Belajar SEO Pemula

Belajar SEO Pemula
August 10, 2020 SEO Indonesia
Algoritma Google

Mengenal Dan Belajar SEO

Terjun ke dunia pembuatan konten melalui situs maupun blog punya tantangan tersendiri. Ada banyak hal yang perlu dipahami terlebih dahulu, salah satunya adalah mengenai SEO. Penting sekali untuk belajar SEO agar situs Anda bisa sukses dikunjungi banyak orang. Berikut penjelasan singkat mengenai SEO bagi pemula.

Apa Itu SEO?

Mari kita mulai dengan memahami apa itu SEO terlebih dahulu. SEO itu sendiri merupakan kependekan dari Search Engine Optimization. SEO bisa diartikan sebagai sebuah cara atau metode untuk mengoptimasi situs agar bisa mendapatkan peringkat teratas pada hasil pencarian search engine.

Jika Anda menerapkan SEO dalam pengelolaan situs, maka situs Anda bisa tampil di bagian teratas hasil pencarian. Hal ini akan meningkatkan potensi traffic di situs Anda. Jumlah traffic akan meningkat baik secara kuantitas maupun kualitas. 

Apa maksudnya jumlah traffic meningkat secara kualitas? Artinya traffic yang diterima oleh situs sesuai dengan tujuan utama dari pembuatan situs Anda. Hal ini tidaklah mudah untuk diraih. Anda harus bisa memahami SEO dengan benar agar traffic situs bisa meningkat pesat.

Bagaimana SEO Bekerja?

Perlu diketahui bahwa search engine, dalam hal ini Google yang menguasai pasar search engine, terus meningkatkan kualitas. Kualitas tersebut ditingkatkan dengan adanya pembaruan algoritma secara berkala. Hasil pencarian jadi lebih relevan dan konten sampah akan didepak begitu saja. 

Optimasi SEO harus disesuaikan dengan perubahan algoritma yang terus terjadi. Agar Anda lebih mudah memahami bagaimana prinsip SEO ini bekerja, maka Anda perlu memahami indikator apa saja yang terlibat dalam SEO. Berikut adalah 8 indikator tersebut.

1. Struktur URL

Mesin pencari akan lebih mudah mengenali situs Anda serta topik yang diusung melalui struktur URL. Sangat disarankan untuk membuat struktur URL yang sederhana saja agar memudahkan mesin pencari. Sebagai contoh, buatlah struktur URL yang hanya mengandung nama domain dan judul konten atau artikelnya.

Sama seperti manusia yang lebih mudah memahami suatu hal yang sederhana, begitu juga mesin pencari. Konten yang Anda hasilkan akan lebih mudah dikenali karena URL-nya tidak sulit untuk dipahami.

2. Pemakaian SSL/TLS

Mesin pencari Google telah mengutamakan situs-situs yang memakai SSL/TLS. Hal ini telah berlaku sejak tahun 2014 lalu. Situs-situs dengan SSL/TLS memiliki jaminan keamanan data pengguna yang lebih baik karena ada enkripsi transfer data yang terjadi di situs tersebut.

Situs tanpa SSL/TLS dianggap tidak aman oleh mesin pencari Google. Oleh karena itu, coba perhatikan apakah situs Anda telah mengaktifkan SSL/TLS atau belum. Jika belum, segera aktifkan untuk mendapatkan prioritas dari mesin pencari.

Apa tandanya sebuah situs telah menggunakan SSL/TLS? Salah satu tanda yang paling mudah dilihat adalah dari alamat situs di browser. Situs yang sudah memakai SSL/TLS akan diawali dengan HTTPS. Sementara itu situs yang belum memiliki SSL/TLS akan diawali dengan HTTP.

3. Tema Konten

Penting sekali untuk memperhatikan tema atau topik yang diusung oleh situs Anda. Silakan tetapkan satu topik utama untuk situs yang akan Anda kembangkan. Setelah itu buat konten-konten dengan topik yang masih berhubungan dengan topik utama tersebut.

Jika topik semua konten saling berhubungan maka semakin besar peluang situs Anda untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian. Hal ini terjadi karena search engine Google akan lebih mudah mengenali situs Anda. Jadi, silakan konsisten memilih tema untuk situs yang Anda kelola.

4. Search Intent

Apa yang dimaksud dengan search intent? Search intent merupakan sebuah maksud pencarian. Satu kata kunci bisa saja memiliki maksud pencarian yang berbeda. Mesin pencari Google biasanya akan menampilkan hasil pencarian dari kata kunci yang paling banyak diinginkan oleh para pengguna.

Misalnya untuk kata kunci bola. Hasil yang muncul sebagian besar adalah berita bola. Hal ini disebabkan sebagian besar orang memasukkan kata kunci tersebut untuk mendapatkan berita bola bukan bola yang sesungguhnya. Sebaiknya Anda menyesuaikan konten dengan search intent di mesin pencari.

6. Struktur Konten

Pengguna tentu akan lebih senang jika membaca konten yang memiliki struktur rapi. Semakin rapi struktur konten maka akan semakin mudah bagi pembaca untuk memahami informasi yang disajikan. Itulah mengapa penting sekali bagi Anda untuk memperhatikan struktur konten dengan sebaik mungkin.

Membuat struktur konten yang baik sangatlah mudah. Anda cukup menggunakan heading dan subheading pada penulisan konten. Selain itu, Anda juga bisa memberikan gambar, video, atau ilustrasi dalam bentuk apapun untuk membantu pembaca memahami konten yang Anda sajikan.

7. Meta Tags

Indikator SEO berikutnya yang harus Anda pahami adalah meta tags. Meta tags itu sendiri terdiri dari dua poin yaitu title tag dan meta description. Keduanya bertugas membantu mesin pencari Google untuk memahami isi konten di sebuah halaman situs yang Anda miliki. 

Title tag merupakan judul artikel yang akan muncul di hasil pencarian. Pastikan untuk membuat title tag yang singkat, padat, dan jelas. Jika title tag terlalu panjang maka pihak Google akan memotongnya sesuai dengan standar yang berlaku.

Sementara itu meta description merupakan teks yang akan merangkum konten di hasil pencarian. Teks meta description ini bisa Anda temukan di bagian bawah judul dan URL. Biasanya meta description terdiri dari 120 sampai 130 karakter saja.

8. Backlink

Salah satu faktor utama SEO yang harus Anda pahami dengan baik adalah backlink. Semakin banyak backlink yang mengarah ke situs Anda maka akan semakin baik. Mesin pencari akan menganggap situs Anda memiliki kredibilitas yang tinggi. Namun backlink juga harus berasal dari situs yang kredibel dan berkualitas.

9. Kecepatan Website

Indikator terakhir yang tak kalah penting adalah kecepatan loading website. Jika waktu loading website cepat, maka sangat besar kemungkinan situs Anda mendapatkan rating yang tinggi. Oleh karena itu pastikan kualitas kecepatan loading website entah saat diakses di desktop maupun secara mobile.

Bagaimana Cara Belajar SEO yang Benar

Apakah Anda semakin yakin untuk mempelajari SEO? Meskipun Anda masih pemula, Anda bisa menguasai SEO dalam waktu cepat. Berikut adalah beberapa tips mempelajari SEO bagi pemula.

1. Memahami Konsep

Hal pertama yang sangat penting untuk dilakukan oleh pemula saat akan belajar SEO adalah memahami konsep. Pastikan Anda sudah tahu dasar-dasar dari SEO itu sendiri. Pelajari apa itu pengertian SEO serta apa saja indikatornya seperti yang sudah dibahas sebelumnya. 

Cari tahu apa saja istilah yang sering digunakan dalam dunia SEO. Kuasai dulu hal-hal dasar semacam ini sehingga ke depannya akan lebih mudah bagi Anda untuk memahami SEO. 

2. Seimbangkan Praktik dan Belajar

Tahukah Anda bahwa belajar SEO itu tidak cukup hanya dengan mempelajari teori saja. Tidak ada gunanya mempelajari semua teori SEO tanpa mempraktikkannya. Penting sekali untuk mencoba penerapan SEO pada situs dan konten yang Anda kelola.

Semakin banyak Anda berlatih maka akan semakin mahir kemampuan Anda dalam dunia SEO. Jangan ragu untuk mencoba karena lewat praktik-praktik tersebut Anda bisa mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran mengenai SEO.

3. Cari Narasumber

Tidak perlu ragu mencari narasumber yang sudah ahli di bidang SEO. Memang benar bahwa tidak mudah untuk memahami SEO. Oleh karena itu Anda akan sangat membutuhkan bantuan dari orang yang sudah ahli. Mereka pasti bisa memberikan ilmu dan pemahaman yang mudah bagi pemula.

Jangan ragu untuk bertanya secara langsung. Biasanya membaca teori SEO saja tidak akan cukup dan akan lebih mudah jika belajar langsung dari orang lain. Terapkan ilmu-ilmu yang Anda dapatkan dari narasumber mengenai SEO. 

4. Pilih Teknik yang Tepat

Ada banyak teknik SEO yang bisa Anda pelajari dan terapkan. Coba pilih teknik SEO yang menurut Anda paling mudah untuk dikuasai. Akan jauh lebih baik jika Anda fokus pada satu jenis SEO terlebih dahulu. Jangan mudah berpindah teknik karena bisa menghabiskan lebih banyak waktu dan menyulitkan diri Anda sendiri.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin mempelajari SEO. Jika dimulai dengan kemauan yang kuat pasti Anda tidak akan kesulitan menguasai bidang ini. Setelah menguasai SEO, tentu akan sangat mudah bagi Anda untuk mengelola situs dan konten di mesin pencari Google.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA UNTUK WORKSHOP SEO. KUOTA TERBATAS

DAFTAR SEKARANG
Open chat
1
Halo!
Ada yang bisa kami bantu?