Pembahasan tentang SEO vs Social Media seringkali kita dengar. Misalnya, di berbagai kalangan bisnis digital yang berusaha untuk memberikan strategi marketing terbaik.
Sebenarnya, mana yang lebih unggul di antara keduanya? Apakah SEO dengan berbagai tekniknya untuk berada di jajaran atas mesin pencarian?
Ataukah media sosial dengan berbagai platform dan fasilitasnya, termasuk kemudahan dalam berinteraksi? Simak penjelasan berikut hingga tuntas dan pastikan strategi Anda sudah maksimal!
Table of Contents
SEO VS Social Media
Jika Anda menjalankan sebuah bisnis dan melakukan strategi marketing digital, maka kedua hal ini mungkin sudah tidak lagi asing. Kedua hal tersebut memang merupakan teknik dan strategi marketing yang luar biasa untuk era digital ini.
SEO atau Search Engine Optimization merupakan teknik untuk melakukan optimasi bagi website Anda, sehingga akan muncul di bagian atas mesin pencarian.
Namun menggunakan media sosial juga merupakan pilihan yang potensial, mengingat banyaknya pengguna media sosial sehingga Anda dapat menjangkau lebih banyak orang.
Keunggulan SEO
Sebelum menyimpulkan mana yang lebih unggul dari SEO vs social media, maka sebaiknya dijelaskan dulu apa saja keunggulan dari keduanya. Berikut merupakan keunggulan dari teknik dan strategi SEO yang sebaiknya Anda ketahui.
- Meningkatkan Traffic Organik
Jika Anda memanfaatkan berbagai strategi dan teknik SEO secara konsisten, maka jumlah traffic organik dari website dapat meningkat. Itu berarti, semakin banyak orang yang mengunjungi website dan konten-konten yang Anda sajikan.
- Meningkatkan Visibilitas Pencarian
Pengguna internet di Indonesia sangat banyak yang mengandalkan mesin pencarian ketika ingin mencari berbagai jenis informasi.
Teknik SEO dapat membuat website Anda berada di jajaran atas dari mesin pencarian, sehingga akan lebih mudah untuk ditemukan dan dikunjungi.
- Menciptakan Dampak Jangka Panjang
Inilah yang menjadi keunggulan dari SEO jika dibandingkan dengan media sosial karena kontennya cenderung lebih tahan lama.
Berbagai jenis konten media sosial yang mengandalkan keviralan, dapat cepat turun popularitasnya ketika tren sudah mulai berubah. Padahal, perubahan tren di media sosial cenderung sangat cepat.
Baca Juga: Jasa Digital Marketing
Keunggulan Social Media
Jika bicara soal sosial media, maka Anda pasti terbayang berbagai jenis platform yang banyak digunakan masyarakat. Saat ini, media sosial memang sudah menjadi hal yang umum, sehingga penyebaran berbagai jenis konten pun semakin masif dilakukan.
Ada berbagai keunggulan dari media sosial jika ingin menjadikannya sebagai ajang marketing atau sejenisnya, berikut penjelasan lebih lengkapnya.
- Cukup Fleksibel sebagai Ajang Pemasaran
Perkembangan media sosial, termasuk perkembangan penggunanya, membuat media sosial telah berperan penting dalam berbagai jenis proses marketing.
Zaman dahulu promosi yang efektif mungkin hanya bisa dilakukan pada media tertentu yang terbilang cukup besar, misalnya televisi dan radio. Namun pada era kini, Anda dapat memanfaatkan media sosial dengan baik untuk berbagai keperluan promosi.
Sebagai contoh Anda dapat dengan mudah melakukan live streaming untuk memasarkan produk. Berbagai jenis konten kreatif pun dapat dibuat dan disebarkan secara luas, sehingga dapat berpotensi untuk meningkat.
Berbagai fitur dari media sosial dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mendukung pemasaran produk.
- Dapat Melakukan Berbagai Jenis Interaksi
Jika membahas antara SEO vs Social Media, maka bagian yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Interaksi memang bisa saja dilakukan melalui website, Anda juga bisa memberikan kontak supaya pengunjung lebih mudah jika akan menghubungi secara langsung.
Namun jika menggunakan media sosial, maka Anda dapat melakukan berbagai jenis interaksi dengan lebih mudah.
Meski demikian, tetap saja ada kerancuan saat membandingkan antara kedua hal ini karena sebenarnya website dan media sosial dapat saling terkait dan melengkapi.
Tidak jarang ditemui berbagai website yang mencantumkan media sosial sehingga interaksi lebih mudah dilakukan.
- Dapat Berbagi Konten dengan Mudah
Keunggulan selanjutnya yang juga menjadi poin penting yaitu kemudahan untuk berbagi konten. Jika melalui website dan memberikan artikel yang sama, maka hal tersebut dapat terdeteksi sebagai plagiasi.
Namun jika melalui media sosial, tidak perlu melakukan plagiasi atau semacamnya, Anda dapat dengan mudah membagikan berbagai konten yang diinginkan atau dianggap sesuai dengan akun Anda.
Integrasi Media Sosial SEO
Setelah membaca berbagai keunggulan dan penjelasan dari SEO vs social media, maka Anda mungkin bisa memiliki penilaian secara pribadi tentang mana yang lebih unggul. Namun kedua hal ini memang memiliki berbagai ciri khas dan keunggulannya masing-masing.
Secara umum, SEO dapat membuat konten Anda lebih mudah dicari karena ada di bagian atas dari mesin pencarian. Selanjutnya, setiap media sosial memiliki fitur yang beraneka ragam dan bisa dioptimalkan sehingga dapat menarik banyak minat melalui konten Anda.
Mana yang lebih unggul, dapat tergantung dari kebutuhan Anda dalam menyebarkan konten. Bisa jadi, tujuan Anda lebih mudah diperoleh dari SEO atau justru media sosial.
Meski masih banyak yang memperdebatkan mana yang lebih unggul antara SEO vs social media, tetapi ternyata Anda juga bisa melakukan integrasi dari kedua hal tersebut.
SEO dapat membantu Anda dalam meningkatkan posisi di mesin pencarian, sedangkan media sosial dapat menjadi pendukung dalam prosesnya. Berikut adalah hal-hal yang bisa diperoleh dengan melakukan integrasi yang tepat.
- Meningkatkan Jangkauan Konten
Ada berbagai platform media sosial yang bisa Anda manfaatkan, misalnya Facebook, Twitter, Instagram, dan Tiktok. Dengan berbagai keunggulan dari media sosial, maka Anda bisa membuat konten yang berkualitas guna menjangkau lebih banyak orang.
Jika bicara soal mesin pencarian, maka pengunjung hanya akan menemukan konten berdasarkan kata kunci yang mereka cari.
Namun jika melalui media sosial, maka pengguna dapat melihat berbagai konten yang sedang populer atau yang sesuai dengan algoritma mereka.
Dengan begitu, jika Anda membuat konten yang berkualitas serta berpotensi populer, maka akan lebih mudah untuk menjangkau lebih banyak orang, serta bisa juga mengajak mereka untuk mengunjungi website Anda
- Meningkatkan Organic Traffic dan Eksposur
Dengan memadukan keunggulan dari kedua hal ini, maka Anda bisa lebih meningkatkan traffic organik serta eksposur. Tentu saja, hal ini sangat menguntungkan untuk akun media sosial maupun website Anda.
- Mendatangkan Backlink
Dibanding sibuk memperdebatkan mana yang lebih baik di antara SEO vs social media, maka mengoptimalkan keduanya merupakan strategi yang bagus.
Dengan menggunakan media sosial seefektif mungkin, maka akan ada bisa mendatangkan backlink yang ditujukan kepada situs Anda.
Anda dapat membuat berbagai jenis konten sekaligus memberikan tautan untuk mengunjungi website. Banyaknya backlink ini juga dapat meningkatkan kualitas dari website Anda.
- Membangun Kredibilitas Social Media
Selanjutnya, dengan memiliki website yang berkualitas, maka kredibilitas dari media sosial Anda juga dapat meningkat. Pengguna media sosial dapat lebih percaya dengan berbagai konten atau produk yang ditawarkan (jika merupakan akun untuk bisnis).
Itulah berbagai penjelasan tentang keunggulan SEO, keunggulan media sosial, serta integrasi dari keduanya. Pada dasarnya, kedua hal tersebut berperan sangat penting di dunia yang serba digital seperti saat ini, sehingga sebaiknya tidak Anda abaikan.
Jika bicara soal mana yang lebih unggul antara SEO vs social media, maka Anda akan menemukan berbagai keunggulan dari kedua hal tersebut. Namun keuntungan yang lebih besar akan Anda dapat jika memadukan antara kedua hal tersebut.
Baca Juga: Jasa SEO Jakarta