Melek Terhadap 8 Trend SEO dan Tips Bersaing Menyambut Tahun 2024

Melek Terhadap 8 Trend SEO dan Tips Bersaing Menyambut Tahun 2024
Januari 2, 2024 Ananta Abigail
google search generative experience

SEO Trends 2024 akan mengarah pada pendekatan yang lebih berpusat pada pengguna, lalu lebih etis, serta lebih canggih secara teknis. Hal tersebut disebabkan oleh meningkatnya AI, atau Artificial Intelligence, yang merupakan kecerdasan buatan serta meningkatnya pembelajaran mesin pada search engines.

AI dan machine learning mampu memahami maksud pengguna lebih baik serta menampilkan hasil yang lebih relevan. AI juga mengharapkan SEO terbentuk lebih komunikatif. Jadi, memahami berbagai trend tersebut akan menjadi modal Anda dalam meraih peringkat yang lebih tinggi, sehingga bisa menghasilkan lebih banyak traffic dan terhubung dengan pelanggan yang potensial. 

Apa saja 8 trend SEO yang bisa Anda antisipasi untuk tahun 2024? Simak artikel ini hingga akhir untuk mendapatkan tips bersaing SEO di 2024!

Google Berevolusi

evolusi google

Tahun 2023 menjadi masa di mana SEO berevolusi karena keberadaan teknologi yang semakin berkembang pesat. Teknologi bernama AI akan membuat praktik SEO lebih fokus pada pengguna agar menghasilkan perjalanan pengguna yang lebih mendalam.

Lebih banyaknya konten afiliasi di halaman pertama Google menjadi latar belakang yang membuat penerapan AI dilakukan. Anda sebagai pengguna akan langsung mendapatkan jawaban dari pertanyaan atau queries pada kolom pencarian.

Jawaban tersebut berbentuk featured snippet yang mengambil potongan konten dari sebuah website. Teknologi AI pun memungkinkan Google menciptakan Search Generative Experience yang akan membuat konten sendiri lewat analisis informasi.

Anda dapat mencari jawaban dari suatu pertanyaan yang spesifik, lalu Google yang akan menjawabnya secara langsung. Pengguna pun tidak harus masuk satu per satu ke website agar mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Konten dengan Pembahasan Lebih Mendalam

Lantas, apakah SEO akan musnah bila sudah tergantikan oleh AI sebagai salah satu SEO trends 2024? Selama pengguna masih mencari informasi yang dibutuhkan di internet, maka SEO masih layak dan bisa diselaraskan dengan evolusi Google. 

Dengan catatan, konten yang dibuat perlu menerapkan middle of funnel, atau MOFU, agar pembahasannya lebih mendalam dan sesuai dengan target audience. Jadi, Anda perlu memahami target audience dari konten Anda terlebih dahulu sehingga isinya akan fokus pada solusi untuk audience tersebut.

8 Trend ini Membutuhkan Konten yang Lebih Dalam

Lalu, apa saja trend yang akan membutuhkan pembahasan konten mendalam? Berikut 8 SEO trends 2024 untuk Anda: 

Google Search Generative Experience (SGE)

Trend pertama adalah SGE, atau Search Generative Experience, yang merupakan fitur AI dari Google untuk meningkatkan pengalaman pencarian pengguna. Google SGE menyediakan hasil pencarian pada bagian atas SERP, atau Search Engine Results Pages, untuk berbagai pertanyaan.

SGE kini semakin sering digunakan, jadi potensinya cukup besar dalam mengubah metode interaksi antara pengguna dan mesin pencari. Kehadiran SGE pun akan mengubah metode pengoptimalan situs dalam menghasilkan traffic dan impression. 

Apa yang Harus Dilakukan

Anda bisa fokus pada konten yang menjawab pertanyaan pengguna secara to the point dan komprehensif, agar konten Anda tetap relevan. Sebab, SGE juga menautkan link atau URL ke sumber konten yang relevan. 

Selain itu, sediakan hasil analisa ahli pada pembahasan konten untuk meningkatkan kesempatan konten Anda muncul di SGE. Kemudian, buat konten menggunakan bullet atau berbentuk listicle, sehingga lebih terorganisir dan dipahami dengan mudah oleh SGE.

Lalu, fokuskan konten pada satu niche topik sehingga pembahasannya lebih mengerucut. Anda juga perlu memasukkan data atau informasi baru pada konten, dibandingkan dengan mengumpulkan informasi yang telah ada sebelumnya.

Baca Juga: Yakin SEO Bukan Kebutuhan dan Hanya Pilihan dalam Bisnis?

Zero Click Searches

fitur zero clic searches

SEO trends 2024 selanjutnya adalah pencarian zero click, yang mana pengguna tidak akan mengklik website apapun karena sudah mendapatkan jawabannya tanpa perlu masuk ke suatu website. 

Umumnya, kondisi ini terjadi ketika pengguna mencari bisnis lokal, kalkulasi atau konversi mata uang, hingga informasi tentang selebriti.

Apa yang Harus Dilakukan

Anda bisa mengatur strategi untuk memfokuskan pertanyaan yang sekiranya tidak akan menghasilkan klik dengan mengamankan dan menargetkannya untuk posisi featured snippets di SGE. 

Biasanya, kata kunci yang tidak akan menghasilkan klik adalah definisi serta kata kunci yang deskriptif. Lakukan analisis pada SERP agar Anda tahu kata kunci mana yang bersifat definisi agar bisa menargetkan keyword tersebut.

Answer Engine Optimization

fitur answer engine optimization

Untuk tren yang satu ini berkaitan dengan chatbot dan AI. Answer Engine Optimization, atau AEO, ditujukan agar SEO bisa beradaptasi di masa depan. Pada AEO, konten akan dioptimalkan untuk mesin penjawab.

Mesin penjawab, atau answer engines, merupakan teknologi berbasis AI yang mampu mensintesis informasi sehingga bisa menjawab pertanyaan yang komunikatif kepada pengguna. Contoh umumnya, mulai dari ChatGPT, Google SGE, hingga chatbot Bing Microsoft.

Apa yang Harus Dilakukan

Untuk menghadapi tren AEO, fokus pada pengembangan strategi optimasi dengan membuat konten yang jelas dan ringkas sehingga bisa dicerna oleh AI dan algoritma mesin pembelajaran, serta turut ditautkan di antara jawaban yang AI-generated.

Anda dapat menerapkan konsep konten yang berformat Q&A, atau Questions and Answers. Lalu, buat artikel yang menjawab lebih jelas salah satu pertanyaan di Q&A tersebut. Jadi, Anda bisa teroptimasi oleh AEO karena mengandung konten dengan jawaban to the point langsung ke intinya.

Topic Ownership

google harus menjadi topic ownership

Topic ownership, atau topic authority, adalah saat website Anda menjadi sumber informasi andalan untuk suatu niche topik. Ini menandakan bahwa konten memiliki jawaban yang komprehensif untuk segala aspek.

Mesin pencari seperti Google akan terus mengembangkan dan memprioritaskan konten yang mendemonstrasikan otoritas. Jadi, website Anda harus menyajikan E-E–A-T, atau experience, expertise, authoritativeness, hingga trustworthiness.

Apa yang Harus Dilakukan

Anda bisa mengembangkan konten dalam berbagai topik yang berkualitas tinggi, menyajikan fakta kredibel, serta menjawab secara menyeluruh. Kemudian, Anda bisa membangun sebuah katalog konten yang lengkap terkait topik serta subtopik pada website Anda.

Tidak hanya itu, desain website pun perlu dibuat lebih efisien agar pengguna dan bots mudah untuk menemukan konten lain yang relevan dan berkaitan.

Video SEO

Adapun SEO trends 2024 yang satu ini dimaksudkan sebagai video yang bisa ranking di SERP Google serta Youtube. Video SEO akan memudahkan tim pemasaran untuk membuka peluang demi mencapai target bisnis Anda.

Sebanyak 91% bisnis juga menggunakan video sebagai instrumen pemasaran online pada 2023. Terlebih lagi, 88% pengguna menyatakan mereka lebih tertarik untuk membeli sebuah produk ketika menonton video.

Apa yang Harus Dilakukan

Untuk beradaptasi dengan tren ini, Anda bisa mengoptimalkan strategi video SEO dengan memanfaatkan alat seperti Youtube keyword research. Jadi, Anda bisa menemukan keyword yang relevan untuk ditampilkan pada judul video, deskripsi video, hingga hashtag video, serta mempermudah pengguna menemukan video Anda.

Evolving Ranking Factors

Faktor ranking mesin pencari yang semakin berkembang ditujukan agar pengguna langsung mendapatkan konten yang terpercaya dan menyajikan jawaban terbaik terhadap pertanyaan pengguna.

Adapun faktor SEO agar Anda bisa ranking secara global mulai dari AI, lalu core web vitals, hingga penerapan konsep EEAT dan sumber yang kredibel. Faktor tersebut merupakan evolusi agar bisa memberikan hasil terbaik yang persis menjawab query dari pengguna.

Apa yang Harus Dilakukan

Anda perlu memfokuskan strategi SEO pada akar dan fundamental dari algoritma Google, yaitu pengalaman pengguna. Untuk memberikan pengalaman pengguna yang maksimal, Anda perlu memastikan bahwa konten berisi jawaban yang akurat dan bermanfaat.

Strategi tersebut akan membantu Anda bertahan dan meningkatkan ranking SERP. Anda pun juga bisa menyajikan konten sesuai keahlian di bidang tertentu, serta menghubungi perusahaan terkait untuk melakukan penawaran di konten Anda. Jadi, kredibilitasnya bisa meningkat.

Jangan lupakan Core Web Vitals, sebab Google menganggap metrik tersebut esensial dalam pengalaman pengguna di semua website.

Baca Juga: Jangan Habiskan Waktumu, Berikut Algoritma Google yang Sudah Pensiun!

Refreshing Existing Content

Konten terus diproduksi dan bermunculan di SERP, sehingga refresh konten di tengah persaingan yang cepat dan pesat akan mempertahankan relevansi serta peringkat website pada SERP.

Kecepatan siklus konten juga bisa membuat perubahan relevansi suatu konten berubah hanya dalam sekejap. Maka dari itu, untuk selaras dengan SEO trends 2024 satu ini perlu memperhatikan pembaruan topik hingga maksud pengguna ketika mencantumkan query.

Apa yang Harus Dilakukan

Anda harus konsisten dalam mengoptimasi konten yang telah ada, serta terus update dan review konten-konten tersebut sehingga selalu relevan dan juga bisa bersaing di antara siklus konten yang cepat.

Analisis tertarget pun penting sehingga bisa memelihara posisi website di halaman pencarian Google.

Shifting User Search Intent

Kini, Google tidak hanya mengutamakan SERP yang berisi konten informasi saja. Ini turut mempengaruhi user search intent, atau niat penelusuran pengguna, yang cenderung beralih ke pertanyaan bersifat komersial serta transaksional.

Peralihan pada search intent juga dipengaruhi oleh kemajuan teknologi, seperti AI, yang akan mengubah masa depan SEO secara signifikan. Pengguna lebih sering mencari menggunakan percakapan untuk mendapatkan jawaban instan.

Apa yang Harus Dilakukan

Lakukan eksplorasi terhadap penggunaan keyword yang terkait dengan bisnis Anda agar paham intent baru pengguna yang bersifat komersial dan transaksional. Analisa pertanyaannya agar dapat memproduksi konten yang menjawab pertanyaan tersebut dengan efektif.

Lalu, optimasi halaman produk serta konten yang berorientasi pada transaksi menggunakan alat seperti On Page SEO Checker untuk pengguna dan mesin pencari. 

Tips Menghadapi SEO di 2024

Setelah mengetahui delapan SEO trends 2024, berikut tips yang bisa Anda ikuti untuk siap terhadap perkembangan SEO di 2024.

Memahami Konsumen Secara Mendalam

tren google di thaun 2024

Demi menjalankan strategi SEO yang efektif, Anda dapat mengulik pengalaman konsumen dalam melakukan transaksi di suatu website. Jadi, Anda bisa memahami lebih dalam dari sisi mereka dan tidak mengandalkan asumsi belaka yang bisa saja berbeda. 

Bersiap dengan Segala Perubahan Google

Algoritma Google terus mengalami perubahan hingga kini, jadi bersikap fleksibel dan siap dengan perubahan apapun yang dilakukan Google turut menjadi kunci dalam menghadapi SEO di 2024.

Anda perlu mengatur dan merencanakan strategi SEO secara mapan dan komprehensif, agar siap dengan segala perubahan situasi. Jadi, meskipun ternyata Google tidak jadi meresmikan fitur SGE, Anda sudah siap untuk merubah dan mengalihkan strategi SEO sesuai update dari Google.

Demikian berbagai SEO trends 2024 serta tips yang bisa Anda lakukan untuk beradaptasi dengan tren tersebut. Anda juga bisa unggul dalam kompetisi SEO di 2024 dengan menggunakan Jasa SEO dari SEO Indonesia, yang mampu memberikan pelayanan profesional dan menyeluruh untuk SEO website Anda.

Referensi: 

https://www.semrush.com/blog/future-of-seo/ 

https://www.dailyseo.id/opini/strategi-seo-menghadapi-gen-ai/#seo_tidak_akan_mati_melainkan_bermetamorfosis 

https://www.searchenginejournal.com/state-of-seo/ 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA UNTUK WORKSHOP SEO. KUOTA TERBATAS

DAFTAR SEKARANG
Open chat
1
Halo!
Ada yang bisa kami bantu?