Top Free SEO Tools

Top Free SEO Tools
January 21, 2019 SEO Indonesia
In Belajar SEO

Apakah Ada SEO Tools Gratis untuk Membantu Proses SEO?

Anda sudah mengetahui soal SEO, namun merasa belum waktunya menggunakan professional SEO agency dan ingin mencoba melakukan SEO sendiri?

SEOindonesia.co.id – Proses SEO adalah proses yang membutuhkan proses yang panjang dan menyita waktu, namun memiliki impact yang sangat positif terhadap bisnis Anda. Apabila Anda memiliki waktu luang untuk mengerjakan SEO untuk bisnis Anda, artikel ini akan membantu Anda dengan membeberkan tools SEO yang akan membantu proses SEO Anda tanpa Anda mengeluarkan uang sepeser pun.

Inilah Top 5 Free SEO Tools:

      1. Google Analytics

        Apabila Anda sudah memiliki sebuah website, ada baiknya Anda segera menanamkan Google Analytics dalam website Anda. Google Analytics wajib digunakan untuk membantu proses SEO Anda. Apakah kegunaan Google Analytics? Tools gratis dari Google ini membantu menganalisa kondisi traffic website Anda. Mulai dari jumlah visitors, demografis, behaviour flow, hingga yang terpenting adalah asal traffic/ traffic channel.  Pada bagian traffic channel, Anda dapat melihat asal traffic website Anda dan membedakan antara traffic yang berasal dari Google Ads, Organic (SEO), Direct, atau Social Media. Dengan demikian Anda bisa menilai efektifitas SEO dan Google Ads Anda. Pada bagian behaviour flow, Anda bisa melihat efektifitas design website Anda, apakah banyak traffic yang tidak sesuai target atau performa web Anda buruk sehingga visitor tidak ingin berlam-lama di website Anda? (ditandai dengan Nilai Bounce Rate tinggi). Semua data analisa ini bisa Anda pelajari dan terapkan untuk terus memaksimalkan proses SEO Anda. Bahkan dengan data-data Google Analytics, Anda bisa menentukan direction dari campaign marketing Anda hanya dengan menganalisa semua data yang terdapat pada Google Analytics.

         

         

        Google analytics logo

        Google analytics seo indonesia

      2. Google Search Console

        Setelah Google Analytics tertanam dalam website Anda, pastikan Anda menanamkan Google Search Console dalam website Anda. Apakah kegunaan dari Google Search Console? Menurut Wikipedia: “Google Search Console is a no-charge web service by Google for webmasters. It allows webmasters to check indexing status and optimize visibility of their websites. As of May 20, 2015, Google rebranded Google Webmaster Tools as Google Search Console.” Dalam bahasa sederhana, Google Search Console membantu Anda, pemilik website, untuk melakukan pengecekan sitemap, robots.txt, melihat apakah website terkenal pinalti Google, melihat preferences domain apakah menggunakan www atau tidak, melihat ranking keywords Anda secara rata-rata, serta semua tools lain yang membantu memudahkan Anda untuk mengetahui apakah proses SEO yang dijalankan sesuai dengan cara yang disarankan oleh Google.

        Google Search Console logo Google Search Console sample

      3. Small SEO Tools

        Small SEO Tools adalah rahasia industri SEO yang jarang diceritakan kepada pihak klien, namun seperti komitmen kami untuk terus melakukan edukasi terhadap klien-klien kami, seoindonesia.co.id  dengan senang hati memperkenalkan tools terlengkap untuk SEO yang bisa Anda gunakan secara cuma-cuma. Tools yang disediakan mulai dari keyword tracking, website management, hingga analisa konten website Anda. Hampir 50% tools yang Anda butuhkan untuk memulai proses SEO Anda terdapat dalam website ini. Namun perlu dicatat bahwa seberapapun lengkapnya free tools ini, tools berbayar tetap akan menghasilkan data-data yang lebih akurat. Di bawah ini adalah contoh sebagian kecil saja dari kumpulan tools SEO yang disediakan oleh Small SEO Tools.

      4. Keywords Everywhere 

        Keywords Everywhere adalah plugin atau extension untuk browser Anda. Sesudah Anda berhasil menambahkan extension ini ke browser Anda, browser Anda akan menampilkan snippet volume pencarian, kompetisi keywords bahkan perkiraan nilai CPC dari keywords yang Anda masukkan ke mesin pencari. Keywords Everywhere dapat digunakan pada Google Search Engine dan Youtube. Keuntungan tambahan yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan Extension ini adalah saran keywords similar langsung pada browser Chrome Anda. Namun hasil analisa Keywords Everywhere masih belum dapat kita kategorikan tepat, tetapi masih dapat dijadikan kisi-kisi dan gambaran dasar sebelum melangkah lebih detail dengan campaign SEO atau SEM Anda (baca juga: Beda SEO & SEM). Di bawah ini adalah contoh penggunaannya pada browser Chrome.

         

      5. Google Pagespeed Insight

        Google selalu memperlakukan user mereka sebagai raja. Mereka ingin agar website yang muncul ketika user mereka melakukan pencarian adalah website yang sesuai dengan yang mereka cari dan experience yang didapatkan ketika berada dalam website sangat baik. Oleh karena itu Google selalu memberikan ranking teratas untuk website dengan konten yang berkualitas dan memiliki user experience (UI/UX) yang baik. Untuk masuk dalam kategori website yang baik, pertama-tama website Anda diharuskan mobile-friendly dan memiliki kecepatan yang baik. Untuk itulah Google memberikan tools “Google Pagespeed Insight” untuk Anda. Dalam tools ini terdapat 2 score kecepatan website: desktop & mobile version. Setelah Anda memasukkan domain website Anda ke dalam tools ini, otomatis nilai website Anda akan muncul lengkap dengan saran-saran dari Google untuk memaksimalkan kecepatan website Anda. Menurut pengalaman kami, perbaikan pagespeed adalah proses yang sangat memakan waktu, tetapi sangat berpengaruh terhadap ranking SEO Anda, kecilkan image size pada website, minify css (bisa dilakukan via plugin), rapikan script Anda, buang efek-efek animasi pada website yang tidak relevan.

      6. Plagiarism Checker by Small SEO Tools

        Setelah kita berkutat dengan masalah teknis website seperti kecepatan website yang kita bahas di atas, ada baiknya kita selalu kembali kepada kualitas konten. Plagiarism Checker masih merupakan bagian dari Small SEO Tools, namun karena tingkat kegunaannya yang sangat vital di SEO, kami akan memasukkan tool ini sebagai tool yang berdiri sendiri. Google sangat membenci plagiarism dalam konten. Anda bisa mendapatkan label sebagai plagiat dari yang paling sederhana, mengambil konten dari website lain tanpa melakukan modifikasi, hingga yang Anda mungkin terlewatkan, seperti memiliki clone atau copy website Anda ditempat lain. Biasanya yang kami temukan dalam analisa website-website klien kami, konten plagiat sering terjadi karena kenakalan atau ketidaktahuan pembuat konten dan website demo yang lupa dihapus. Untuk mengetahui hal ini kita membutuhkan tool seperti Plagiarism Checker oleh Small SEO Tools ini.

 

Selamat mencoba 6 tools SEO yang tersedia secara cuma-cuma ini, dan pastikan Anda terus mencari tools-tools lain yang dapat membantu proses SEO Anda. Karena konten yang baik tanpa channel distribusi yang baik akan menjadi sia-sia. Selain 6 tools yang kami tampilkan di atas, terdapat beberapa tools lain seperti Google Data Studio, Yoast SEO, Google Keyword Planner dan beberapa tools lainnya yang akan kami bahas secara detail pada lain kesempatan.

Share list tools gratis ini kepada kolega dan tim Anda yang membutuhkan dengan menekan tombol share di bawah dan dapatkan update terbaru via email dengan subscribe ke newsletter kami dengan meninggalkan email Anda di kolom subscribe di kanan layar.

Ditulis oleh: Tommy Fabianus. Digital Marketing Director seoindonesia.co.id & Grab Essentials, Digital Marketing Agency Jakarta.

 

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA UNTUK WORKSHOP SEO SEPTEMBER & OKTOBER. TEMPAT TERBATAS

DAFTAR SEKARANG
1
Halo!
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by