Jenis SEO yang Jarang Disorot tapi Menguntungkan: Local SEO

Jenis SEO yang Jarang Disorot tapi Menguntungkan: Local SEO
September 18, 2023 Tommy Fabianus
jenis SEO yang jarang disorot tapi menguntungkan Local SEO

Jika Anda ingin meningkatkan peringkat di mesin pencarian, maka salah satu hal yang penting untuk diperhatikan yaitu SEO atau Search Engine Optimization. Ada berbagai jenis SEO yang bisa digunakan untuk strategi peningkatan traffic, salah satunya local SEO.

Jenis SEO yang satu ini terbilang cukup jarang disorot, tetapi ternyata dapat menghasilkan berbagai keuntungan jika diterapkan dengan baik dan konsisten. Simak artikel ini hingga tuntas untuk lebih mengenal tentang SEO lokal ini!

Apa itu Local SEO?

Pada era digital ini, internet sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari banyak orang. Jika memiliki pertanyaan atau ada hal yang sedang ingin dicari, maka tidak jarang orang yang langsung masuk ke mesin pencarian, misalnya Google.

Ketika membukanya, maka orang akan cenderung membuka website yang berada di bagian atas karena lebih mudah dan cepat. Inilah alasan penting mengapa banyak pemilik atau pengelola website yang menggunakan strategi SEO yang fungsinya secara umum yaitu untuk meningkatkan peringkat di mesin pencarian.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada berbagai jenis SEO, salah satunya yaitu SEO lokal. Jenis SEO yang satu ini, menggunakan strategi optimasi untuk pencarian dalam skala lokal atau pada area tertentu.

Mengapa Local SEO Penting?

mengapa local SEO penting?

Seperti fungsi SEO secara umum, maka SEO jenis ini juga berfungsi untuk meningkatkan peringkat suatu website di mesin pencarian. 

Dengan peringkat yang tinggi, maka website akan cenderung lebih banyak dibuka oleh banyak orang. Selanjutnya, traffic organik pengunjung pun dapat meningkat.

Jika bicara soal SEO lokal, maka ini merupakan strategi yang sangat baik jika Anda menjalankan bisnis. Ketika ada orang yang ingin mencari informasi tertentu di sekitar mereka, maka website Anda dapat menjadi sumber informasinya. Dampaknya, Anda dapat menarik lebih banyak konsumen.

Misalnya, ketika Anda sedang mencari rekomendasi tempat makan yang terdekat, maka Anda bisa mencarinya melalui mesin pencari. Jika Anda memiliki restoran dan bisa membuat informasinya berada di bagian atas mesin pencarian, maka semakin besar kemungkinan untuk dilihat banyak orang.

Cara Kerja Local SEO

Jika bicara soal cara kerjanya, maka secara umum cukup mudah untuk dipahami. Pada dasarnya, jenis SEO yang satu ini memiliki tujuan utama untuk mengatakan bahwa bisnis Anda berada di sebuah area. Selanjutnya, Anda ingin mendapatkan lebih banyak pelanggan lokal dari daerah tersebut.

Untuk dapat mengoptimalkan teknik SEO ini, maka Anda perlu memiliki sebuah alamat lengkap yang jelas dan tepat di sebuah kota atau wilayah.

Dengan begitu, selanjutnya Anda dapat membuat landing page secara lokal. Inilah yang membuat orang-orang di sekitar sana dapat lebih mudah untuk menemukan toko atau lokasi bisnis Anda, dengan bantuan widget store location atau plugin di website.

Cara yang penting selanjutnya untuk menerapkan local SEO, yaitu dengan mengikuti berbagai pedoman yang diberikan oleh Webmaster Google, lalu memberikan berbagai pengalaman bagus melalui website bisnis Anda.

Baca Juga: Konsultan SEO

Google juga telah membuat pedoman lengkap yang diberikan secara terpisah untuk penerapan SEO ini. Hal tersebut dapat membuat Anda lebih mudah untuk optimalkan visibilitas bisnis.

Optimasi Local SEO

data pada laptop

Setelah mengetahui penjelasan dan cara kerjanya, maka kini saatnya masuk ke pembahasan tentang strategi optimasi. Ada berbagai hal yang sebaiknya Anda perhatikan jika ingin peringkat website meningkat, berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya.

  • Lengkapi Profile Google My Business

Hal pertama yang penting dilakukan ketika akan mengoptimasi SEO secara lokal yaitu dengan mendaftarkan bisnis  di Google Bisnisku atau Google My Business. 

Selanjutnya, Anda juga perlu melengkapi berbagai data yang diperlukan sebagai profil. Informasi tentang bisnis Anda akan lebih mudah untuk ditemukan pada mesin pencarian lokal jika memuat informasi berikut ini:

  1. Lokasi atau alamat
  2. Nomor telepon aktif
  3. Kategori bisnis
  4. Atribut atau hal apa saja yang ditawarkan dari bisnis Anda
  5. Jam operasional
  6. Berbagai foto yang terkait, misalnya foto lokasi atau produk

Informasi dari bisnis Anda, dapat membantu website supaya semakin mudah untuk mencapai peringkat tinggi di mesin pencarian lokal. Anda dapat menggunakan Google My Business secara gratis, sehingga dapat memudahkan dalam promosi.

Selanjutnya, Anda juga dapat melakukan optimalisasi profil bisnis dengan berbagai konten menarik yang diperbarui secara rutin. Dengan begitu, orang-orang dapat lebih tertarik untuk mengunjunginya.

  • Riset Keyword

Jika akan menerapkan strategi SEO, termasuk local SEO, maka penggunaan kata kunci atau keyword merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Inilah faktor penting yang dapat menentukan peringkat sebuah website dan konten di mesin pencarian.

Kata kunci merupakan hal yang dituliskan pada mesin pencarian, termasuk ketika sedang mencari suatu tempat atau produk tertentu.

Untuk bisa mendapatkan kata kunci yang banyak dipakai di suatu wilayah, maka Anda perlu  melakukan riset keyword. Dalam hal ini, ada berbagai jenis fitur yang bisa dimanfaatkan, misalnya Google Trends.

Fitur tersebut akan menampilkan berbagai alur tren dari sebuah kata kunci yang dituliskan. Selain itu, Anda juga dapat melihat dan mempelajari kata kunci lain yang terkait.

Anda dapat memilih rentang waktu yang diinginkan untuk melakukan riset tersebut. Misalnya, Anda ingin melihat pencarian dalam jangka waktu satu tahun, satu bulan, atau bahkan satu jam yang lalu.

Hal ini juga bisa menjadi referensi jika Anda ingin membuka cabang di wilayah atau kota lain karena pencarian lokalnya bisa jadi memiliki tren yang berbeda.

Anda dapat melakukan sinkronisasi antara kata kunci yang banyak digunakan dengan berbagai produk yang ditawarkan. 

Dengan begitu, produk tersebut akan lebih mudah ditemukan bagi konsumen yang membutuhkan. Jangkauan konsumen pun dapat menjadi semakin luas dan menguntungkan untuk bisnis Anda.

  • Lakukan On-page SEO

Sama seperti SEO pada umumnya, jika Anda ingin melakukan optimasi local SEO, maka menjadi penting untuk melakukan on-page SEO. 

Fungsi utamanya yaitu untuk memudahkan mesin pencari untuk membaca dan memahami apa saja yang ada di dalam website Anda.

Semakin mudah untuk dipahami, maka konten dan website Anda dapat lebih mudah untuk berada di peringkat atas pencarian, termasuk dalam pencarian lokal. 

Maka dari itu, sebaiknya Anda memasukkan kata kunci atau keyword dan meta tag, misalnya heading, judul, meta description, serta URL.

  • Lakukan Link-building

Hal selanjutnya yang sebaiknya diperhatikan yaitu tentang link-building. Sebaiknya usahakan supaya website bisnis Anda mendapatkan sebanyak mungkin backlink. Maka dari itu, menjadi penting untuk melakukan link-building supaya peringkat dari website dan profil bisnis dapat semakin tinggi.

Karena mengincar peringkat di pencarian lokal, maka jika domain yang menautkan link sebaiknya relevan atau cocok dengan lokasi dari bisnis Anda. Dalam hal ini, Anda bisa saja melakukan kerjasama dengan berbagai website atau portal berita lokal.

Semakin banyak tautan yang mengarah ke website Anda, atau yang tadi disebut sebagai backlink, maka semakin mudah profil dan website tersebut menempati peringkat yang tinggi.

  • Cantumkan NAP Citations

Strategi penting berikutnya, yaitu sebaiknya Anda mencantumkan NAP Citations yang berarti sekumpulan data dari bisnis yang sedang dijalankan. Format dasar yang perlu ditambahkan yaitu nama, alamat, serta nomor telepon yang saat ini aktif.

Dengan mencantumkan NAP Citations ini, maka dapat membuat bisnis Anda menjadi semakin relevan untuk memasuki pencarian dalam skala lokal. Jika data bisnis Anda semakin sering muncul, itu merupakan pertanda bahwa bisnis kalian telah semakin terkenal.

Anda dapat menambahkan NAP citations melalui berbagai platform yang dimiliki, misalnya website, media sosial, serta tentunya Google Bisnisku.

Anda juga bisa memasukkan berbagai informasi ke situs atau platform lain yang relevan, misalnya platform industri yang terkait, website listing, atau berbagai jenis website marketplace yang umum dipakai masyarakat.

Anda dapat memasukkan NAP Citations sebanyak mungkin, supaya bisnis Anda dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen atau pelanggan. Cara ini terbilang cukup efektif untuk memperkenalkan bisnis Anda secara digital.

Namun perlu dipastikan bahwa informasi yang dimasukkan telah konsisten atau sama, misalnya terkait alamat dan kontak yang bisa dihubungi.

Itulah rincian penjelasan tentang SEO lokal yang dapat menjadi salah satu strategi menguntungkan dalam berbagai jenis bisnis. Meski jenis SEO yang satu ini seringkali diabaikan, tetapi ternyata dapat menjadi solusi tepat bagi bisnis Anda.

Setelah membaca dan mengetahui cara optimasi local SEO, sekarang Anda bisa mulai membangun strategi lebih baik untuk bisnis Anda. Berbagai teknik pemasaran digital memang merupakan hal yang penting, jangan sampai Anda melewatkannya! 

Baca Juga: SEO Agency Indonesia

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA UNTUK WORKSHOP SEO. KUOTA TERBATAS

DAFTAR SEKARANG
Open chat
1
Halo!
Ada yang bisa kami bantu?