarnya ada pada video putar otomatis dan iklan pop-up.
    Pemilik situs sering membuat perubahan yang tidak perlu karena dugaan ini. Parahnya, kesalahan analisis dapat membuat situs jatuh peringkat. Jasa SEO analisis memiliki akses ke berbagai perangkat analisis paling update. Mereka dapat mendeteksi kesalahan yang tidak diketahui pemilik situs. 
    Hal ini dapat meningkatkan keamanan situs, navigasi yang lebih intuitif, serta kecepatan situs yang lebih maksimal. Analis SEO dapat menjalankan banyak tes serta analitik simultan, sehingga pemilik situs mendapatkan jawaban yang dibutuhkan tanpa harus mengganggu fokus kerja.
  2. Meningkatkan Konversi
    Meningkatkan konversi adalah manfaat kedua dari pemanfaatan SEO analysis. Pemilik situs dapat meningkatkan konversi serta menghasilkan lebih banyak pendapatan dari penjualan online.   Bagaimana caranya?
    Pertama-tama, perubahan yang dilakukan SEO analis profesional pada situs Anda setelah audit akan membantu situs tersebut naik peringkat mesin pencari. Disini, situs tersebut akan memiliki visibilitas yang meningkat, terutama di pencarian lokal.  Selain itu, analisis SEO ahli juga akan menguji keberhasilan strategi kata kunci situs yang terkait.  Pasalnya, frase yang digunakan pengguna internet untuk mencari produk atau layanan selalu berubah-ubah.
    Apa yang diketik pengunjung pada kotak pencarian untuk mencari situs web tertentu dua pekan lalu lalu bisa jadi tidak mereka gunakan saat ini. Dengan bantuan ahli SEO, pemilik situs dapat mempelajari tentang bahasa spesifik yang digunakan pasar target Anda secara online lebih lanjut.
    Biasanya, mereka menggunakan Felicity Jane atau Moz, yang membantu bisnis mempelajari cara menentukan peringkat di halaman pertama hasil mesin pencari Google. Audit situs akan membantu sebuah situs membuat kampanye iklan yang lebih efektif di masa mendatang.
  3. Peningkatan Konten
    Kita semua tahu bahwa memiliki blog merupakan bagian penting dari strategi pemasaran digital. Blog tidak hanya membantu menjadikan situs menjadi otoritas di industri tertentu. Namun, blog juga menjadi peluang besar untuk menggunakan strategi konten SEO seperti kata kunci.
    Tetapi perlu diketahui apakah situs Anda sudah memiliki konten yang dioptimalkan? Apakah konten tersebut ditulis dengan tema yang disukai pelanggan?  Apakah kata kunci yang ada digabungkan dengan baik ke dalam konten situs web? 
    Tugas analis SEO adalah mendeteksi hal tersebut. Mereka akan menginformasikan apakah situr tersebut perlu atau tidak dalam melakukan variasi jenis konten.  Selain itu, pakar SEO juga akan menginformasikan pentingnya pemanfaatan platform media sosial tertentu. Nantinya, analis juga akan menyarankan konten apakah perlu berisi teks saja atau disertai gambar dan video.
    Bahkan, nantinya pemilik situs akan mendapatkan notifikasi tentang tautan yang disematkan di konten, sehingga dapat dilakukan perbaikan jika ternyata link rusak.  Konten yang sudah dioptimasi SEO dapat membantu pemilik situs lebih dekat ke halaman pertama Google. Terlebih hal ini juga akan membuka peluang ke target pasar yang belum dijamah kompetitor.
  4. Mempelajari Sepak Terjang Kompetitor
    Bisa jadi Anda stalking media sosial kompetitor lebih intens dibandingkan saat stalking media sosial milik mantan! Hal ini sebenarnya sah-sah saja. Namun, justru Anda membuang waktu karena banyak hal ‘tersembunyi’ yang tidak dapat terdeteksi tanpa menggunakan perangkat tertentu.
    Melalui audit situs, jejak kompetitor dapat diketahui. Analis akan menyampaikan detail yang tepat mengapa kompetitor mendapatkan
    brand awareness lebih tinggi dibandingkan Anda. Tidak hanya itu, analis juga akan menginformasikan penyesuaian konten dan situs secara detail akan dimulai dengan analisis kata kunci.  Tim analis akan memaksimalkan audit yang dapat membantu Anda untuk fokus pada kata kunci yang dapat Anda gunakan untuk mengungguli kompetitor.
    Audit situs juga akan memeriksa jenis tautan yang digunakan kompetitor dalam konten mereka. Tautan tersebut mungkin dapat berfungsi di situs web Anda atau justru kompetitor dapat menulis postingan sebagai tamu di blog Anda.
    Terakhir, audit akan melihat konten situs web Anda dan memastikan bahwa konten tersebut berbeda dari konten kompetitor . Anda mungkin berpikir bahwa meniru apa yang mereka lakukan secara online akan membantu memenangkan target pasar. Padahal, justru hal ini menunjukkan bahwa ide Anda tidak orisinal. Disinilah pentingnya audit situs yang dapat membantu Anda mengembangkan strategi konten yang lebih kuat untuk membedakan Anda dari kompetitor.
  5. Menggunakan Strategi Konten Marketing Secara Efektif
    Analisis situs memastikan pemilik situs menggunakan strategi pemasaran konten yang paling efektif. Selain itu, situs dapat lebih kuat dari sisi teknis.  Analis SEO dapat membantu tim pemasaran dalam sebuah bisnis, sehingga pemasaran yang dilakukan di luar situs dapat lebih maksimal.  Caranya adalah dengan menentukan kata kunci tepat, on-page dan off-page SEO serta melakukan analisis statistik. 
  6. Memaksimalkan Analisis Statistik
    Analis SEO harus melakukan analisis terhadap situs web serta kompetitor. Tetapi, dukungan pemilik situs juga harus ada sehingga situs dapat cepat meningkat dalam hal peringkat.  Tugas utama analis SEO adalah meningkatkan jumlah kunjungan ke situs web, serta memposisikannya di mesin pencari yang berbeda, terutama Google. 
    Analis SEO bertanggung jawab untuk mempersiapkan, merancang, dan mengusulkan desain yang lebih baik situs klien. Analis dapat mengusulkan strategi
    backlink meskipun pemilik situs dapat meningkatkan konten situs agar lebih berkualitas.  Analisis statistik dapat menangani peningkatan rasio konversi, mengurangi rasio bounce-rate, dan peningkatan web-traffic.
  7. Memonitor Beberapa Dimensi Penting
    Analis SEO dapat memonitor beberapa dimensi penting seperti web traffic, waktu kunjungan, grafik dari kunjungan, demografi kunjungan, sumber dan jenis akuisisi kunjungan, dan banyak lagi. Analis SEO menggunakan Google Analytics, SEMrush, SpyFu, dan beberapa perangkat berbayar lainnya.  Dengan demikian, sebuah situs dapat mengetahui kegagalan dan keberhasilan kampanye marketing.
    Analis SEO mengembangkan gambaran tentang pengunjung situs, interaksi yang dilakukan, dan durasi. Data ini dikumpulkan secara bertahap.  Analis juga mengamati serta membangun pemahaman tentang jenis konten web apa yang dapat mendatangkan
    traffic serta mempertahankannya untuk meningkatkan keberhasilan situs di peringkat pertama.
  8. Mendapat Lebih Banyak Prospek Berkualitas Untuk Menjadi Pelanggan Potensial
    Pengunjung situs dapat meningkat melalui optimasi SEO, terutama dari media sosial. Tetapi, tidak semuanya dapat menjadi pelanggan potensial. Disinilah tugas dari analis SEO.  Optimasi harus maksimal supaya pengunjung tertarik untuk menggunakan produk atau layanan yang disediakan oleh situs tersebut.
    Caranya, tentu dengan melakukan optimasi, terutama untuk pencarian lokal. Mayoritas pengguna internet mencari produk atau jasa terdekat mereka melalui ponsel pintar. Jika mereka mendapati bahwa situs yang ada dapat diakses dengan mudah serta memiliki konten yang menarik, maka mereka tidak ragu untuk mengunjungi. Terlebih jika nomor telepon atau email dapat dihubungi. 
  9. Memberi Analisa Situs Web Sekaligus Media Sosial
    Analis dapat membuat dan mempromosikan konten pemasaran di seluruh platform media sosial. Tujuan utamanya adalah untuk promosi atau edukasi pelanggan akan produk atau layanan.  Selain itu, analis dapat meneliti dan mengelola platform media sosial.  Caranya juga  adalah dengan menciptakan konten berkualitas dan konsisten.
    Analis dapat memulai dengan membuat kalender media sosial dimana ada daftar hari-hari penting untuk memposting. Selain itu, mereka dapat melihat jenis ide konten apa yang dapat dihasilkan pemilik situs untuk hari-hari tersebut.  Konten harus pendek tetapi menarik dengan gambar yang menarik untuk diposting.
    Hal ini sangat penting karena konten akan membosankan jika hanya artikel. Biasanya, analis akan bereksperimen dengan teks serta tagar yang berbeda. Nantinya, analis dapat melihat mana yang mendapatkan lebih banyak LIKES dan SHARE.  Tetap konsisten adalah kunci dari suksesnya optimasi media sosial. Pengeposan konten berkualitas tinggi yang konsisten akan menarik banyak pengikut dan bahkan meningkatkan tingkat keterlibatan pemilik situs. Selain itu, jadwal posting yang konsisten juga sangat penting. 
  10. Mengetahui Optimasi Mesin Pencari Paling Update
    Banyak pemilik situs yang mengira bahwa optimasi mesin pencari masih sama dari waktu ke waktu. Memang, pemilihan kata kunci masih menjadi salah satu bentuk optimasi paling jitu. Tetapi, bukan berarti teori penggunaan kata kunci masih sama dengan algoritma Google beberapa tahun lalu.
    Disinilah pentingnya penggunaan jasa analis SEO. Mereka selalu mengetahui update akan algoritma terbaru dari Google dan juga mesin pencari lainnya.  Tim analis sudah memiliki perangkat berbayar yang dapat diandalkan untuk dapat mengikuti algoritma terkini. 

Free Digital Marketing dan SEO Audit

Begitu tinggi manfaat SEO analysis hingga profesi sebagai analis SEO sangatlah dibutuhkan oleh banyak sekali perusahaan.  Karir ini menjadi salah satu yang paling mendapatkan minat semua kalangan. Mereka yang serius dengan bisnis optimasi mesin pencari akan mendapatkan pelanggan yang mayoritas adalah perusahaan besar yang membutuhkan optimasi pada situs mereka. 

Tentu, tidak mudah menjadi analis SEO. Perlu adanya kecermatan serta waktu yang cukup lama dan konsisten untuk mempelajari algoritma Google dan mesin pencari yang selalu update.  Seorang analis SEO dapat membentuk tim tersendiri untuk membuka penyedia jasa optimasi mesin pencari dan memberikan layanan terbaik dengan harga paling kompetitif. 

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published.

*

SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA UNTUK WORKSHOP SEO. KUOTA TERBATAS

DAFTAR SEKARANG
Open chat
1
Halo!
Ada yang bisa kami bantu?