Professional SEO Tips 2019 dari SEO Indonesia

Professional SEO Tips 2019 dari SEO Indonesia
September 11, 2022 Tommy Fabianus
seo tips 2019

Sebelumnya mari kita bangun dasar SEO yang tepat:

Setiap awal tahun kami melihat kembali apa saja teknik yang kami terapkan untuk klien kami di tahun sebelumnya (2018), memantau apa yang tidak berhasil dan apa saja yang sukses kami terapkan dan akan diterapkan kembali di tahun 2019. Seperti yang kita semua ketahui, SEO adalah suatu proses organik yang tidak pernah berhenti menggeliat dan kami sebagai salah satu agency SEO harus “berdansa” mengikuti semua pergerakan alogaritme Google, berusaha untuk tidak menginjak kakinya dan bergerak mengikuti tempo yang diberikan. Namun seperti yang sudah diketahui pula oleh banyak professional SEO, ada hal-hal yang tidak pernah berubah, seperti halnya berdansa, musik yang diperdengarkan selalu memiki ketukan dan ritme yang konstan, dengan mengikuti ritme tersebut dipastikan kita dapat menyelesaikan dansa tersebut dengan sempurna. Ritme tersebut kita kenal di dunia SEO dengan istilah “konten“. Konten adalah akar dan dasar SEO, tanpa mengenal dan menguasai dasar ini, kita akan jatuh dari atas tumpukan-tumpukan backlink yang keberadaannya dan relevansinya dapat dipertanyakan. Di tahun 2019 ini dan kami yakin di tahun apapun juga, dasar dari SEO adalah konten yang baik.

Setelah kita tahu pondasi SEO yang baik, inilah tips SEO di tahun 2019:

      1. Optimasi untuk Mobile-first Index Google

        Google sudah banyak bersuara soal hal ini, dan menilai dari semua analisa klien kami di tahun 2018, kami melihat pergerakan yang ekstrim dari desktop user ke mobile user, saat ini rata-rata website klien kami memiliki minimum 70% visitors yang mengakses website via mobile, tidak heran Google lebih mengutamakan website-website yang sudah mobile-friendly. Kami juga berkesempatan hadir pada training Google mengenai PWA (Progressive Web App), dimana Google menyarankan web development dengan memastikan website sudah PWA- ready, yang artinya website nantinya dapat ditambahkan dalam home screen perangkat Android dalam bentuk hybrid application. Bahkan pada sisi ekstrim, Google di acara temu brand-brand manager di Jakarta menyatakan bahwa mereka sudah melangkah lebih jauh lagi ke arah mobile-only untuk insight mereka di tahun 2019, meninggalkan ideologi mobile-first 2018. (source: thinkwithgoogle.com)

        think with google indonesia

      2. SSL adalah Suatu Keharusan (pastikan website Anda secure dengan https)

        Google mengharapkan semua website memiliki SSL certificate demi menunjang kenyamanan visitors, menghindari spam dan malware. Dahulu sertifikat SSL ini hanya diharuskan untuk website e-commerce namun sekarang Google mengharapkan semua website tanpa terkecuali menggunakan sertifikat SSL. Anda dapat mengetahui website Anda menggunakan ssl atau tidak hanya dengan melihat nama domain pada browser Anda, apabila domain Anda tertulis seperti berikut: “http://domain-anda.com”, segera hubungi penyedia hosting Anda untuk menambahkan sertifikasi SSL untuk website Anda. Beberapa sertifikasi yang biasa digunakan adalah: Comodo, Symantec, Thawte, RapidSSL dan lain sebagainya.  sertifikasi ssl untuk seo

      3. Voice Search adalah Masa Depan Search Engine

        Voice search di Indonesia mungkin belum terlalu dikenal, dan kebanyakan orang hanya sekedar menggunakannya untuk menanyakan cuaca, melanjutkan playlist Spotify kita dan hal-hal lain yang sifatnya trivial. Namun dengan berkembangnya teknologi AI, tidak lama lagi kita akan meninggalkan mobile-first dan mengarah kepada AI-first results. Saat ini di Amerika sendiri 1 dari 5 keluarga memiliki voice search assistant di rumah mereka (Google Assistant, Amazon Echo, HomePod milik Apple) dan pencarian lewat voice search meningkat secara signifikan di tahun 2018. Jadi mengabaikan voice search di tahun 2019 ini sama saja menolak untuk mengambil kesempatan baru di depan mata. Untuk menciptakan konten yang di maksimalkan untuk Voice Search yang dapat kalian lakukan adalah memastikan konten yang di post memiliki point-point untuk menjawab pertanyaan yang banyak dibutuhkan oleh visitors website Anda atau klien Anda, dan pastikan konten memiliki struktur yang baik.

        voice search future of SEO

        Voice search, future of SEO

      4. Belajar Mengenal Google Rank Zero 

        Rank Zero adalah posisi yang baru-baru ini diperkenalkan Google dan belum banyak yang berusaha memaksimalkan posisi ini. Posisi zero adalah posisi featured snippet yang dikhususkan Google untuk menampilkan informasi yang benar-benar relevan dan berguna untuk user yang mencari dalam search engine mereka. Kita lihat contohnya di gambar dibawah ini:

        position rank zero seo indonesia

        Merdeka.com berhasil mendapatkan position zero di pencarian “bagaimana cara memasak nasi goreng.”. Menurut Moz.com CTR melalui featured snippet mengalami kenaikkan signifikan setiap tahunnya.

        featured snippet grow

        Apa rahasianya untuk mendapatkan posisi nol ini? Pertama-tama tentu saja kalian harus memiliki ranking yang baik di keywords yang ditentukan, kemudian konten disusun secara terstruktur (tidak melulu harus berupa poin). Dan pada akhirnya konten tersebut harus dibuat menggunakan bahasa yang ditargetkan untuk manusia dan bukan search engine. Dengan pengembangan dan lebih mature-nya teknologi AI, voice search akan banyak menggunakan fitur featured snippet dari Google, sehingga dapat disimpulkan poin ini berhubungan erat dengan poin yang kita bahas sebelumnya mengenai voice search.

      5. Google Business Listing, Penting tetapi Banyak Dilupakan

        Klien kami (Essentials SEO Indonesia) banyak yang dapat dikategorikan sebagai local business, yang menggunakan lokasi mereka sebagai titik penjualan. Kategori klien seperti ini sangat terbantu sekali dengan Google Map / Business Listing yang dibuat dengan profesional. Pastikan terdapat banyak review positif didalamnya, untuk membantu meningkatkan CTR. Banyak yang tidak menyadari betapa luasnya traffic yang bisa didapatkan dari jasa SEO yang dijalankan hanya dengan merapihkan business listing di Google.

        google business seo indonesia

      6. Kenali Target Market Anda dan Ciptakan Konten yang Relevan dan Mendalam

        Jangan terlalu berkutat 100% pada teknis SEO dan melupakan bahwa semuanya ini pada akhirnya tetap merupakan marketing effort. Kami sebagai digital agency mengerti bahwa dalam menciptakan konten yang tepat untuk SEO kita tidak lagi berusaha membuat konten semata-mata untuk crawl engine Google saja seperti tahun-tahun sebelumnya. Di tahun 2019 ini kita harus lebih menciptakan konten yang berbobot untuk visitors website kita, menggunakan bahasa yang sesuai dengan target market kita, sehingga meningkatkan kesempatan konten kita untuk di share oleh visitors kita. Google dengan Rankbrain nya telah membawa crawling engine ke level yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya, membaca setiap konten kita, mencari inti sari dan persamaan kalimat semua konten kita layaknya manusia, sehingga kita sebagai SEO agency bisa berkonsentrasi menciptakan konten yang terbaik untuk visitors klien-klien kami.

 

Kami yakin masih banyak sekali tips SEO untuk 2019 yang dapat kami jabarkan untuk membantu proses SEO Anda, namun 6 poin di atas bisa membantu Anda melihat masa depan SEO dan mempraktekkan beberapa poin secara cepat untuk mengawali tahun ini. Di tahun 2019 ini, kami akan membantu Anda untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak tentang jasa SEO  yang profesional dan memberikan tips-tips SEO yang dapat Anda praktekkan secara langsung.

Anda dapat share konten ini kepada kolega dan tim Anda yang membutuhkan dengan menekan tombol share di bawah dan dapatkan update terbaru via email dengan subscribe ke newsletter kami dengan meninggalkan email Anda di kolom kontak di bawah.

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA UNTUK WORKSHOP SEO. KUOTA TERBATAS

DAFTAR SEKARANG
Open chat
1
Halo!
Ada yang bisa kami bantu?