Tips SEO Untuk Pemilik Toko Online

Tips SEO Untuk Pemilik Toko Online
March 31, 2022 SEO Indonesia

Bagaimana Tips SEO Untuk Pemilik Toko Online

Punya toko online dan ingin membangun website? Sebelum itu pastikan untuk tahu sedikit tentang tips SEO. Ya, SEO merupakan hal yang wajib diketahui oleh mereka yang hendak membangun website. Bahkan bisa dibilang selama search engine seperti Google masih ada, maka SEO pun wajib dipelajari. SEO inipun tak hanya berlaku untuk mereka yang menyasar webnya untuk kepentingan konten semata, namun juga bagi pemilik website toko online. Dengan SEO yang baik maka potensi website Anda untuk selalu unggul di mesin pencari kian besar. 

SEO membantu para pemilik toko online untuk mampu menjangkau konsumen lebih luas. Kian besar trafik yang didapatkan maka konversi ke bisnis Anda pun kian besar pula. Dan sudah pasti bukan jika ini adalah harapan Anda.

Jadi jika Anda adalah seorang pemilik toko online yang ingin membangun bisnisnya lewat website, Anda harus belajar SEO. Bagaimana caranya? Tidak perlu khawatir karena dibawah ini akan Kami berikan sedikit ulasan terkait tips SEO bagi Anda pemilik toko online. 

Tips SEO untuk Pemilik Toko Online

Pada intinya optimalisasi website toko online sama dengan website umumnya, namun perbedaannya muncul pada strategi yang digunakan. Ada sedikit perbedaan didalamnya. Nah oleh karena itu, untuk membantu website Anda berada di laman pertama, atau bahkan di peringkat teratas, berikut beberapa tips SEO yang mungkin bisa membantu.

  1. Kata kunci
    Ketika membuat website toko online, pastikan informasi produk Anda ramah pembeli dan juga search engine. Adapun ini meliputi harga, warna, serta detail lainnya. Bahkan jika perlu Anda bisa mencantumkan ukuran dalam standar metric. Selain itu juga pastikan untuk gambar produk apakah sudah cukup akurat untuk ukuran dan juga warnanya.
    Selain itu, kerapkah untuk mengupdate informasi produk secara berkala. Update deskripsi produk ini tak hanya penting bagi para pembeli, namun juga baik untuk meningkatkan kata kunci di laman Anda. 
  2. Desain dan navigasi yang mudah dan ramah
    Salah satu kekurangan yang sering ditemui dari sebuah website toko online yakni masalah sulitnya navigasi. Navigasi dan juga desain yang tidak tepat tak hanya membuat calon pembeli undur diri, namun juga mampu menurunkan peringkat di Google.
    Adapun navigasi dan desain tak harus mewah, yang terpenting mudah dioperasikan. Gunakan struktur menu yang tertata dengan beberapa opsi navigasi yang sederhana agar memudahkan pembeli menjelajah ke laman yang lain.
    Selain itu gunakan gambar seminimal mungkin karena semakin banyak gambar maka akan berdampak pada load situs Anda. Jangan sampai karena menunggu load yang lama, calon pembeli lantas tak sabar dan meninggalkan web Anda. 
  3. Hindari membuat URL yang rumit dan berantakan
    URL merupakan alamat agar pengunjung bisa mengakses halaman toko online Anda. Dalam standar SEO, URL yang baik yakni yang jelas dan berisikan kata kunci yang relevan dengan hasil.
    Misal:
    URL yang harus dihindari: http://www.websitecontoh.com/cat?=322/product?=23548/main.html, sebaiknya tulis dengan jelas seperti http://www.websitecontoh.com/tas/tas-slempang-wanita/.
    Dengan penulisan yang jelas maka mesin pencari akan mudah dalam pengumpulan informasi, dan calon pembeli bisa dengan mudah tahu kemana URL tersebut akan mengarah.
  4. Aktifkan fitur ulasan pelanggan
    Ulasan atau review mampu meningkatkan nilai dari produk Anda. Bahkan sekitar 90% orang konsumen cenderung memilih produk yang telah memiliki ulasan. Nah, yang menarik, mengaktifkan ulasan ternyata juga mampu membantu optimasi SEO toko online. 
  5. Hindari konten duplikat
    Jika mungkin Anda berperan sebagai agen atau reseller sebuah produk, maka bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan deskripsi produk dari produsen. Nah, informasi tentang produk ini jelas saja sangat berperan penting agar calon pembeli bisa dengan mudah tahu apa detail dari produk Anda. Namun, seperti yang kita ketahui jika Google kurang bisa mentolerir duplikasi, jadi lebih baik rewrite ulang deskripsi produk yang diberikan oleh produsen.
    Memang duplikasi untuk rincian produk seperti ini tidak akan membuat siapapun merugi. Namun, karena algoritma Google yang berubah-ubah, ada baiknya jika Anda mengantisipasinya.
    Memang cukup memakan waktu, namun apa yang Anda lakukan ini tentu sangat memberi dampak, khususnya ketika Anda memiliki banyak pesaing. 
  6. Konten yang unik
    Salah satu kekurangan dari website toko online yakni sedikitnya bahan pembicaraan sehingga penempatan kata kunci lumayan cukup sulit jika dibandingkan dengan blog. Oleh karena itu, ada baiknya jika website toko online Anda juga dilengkapi dengan fitur blog yang berbicara sesuai dengan niche jualan Anda.
    Semakin banyak konten, maka peringkat Anda juga akan naik. Namun pastikan untuk memperhatikan isian konten Anda. Pastikan untuk membuat konten yang unik dan tanpa duplikasi. 
  7. Optimasi gambar
    Salah satu tips SEO yang penting untuk website toko online yakni dengan mengoptimalkan SEO gambar. Untuk optimalisasi ini intinya sama dengan optimalisasi teks yakni tidak duplikasi, unik dan berisikan produk yang sesuai dengan deskripsi.
    Namun yang membedakan yakni pengisian ALT teks. Adanya ALT teks akan membantu mesin pencari untuk mendapatkan kata kunci di situs Anda. 
  8. Menulis untuk manusia bukan untuk mesin
    Salah satu tips SEO terakhir yakni tulislah dengan cantik dan unik agar bisa dipahami oleh pembaca. Memang salah satu tujuan dari konten yakni untuk meningkatkan peringkat website toko online di mesin pencari. Namun bukan artinya Anda lalu mengabaikan sisi tulisan yang baik untuk pembaca.
    Logikanya, jika Anda membuat tulisan yang unik dan mudah dipahami serta sarat informasi, maka kemungkinan pembaca untuk kembali lagi ke laman website Anda cukup besar. Nah, semakin sering kembali, maka peringkat website Anda pun akan meningkat. Dan peluang mendapatkan calon pembeli yang potensial pun bisa Anda dapatkan. 

Bagaimana cara memulai SEO pada toko online?

Jika diatas sudah kita jelaskan secara singkat terkait tips SEO untuk para pemilik toko online, maka bagi Anda yang baru atau pemula dalam berurusan dengan SEO website, maka perlu mengetahui bagaimana cara memulai SEO pada toko online milik Anda.  Berikut beberapa ulasannya:

  1. Gunakan domain berisi keyword
    Salah satu cara terbaik untuk lekas berada di halaman pertama Google yakni dengan membuat website dengan nama domain yang berisikan kata kunci. Tak hanya disukai Google, cara ini juga memudahkan pengunjung untuk menemukan website Anda. 
  2. Optimalkan konten blog
    Mengoptimalkan blog toko online akan sangat membantu menaikkan traffic website toko online Anda. Namun pastikan jika isian blog merupakan konten original dengan update yang konsisten. Konten blog ini tak hanya ditujukan untuk menarik pencari dengan isian keyword target dalam artikel, namun juga bisa digunakan sebagai tambahan internal link yang merujuk halaman lain.
    Dua hal tersebut penting , kenapa? Karena tujuannya agar Google tahu jika website Anda adalah website yang aktif dan dinamis. Jadi dengan hal ini maka traffic pun bisa cepat meningkat
  3. Gunakan ALT-Text untuk foto produk
    Search engine seperti Google tidak mampu membaca foto, karena itu agar SEO bisa optimal serta bisa diindex oleh Google maka isilah alt-text dengan deskripsi yang mengandung kata kunci.
    Biasakan untuk menulis deskripsi ini tanpa copy paste. Jadi rewrite kembali seperti menulis konten pada umumnya karena ini jauh lebih disukai oleh Google.
  4. Berikan Meta Deskripsi
    Jika website toko online Anda dilengkapi dengan meta per halamannya, maka pastikan untuk menuliskan meta yang berbeda dan unik di setiap halamannya. Tujuannya agar nantinya para pencari bisa lekas mengklik link ketika ketika muncul di laman Google. 
  5. Perbanyak Internal Link
    Internal link tak hanya menjadi semacam suggestion bagi pembaca, namun juga mampu menjadikan website Anda berada di halaman pertama Google. Anda bisa menempatkan internal link pada beberapa tempat seperti deskripsi produk, home page, dan konten blog. Google sangat suka dengan internal link ini. Selain itu visitor juga kian mudah menemukan barang suggestion yang mungkin mereka suka.
  6. Perbanyak backlink
    Backlink bisa didapat dari cara interaksi di forum. Atau bisa juga dengan berkomentar di blog orang lain yang memiliki niche yang sama. Tak hanya internal link, backlink juga sangat berpengaruh dalam dunia SEO, khususnya toko online. 
  7. Jangan gunakan konten duplikasi
    Ketika berurusan dengan Google, maka sebisa mungkin hindari segala bentuk plagiasi. Peraturan ini berlaku untuk semua teks yang ada pada toko online baik itu deskripsi produk, meta, alt-text dan juga konten blog. Google pada intinya tidak suka dengan situs yang berisi duplikat. Semakin banyak isian yang mengandung duplikasi, maka kemungkinan untuk naik juga sulit. 
  8. Pastikan Website Mobile friendly
    Sekarang pengguna smartphone sangatlah banyak. Bahkan bisa dikatakan jika sebagian besar pengakses internet menggunakan smartphone sebagai medianya. Oleh karena itu pastikan jika website Anda telah mobile friendly. Jika Anda belum yakin maka Anda bisa menggunakan tool milik Google untuk menguji apakah website Anda sudah mobile friendly atau belum. Anda bisa klik tautan ini untuk pengecekannya, https://search.google.com/search-console/mobile-friendly.
  9. Memiliki SSL
    Sertifikat SSL ini merupakan pengamanan agar informasi pribadi dari customer terlindungi. Utamanya ketika para customer ini melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit
  10. Promosikan ke media sosial
    Sosial media menjadi sarana terbaik dalam menjangkau banyak orang. Oleh karena itu pastikan untuk mempromosikan website Anda ke berbagai laman media sosial Anda. Bisa Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, dan lain sebagainya. 
  11. Gunakan jasa professional SEO
    Jika dirasa kesulitan atau mungkin Anda tidak memiliki waktu lebih untuk optimalisasi SEO website, maka Anda bisa menggunakan jasa konsultan SEO atau jasa agency SEO. Keduanya akan membantu Anda dalam urusan SEO website toko online milik Anda.
    Namun sebelumnya pastikan jika jasa yang Anda pilih adalah jasa yang terpercaya. Anda bisa melihat dan menilai hal ini dari review/ulasan pembeli, atau bisa juga dari bagaimana cara mereka melayani Anda. 

Itulah beberapa ulasan terkait dengan tips SEO bagi para pemilik toko online. Selain beberapa tips diatas, jangan lupa untuk selalu rutin update konten blog Anda agar Google selalu tahu jika website Anda aktif dan dinamis. 

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published.

*

SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA UNTUK WORKSHOP SEO. KUOTA TERBATAS

DAFTAR SEKARANG
Open chat
1
Halo!
Ada yang bisa kami bantu?