Jasa SEO Profesional

Jasa SEO Profesional
Agustus 3, 2022 Tommy Fabianus
visual SEO Ranking Analysis

Jasa SEO Profesional Terbaik di Indonesia

Perlukah pemilik usaha menyewa jasa SEO profesional? Kenali dulu konsep dari Search Engine Optimization. SEO atau optimisasi mesin pencari memang hal yang rumit. Namun demikian, hal ini sangat wajib hukumnya untuk setiap situs web. Mayoritas bisnis, baik berskala kecil atau besar, sering memiliki tim internal untuk penanganan SEO. Tetapi, banyak pelaku bisnis yang ingin hal praktis. Mereka lebih baik menyewa layanan SEO profesional.  

Alasannya?  Anggaran bisnis sering habis hanya untuk mengembangkan situs web yang bagus. Banyak pengelola SEO di sebuah perusahaan yang hanya fokus mendandani tampilan luar. Setelah itu, mereka menganggap bahwa desain bagus sudah cukup untuk dapat menarik pelanggan. Padahal web traffic dari mesin pencari harus berkontribusi minimal 60% dari keseluruhan web traffic website tersebut. 

Sebuah situs yang hanya memiliki ratusan web traffic pastinya tidak akan terdeteksi Google dan mesin pencari lainnya. Tidak ada kata lain selain mengoptimasi SEO demi visibilitas brand serta kenaikan tingkat konversi.

10 Alasan Pemilik Usaha Menggunakan Jasa Profesional untuk Optimasi Search Engine Optimization

Dengan begitu banyaknya perusahaan SEO, bagaimana seorang pemilik usaha menemukan agensi kredibel? Prospek didapat apabila sebuah situs memiliki web traffic bagus dengan poin konversi yang tak kalah bagus. Pemilik usaha pun tak perlu susah payah belajar SEO. Mereka dapat menyerahkannya kepada jasa SEO profesional. Pemilik usaha hanya perlu mengetahui bagaimana kredibilitas dari jasa SEO tersebut. 

Jadi apa saja alasan pengusaha untuk menyewa jasa profesional?  

  1. Harga Pantas, Bukan Terlalu Mahal dan Kelewat Murah

    Reputasi memang berharga mahal. Namun, bukan berarti bahwa semua jasa profesional menawarkan harga yang tidak terjangkau oleh kantong.  Jasa SEO biasanya menawarkan harga yang kompetitif dengan varian layanan yang disesuaikan dengan kantong pengusaha.  Dengan demikian, pemilik usaha dapat membandingkan beberapa penyedia jasa SEO untuk menyesuaikannya dengan anggaran yang mereka miliki. 

  2. Jasa Profesional Paham dengan Seluk Beluk Audit SEO

    Terlepas dari metode pencarian jasa SEO profesional, baik dari Google ataupun referensi, pemilik usaha harus melakukan langkah ini. Pasalnya, hal ini merupakan cara terbaik untuk menilai apa yang dapat ditawarkan jasa tersebut. Selain itu, audit SEO menjadi pembuktian apakah jasa SEO dapat memahami kebutuhan klien sesuai industri.  Memang terkadang penyedia jasa SEO tidak memberikan audit sepenuhnya jika belum ada kesepakatan transaksi. Tetapi, paling tidak analisis terbatas yang diberikan kepada klien pastinya lebih dari cukup untuk menilai kemampuan mereka.

  3. Jasa Profesional Menggunakan Perangkat Lunak SEO Berbayar

    Mungkin banyak pemilik usaha berujar bahwa mereka dapat melakukan optimasi sendiri. Memang, saat ini banyak situs menawarkan optimizer gratis. Namun demikian, perangkat ini tidak bekerja maksimal. Perangkat ini tidak dapat melakukan optimasi secara detail sesuai dengan niche perusahaan.  Perangkat lunak berbayar dapat melakukan audit situs ke situs kompetitor.  Disinilah inti dari optimasi SEO. Tanpa mengetahui audit ke situs kompetitor maka tidak mungkin sebuah perusahaan dapat melakukan persaingan dalam hal menaikkan rating sekaligus mengoptimalkan konversi. Perlu diketahui bahwa analisa kompetitor tidak semudah yang dibayangkan. Banyak orang mengira bahwa kompetitor pemilik usaha toko parfum adalah sesama toko parfum. Di dunia digital, pesaing toko parfum tersebut bisa saja Alibaba, Amazon, dan banyak lagi. Faktanya, kompetitor adalah jenis bisnis apa pun yang muncul di halaman pertama hasil pencarian Google untuk kata kunci yang diisi pengguna. Hanya perangkat SEO berbayar yang dapat memberikan petunjuk seperti ini.

  4. Memiliki Tenaga Spesialis

    Sebuah perusahaan SEO harus memiliki tim dengan spesialisasi beragam. Mereka perlu mengklasifikasi jenis optimasi sehingga semua aspek dikerjakan dengan sempurna. Tim tersebut harus memiliki penulis konten, spesialis kata kunci untuk SEO on-page dan teknis, serta spesialis backlink.  Yang terakhir ini adalah yang paling potensial karena tim ini harus mendapatkan link dari situs lain untuk dikaitkan dengan situs tersebut.  Situs dengan backlink akan meningkatkan kredibilitas situs tersebut.

  5. Jasa SEO Profesional Menguasai Bahasa Inggris Secara Menyeluruh

    Siapapun mengerti bahasa Inggris secara umum. Tetapi dalam SEO, kemampuan berbahasa Inggris sangat penting. Terlepas dari bahasa yang digunakan oleh situs tersebut, spesialis SEO diharapkan memahami banyak perintah yang ada dalam software berbayar SEO.  Selain itu, kemampuan berbahasa Inggris juga diperlukan bagi penulis konten, terutama jika situs tersebut harus dimunculkan dengan dua bahasa. 

  6. Garansi Hasil Menjadi Jaminan Jasa Profesional

    Jasa SEO profesional harus dapat menjamin hasil dalam kurun waktu tertentu. Dalam hal ini, hasil dapat dipantau dalam waktu 3, 6 atau 12 bulan. Namun, bukan berarti agen SEO menjamin situs berada langsung di peringkat halaman 1 pencarian. Namun yang perlu ditunjukkan adalah berapa banyak web traffic yang dapat dihasilkan.  Jika jasa profesional SEO tidak memberikan garansi hasil, maka klien berhak tidak menggunakan jasanya.

  7. Memiliki Pengalaman

    Pemilik usaha juga perlu jaminan bahwa jasa SEO yang mereka gunakan memiliki pengalaman.  Penyedia jasa SEO yang sempat menangani situs perusahaan besar pastinya memiliki lebih banyak pengalaman serta layanan SEO berkualitas.   Dengan pengalaman yang banyak, terutama dengan perusahaan besar dari berbagai jenis industri, maka perusahaan layanan SEO profesional dapat memahami semua seluk-beluk industri. Selain itu, mereka dapat memiliki keahlian untuk memastikan bahwa situs tersebut mengalami kenaikan web traffic secara signifikan.

  8. Jasa Profesional = All in One SEO

    Jasa all in one adalah alasan berikutnya mengapa pemilik usaha perlu menggunakan jasa SEO profesional.  Perusahaan jasa SEO harus dapat menunjukkan kepada klien tentang pengetahuan dan pengalaman mereka dalam optimasi SEO.  Selain itu, penyedia jasa harus dapat menjelaskan prosesnya kepada klien sekaligus memberikan contoh pekerjaan mereka. Pemilik usaha hanya perlu membayar sepaket jasa SEO untuk optimasi total. Dengan demikian, justru mereka dapat menghemat anggaran sembari menikmati hasil signifikan.  Memang pemilik usaha terkadang ingin menghemat dengan memaksimalkan SDM mereka sendiri. Tetapi, justru hal ini akan memboroskan anggaran. Pasalnya, SEO bukanlah hal yang pasif. Optimasi mesin pencari selalu berubah, seiring dengan algoritma yang diterapkan. 

  9. Jasa Profesional Pastikan Hasil Relevan

    Penyedia jasa SEO dapat melakukan pengembangan konten sehingga hasilnya relevan.   Pengembangan konten terkait dengan penulisan konten-konten baru untuk situs web sehingga audiens target tidak merasa bosan.  Terlebih, pengunjung baru juga dapat selalu melihat hal-hal baru. Mengembangkan konten baru dapat memberikan peluang tambahan untuk menargetkan kata kunci. Perusahaan SEO harus mempertimbangkan tujuan bisnis klien mereka serta menentukan taktik yang paling sesuai untuk jenis bisnis tersebut .  Hasil yang relevan yang dimaksud disini adalah peringkat situs web lebih tinggi di Search Engine Result Pages secara bertahap sekaligus menarik pengunjung baru. 

  10. Popularitas Cepat Melalui Media Sosial

    Perusahaan jasa SEO dapat memberikan jaminan bahwa sebuah situs tidak hanya naik secara signifikan dalam hal web traffic. Tetapi, mereka pun harus dapat membuat sebuah merek menjadi populer, terutama melalui optimasi media sosial.  Media sosial kini memegang peranan penting dalam optimasi mesin pencari. Pernahkah kita melihat bahwa saat kita sedang ingin mencari informasi tentang barang, jasa ataupun berita terkini maka hasil pertama yang muncul adalah media sosial tentang pencarian tersebut?  Disinilah mengapa popularitas sebuah situs dapat mencuat.  Optimasi media sosial sangat penting dan memiliki keterkaitan erat dengan SEO. Media sosial memang sudah bukan hal yang asing. Siapapun dapat mengunggah konten. Namun, optimasi yang maksimal hanya dapat dilakukan secara fokus serta berbayar.  Memang mengunggah konten tidak dipungut biaya. Tetapi jasa SEO memiliki akses untuk memasang iklan dalam media sosial. Iklan media sosial sangat efektif dalam menjaring target pasar. Dengan berbekal teknologi artificial intelligence, iklan media sosial dapat memunculkan situs-situs pelanggan kepada mereka yang membutuhkan informasi terkait dengan produk atau jasa situs tersebut. 

Apa Yang Perlu Dihindari? 

Begitu banyak jasa SEO saat ini sehingga banyak pemilik situs bingung saat harus memilih. Hal yang harus diperhatikan adalah jangan sampai percaya dengan janji manis. Mayoritas pemilik bisnis tidak akrab dengan teknis optimasi mesin pencari. Padahal mereka harus melakukannya demi popularitas situs mereka. 

Lalu, hal apa saja yang harus dihindari dari agensi SEO yang tidak dapat memberikan layanan maksimal?  Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pemilik usaha harus waspada dengan Black Hat SEO. Agensi ini pasti menggunakan cara curang untuk meningkatkan lalu lintas dalam rentang waktu singkat.  Hal seperti ini memang menggiurkan. 

Namun justru merusak merek klien. Tidak hanya itu, situs web yang mengaplikasikan Black Hat SEO pasti mendapatkan penalti oleh mesin pencari seperti Google. 

Pasalnya, tidak ada web traffic cepat. Jika ada, pastinya ada cara-cara yang tidak akan ‘direstui’ Google.  Bagaimana mekanismenya? Situs web yang menggunakan optimasi Black Hat SEO akan menampilkan konten yang tidak terkait kepada pengguna lalu mengarahkan mereka ke situs web klien mereka. Skema tautan ini dengan pengalihan yang menyesatkan ini memang dapat membawa web site traffic ke situs web.

Kesannya memang situs tersebut akan mendapat banyak kunjungan. Tetapi, pastinya kunjungan tersebut mengalami bounce rate karena pengunjung kecewa dengan link yang tidak sesuai keinginan mereka. Rasio bounce rate tinggi akan menginformasikan kepada Google bahwa situs tersebut bukanlah situs yang berkualitas.  Masalah terberat adalah akan adanya penurunan web traffic organic. Hal ini bukan hanya mengurangi kans naik peringkat. Tetapi, situs tersebut akan sangat sulit untuk dipulihkan. 

Hati-hati jika perusahaan SEO tersebut menawarkan klien peringkat #1 yang dijamin di Google Search . Tentu, hal ini adalah penipuan yang sangat jelas.  Mesin pencari seperti Google menggunakan lebih dari 200 faktor peringkat.  

Tidak ada satupun perusahaan SEO yang memiliki hubungan khusus dengan Google untuk menjamin hasil peringkat pertama dalam waktu singkat. Perlu adanya kinerja secara kontinyu dan signifikan untuk mendapatkan kata kunci di halaman pertama pencarian.  Perusahaan SEO terbaik akan menjamin Anda hasil yang lebih baik, tetapi mereka juga akan transparan tentang cara untuk mencapainya.

Perlunya Perbandingan Teliti 

Dengan demikian, klien harus dapat memilih jasa SEO profesional yang dapat menjanjikan hasil maksimal namun masuk akal. Tentu jasa profesional memberikan lebih banyak keuntungan kepada pemilik situs.  Asal pemilik situs cukup teliti dalam membandingkan fitur yang ditawarkan oleh jasa SEO.

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA UNTUK WORKSHOP SEO. KUOTA TERBATAS

DAFTAR SEKARANG
Open chat
1
Halo!
Ada yang bisa kami bantu?