Seberapa Penting Marketing Campaign bagi Brand? Mari Kita Bahas!

Seberapa Penting Marketing Campaign bagi Brand? Mari Kita Bahas!
November 16, 2023 Ananta Abigail
marketing campaign

Bagi Anda yang sedang berkecimpung di dunia bisnis, mungkin sudah banyak mengikuti berbagai perkembangan bisnis di era modern dan digital ini. Dengan semakin beragamnya platform yang dapat membantu pemasaran, maka strategi marketing pun kian beragam, misalnya dengan menggunakan marketing campaign atau kampanye pemasaran.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan kampanye yang satu ini? Seberapa pentingnya strategi ini untuk dunia bisnis modern? Lalu, bagaimana tahapan untuk menentukan dan memulai langkah kampanye ini?

Baca artikel ini hingga tuntas dan mari lebih mengenal tenang kampanye digital yang bisa diterapkan untuk berbagai jenis bisnis!

Apa Arti dan Tujuan Marketing Campaign?

Bagi Anda yang belum memasuki dunia bisnis digital, mungkin saja masih asing dengan kampanye pemasaran ini. Namun meski tidak familiar dengan dunia bisnis, Anda cukup aktif dalam memainkan media sosial, mungkin Anda sudah pernah melihat seorang artis memasarkan sebuah produk di akun media sosialnya.

Anda bisa lebih mudah menarik perhatian orang, jika memanfaatkan popularitas seorang public figure. Mungkin saja, sejauh ini tanpa sadar Anda juga sudah menggunakan berbagai produk karena dorongan dari faktor ini.

Hal tersebut sebenarnya merupakan salah satu contoh dalam kampanye pemasaran ini, yaitu dengan menarik perhatian calon konsumen melalui artis yang menjadi Brand Ambassador.

Secara sederhana, marketing campaign bisa diartikan sebagai semua aktivitas yang dilakukan dengan berbagai strategi untuk memasarkan atau mempromosikan sesuatu. Ada berbagi hal yang bisa dipromosikan dalam hal ini, mulai dari layanan, produk, brand, bahkan bisnis secara keseluruhan.

Anda dapat melakukannya dengan berbagai cara dan menggunakan berbagai jenis media. Misalnya, dengan menggunakan channel atau media digital seperti media sosial, iklan di luar ruang, serta media konvensional seperti radio dan televisi.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda perlu merencanakan kampanye ini dengan matang. Bisa juga dengan menggunakan berbagai media sekaligus, sehingga penyebaran informasinya dapat lebih luas.

Biasanya, ada berbagai jenis tujuan yang bisa menjadi target dari kampanye ini, misalnya untuk mempromosikan produk atau layanan, mengundang lebih banyak pengunjung, membangun brand, meningkatkan penjualan produk, dan sebagainya.

Maka dari itu, waktu yang tepat untuk melakukannya yaitu ketika ada sebuah tujuan yang akan dicapai.

Anda bahkan bisa memanfaatkannya untuk mengurangi atau meminimalisir adanya berita negatif tentang brand atau produk tertentu. Selain itu, bisa juga untuk mengangkat nilai-nilai tertentu yang ingin dikampanyekan seiring dengan kampanye pemasaran, misalnya jika akan mengangkat nilai sosial atau nilai lingkungan.

Apa Pentingnya Marketing Campaign?

marketing campaign penting

Setelah membaca penjelasan di atas, mungkin Anda sudah mulai terbayang seperti apa yang dimaksud dengan kampanye pemasaran.

Sebenarnya, strategi marketing yang satu ini banyak digunakan dalam bisnis modern karena memang memiliki berbagai manfaat. Berikut adalah alasan pentingnya kampanye marketing, hal ini dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memulai kampanye.

Brand

Manfaat pertama dari kampanye ini yaitu untuk meningkatkan brand awareness. Maksudnya, untuk memperkenalkan sebuah brand supaya lebih dikenal secara luas. Hal ini sangat penting untuk berbagai bisnis yang ingin memperkenalkan brand baru.

Dengan rangkaian kampanye yang dirancang dengan efektif dan efisien, maka Anda bisa menarik perhatian khalayak umum. Dengan begitu, tujuan utama dari kampanye pun dapat lebih mudah tercapai.

Jika brand masih belum dikenal, maka Anda mungkin akan lebih kesulitan untuk mencapai berbagai tujuan bisnis lainnya.

Strategi meningkatkan brand awareness ini tidak hanya penting untuk brand baru, melainkan juga penting untuk brand lama yang ingin mengeluarkan produk barunya.

Baca Juga: Cara Membuat Marketing Objectives yang Tepat

Sales

Setelah brand mulai dikenal, maka selanjutnya Anda bisa meningkatkan penjualan produk, baik berupa barang atau jasa dan layanan.

Dengan berbagai kampanye, Anda juga bisa memberikan berbagai informasi terkait bisnis, brand, atau produk. Misalnya, untuk menginformasikan detail produk, layanan yang ditawarkan, produk baru, diskon, dan penawaran lain yang memikat hati calon konsumen atau pelanggan.

Jika kampanye berjalan sukses, maka khalayak akan semakin yakin untuk menggunakan produk Anda, sehingga penjualan pun meningkat.

Tidak bisa dipungkiri bahwa ini merupakan tujuan penting dari setiap bisnis, maka dari itu sebaiknya Anda perhatikan dengan baik setiap strateginya.

Leads

Ketika seseorang sedang membutuhkan barang atau layanan tertentu, maka dia mungkin akan mencari informasi dan mempertimbangkan berbagai produk. Hal ini sering disebut sebagai leads.

Sebelum benar-benar memilih satu produk, calon pelanggan bisa jadi mempertanyakan banyak hal, sehingga berbagai informasi pun mereka cari.

Dengan melakukan marketing campaign yang tepat, maka produk yang Anda tawarkan akan lebih mudah menarik perhatian mereka. Maka dari itu, kampanye ini dapat berfungsi untuk mempermudah dalam menarik pelanggan baru untuk percaya dan menggunakan produk Anda.

Dalam melakukan kampanye, bisa saja Anda tidak hanya terfokus pada produk, tapi juga membawakan berbagai nilai lain, misalnya nilai sosial atau lingkungan. Jika hal tersebut sesuai dengan target pasar Anda, maka akan lebih mudah untuk menarik perhatian khalayak.

Kesetian Pelanggan

Selain dapat bermanfaat untuk meningkatkan penjualan, kampanye ini juga dapat membuat Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan setia. Maksudnya, pelanggan yang tadinya hanya sekali membeli atau menggunakan layanan, maka bisa saja akan kembali di lain waktu.

Mendapatkan pelanggan setia memang merupakan tantangan tersendiri bagi setiap pelaku bisnis. Salah satu strategi yang bisa dilakukan dalam hal ini yaitu dengan melakukan berbagai kampanye yang tepat.

Maka dari itu, penting untuk merencanakan kampanye yang memiliki dampak jangka panjang, tidak hanya meningkatkan penjualan sesaat.

Jika Anda sudah memiliki banyak pelanggan setia, maka akan lebih mudah untuk tetap mempertahankan nilai penjualan, atau bahkan bisa lebih meningkatkannya.

Tahapan untuk Menentukan Marketing Campaign

tahapan marketing campign

Dalam melakukan kampanye, ada berbagai hal yang perlu dilakukan dan dipertimbangkan. Hal ini menjadi penting supaya Anda bisa mencapai tujuan kampanye dengan maksimal.

Berikut adalah tahap-tahap yang bisa Anda lakukan dalam menentukan dan melakukan kampanye pemasaran. Pastikan Anda paham betul setiap langkah di bawah ini, sehingga kampanye akan berjalan dengan efektif dan efisien.

Tentukan Tujuan

Langkah awal yang penting sebelum memulai kampanye adalah menentukan tujuan yang ingin dicapai. Dalam setiap strategi bisnis, tentunya ada target tertentu yang diharapkan dari pelaku bisnis, hal ini menjadi penting untuk menyusun langkah selanjutnya.

Seperti yang sudah sempat dibahas sebelumnya, ada berbagai hal yang bisa menjadi tujuan dari kampanye ini. Misalnya mempromosikan produk, meningkatkan penjualan produk, mengundang lebih banyak pengunjung, membangun brand, meminimalisir kabar buruk, dan sebagainya.

Tentukan dulu apa tujuan Anda, serta seberapa jauh tujuan ini akan dicapai. Misalnya, Anda memiliki tujuan untuk meningkatkan penjualan hingga angka 40%. Maka, langkah selanjutnya akan dirancang demi mencapai peningkatan penjualan tersebut.

Baca Juga: 8 Marketing Objectives yang Perlu Anda Tahu!

Tentukan Target Pasar

Setelah tujuan tercapai, maka selanjutnya penting juga untuk menentukan target pasar dari kampanye ini. Misalnya, jika tadi Anda memiliki tujuan untuk meningkatkan penjualan, siapa yang Anda harapkan untuk membeli atau menggunakan produk Anda?

Hal ini menjadi penting supaya Anda dapat menyusun model dan gaya kampanye yang sesuai dengan target. Misalnya, jika targetnya adalah anak muda, maka ada berbagai hal yang nantinya bisa disesuaikan dengan apa yang sedang trend di mata anak muda.

Tentukan Budget

Dalam setiap strategi marketing, Anda perlu menentukan budget sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Hal ini juga penting ditentukan sebelum memulai kampanye.

Tentukan Anda memiliki budget seberapa banyak, sehingga langkah-langkah kampanye selanjutnya dapat disesuaikan dengan budget tersebut. Pastikan budget ini telah ditentukan dengan berbagai pertimbangan, jangan sampai mengganggu urusan lainnya di dalam bisnis.

Riset Kompetitor

riset kompetitor

Setelah ketiga hal di atas telah ditentukan, maka penting bagi Anda untuk melakukan riset. Ada berbagai hal yang perlu dicari tahu, terlebih tentang kompetitor yang menjalankan bisnis serupa atau menawarkan produk serupa.

Cari tahu berbagai hal tentang mereka, mulai dari produk yang ditawarkan hingga kampanye yang dilakukan untuk mendukung pemasaran mereka.

Dengan mengetahui banyak informasi tentang kompetitor, maka Anda akan cenderung lebih matang untuk menyusun strategi kampanye yang tepat. Anda juga dapat lebih siap untuk bersaing dengan mereka dalam memasarkan produk.

Memilih Platform Pemasaran yang Tepat

Seperti yang sempat dibahas di bagian awal, marketing campaign ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai platform, mulai dari media digital, media konvensional, iklan luar ruang, dan sebagainya.

Anda dapat memilih jenis platform yang paling tepat untuk kampanye ini, tentunya dapat disesuaikan dengan tujuan, target pasar, dan budget.

Misalnya, jika targetnya adalah anak muda, maka Anda bisa memanfaatkan media sosial. Pilihlah satu atau beberapa platform yang paling sesuai dengan produk dan target.

Pelajari bagaimana cara menggunakan dan mengoptimalkan media sosial tersebut, terlebih untuk tujuan pemasaran. Anda juga bisa melakukan berbagai kerjasama yang diperlukan, jika kondisinya memungkinkan.

Membuat Promosi sesuai Niche

Setelah menentukan media atau platform-nya, maka selanjutnya Anda perlu membuat bahan promosi yang sesuai.

Buatlah bahan promosi dengan mempertimbangkan seluruh aspek yang sudah dibahas pada tahap sebelumnya. Pastikan bahwa bahan tersebut telah sesuai dengan tujuan awal dari kampanye ini.

Anda juga bisa menggunakan berbagai jasa konten atau jasa marketing dalam hal ini, jika sumber daya manusia di perusahaan Anda masih kurang mumpuni. Optimalkan berbagai strategi kampanye dalam membuat bahan promosi, sehingga hasilnya pun dapat lebih optimal.

Bahan promosi juga tentunya perlu disesuaikan dengan ciri khas dari platform yang akan digunakan untuk kampanye.

Melakukan Evaluasi dan Optimasi secara Berkala

Setelah aktivitas kampanye berlangsung, atau ketika sedang berlangsung, penting untuk melakukan evaluasi terhadap apa yang sudah dilakukan. Dengan adanya evaluasi ini, Anda dapat menilai apa yang kurang dari kampanye tersebut.

Setelah mengetahui bagian apa saja yang kurang dan perlu diperbaiki, maka selanjutnya Anda bisa melakukan optimasi supaya ke depannya dapat lebih maksimal.

Jika Anda bisa melakukan evaluasi dan optimasi ini seiring berjalannya kampanye, maka akan lebih baik lagi. Hal ini dapat dilakukan jika kampanye tersebut memiliki beberapa rangkaian acara, terlebih jika dilakukan dalam jangka waktu yang panjang.

Itulah berbagai penjelasan tentang marketing campaign yang sebaiknya Anda ketahui, mulai dari arti dan tujuan, manfaat dan alasan pentingnya, serta tahapan untuk menentukan dan memulai kampanye ini.

Informasi ini tentunya penting bagi setiap pebisnis yang ingin mengembangkan sayapnya lebih luas lagi. Seiring berkembangnya teknologi, dunia bisnis pun turut berkembang dan manfaatnya berbagai platform yang strategis, termasuk media sosial.

Anda juga sebaiknya tidak kalah dalam hal ini, pastikan bahwa bisnis Anda tetap mengikuti perkembangan zaman. Lakukan berbagai marketing campaign dan mari menarik lebih banyak pelanggan setia!

 

Referensi

https://business.adobe.com/blog/basics/digital-marketing-campaign-examples#:~:text=A%20digital%20marketing%20campaign%20is%20a%20strategic%20plan%20for%20promoting,conversions%20with%20your%20target%20audience.

https://www.dreambox.id/blog/digital-marketing/digital-marketing-campaign/

https://sasanadigital.com/digital-campaign-adalah/

https://qontak.com/blog/campaign-adalah/

https://danacita.co.id/blog/marketing-campaign-pengertian-hingga-strateginya/#:~:text=Secara%20sederhana%2C%20pengertian%20marketing%20campaign,brand%20hingga%20bisnis%20secara%20keseluruhan 

 

 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA UNTUK WORKSHOP SEO. KUOTA TERBATAS

DAFTAR SEKARANG
Open chat
1
Halo!
Ada yang bisa kami bantu?